6 Kegiatan Bermanfaat untuk Meningkatkan & Merangsang Kemampuan Motorik Anak

Kemampuan motorik adalah kemampuan yang dimiliki seseorang berkaitan dengan menggerakan berbagai anggota tubuh. Ada 2 jenis kemampuan motorik anak yang perlu dilatih dan dirangsang yaitu; motorik kasar dan motorik halus. Apa bedanya motorik kasar dengan motorik halus? Kemampuan motorik kasar adalah kemampuan seseorang dalam menggerakan anggota tubuh yang berkaitan dengan otot-otot besar. Kalau kemampuan motorik halus itu merupakan kemampuan seseorang untuk menggerakan anggota tubuh berkaitan dengan otot-otot kecil. Berikut adalah kegiatan anak yang bisa dilakukan untuk meningkatkan dan merangsang kemampuan motoriknya!

 

1. Bersepeda

Gambar: www.wordkik.com

 

 

Bermain sepeda dapat merangsang unsur kemampuan motorik kasar pada anak. Tak hanya mampu merangsang kemampuan motorik kasar saja, tapi bermain sepeda dapat melatih konsentrasi, melatih keseimbangan saat mengayuh sepeda, belajar mengatur waktu kapan berhenti dan mengayuh, melatih kekuatan tangan dan kaki, dll. Agar anak memiliki kemampuan bermain sepeda, pertama kali bisa diajarkan mengendarai sepeda dengan bertahap mulai dari roda tiga, kalau anak sudah bisa mengendarai sepeda roda tiga berlanjut dengan membelikannya sepeda roda empat serta mengajarkan cara mengendarai sepeda roda empat, yang terakhir ajari pula mengendarai roda dua dengan melepas roda belakang kiri kanannya. Bermain sepeda sebagai bentuk aspresiasi kita dalam mencegah polusi udara loh! Sepeda merupakan salah satu transportasi murah meriah yang dapat digunakan untuk berpergian.

 

2. Bermain sepak bola

Gambar: ibudanmama.com

 

 

Ingin melatih jiwa kepemimpinan anak? Bermain sepak bola bisa jadi sasaran anak untuk melatih jiwa kepemimpinannya. Jika anak anda perempuan kenapa tidak untuk melatihnya bermain sepak bola. Tidak hanya anak laki-laki saja yang boleh bermain sepak bola, sekarang anak perempuan pun sudah mulai berkecimpung belajar bermain sepak bola. Ajak teman-teman si anak untuk berlatih dan bermain sepak bola bersama. Kalaupun si anak berkeinginan untuk masuk ke sekolah sepak bola, anda bisa mencarikan sekolah sepak bola yang tepat bagi mereka.

 

3. Bermain skipping

Gambar: penjaskespelajaransehat.blogspot.co.id

 

 

Skipping merupakan sejenis olahraga lompat dengan alat bantu tali yang sangat kuat. Berguna untuk melatih dan merangsang kemampuan motorik kasar pada anak. Dibutuhkannya kekuatan otot tangan untuk menggenggam alat skipping dan kekuatan otot kaki untuk melompat. Olahraga ini cukup sederhana digunakan. Tinggal ulurkan tali dan pegang gagangnya. Lalu, berlompat mengikuti arah tali tersebut. Mudah bukan? Awalnya, untuk bermain skipping lumayan susah karena dibutuhkan konsentrasi agar bisa melompat dengan waktu lama. Bermain skipping sangat bagus bagi anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Anak yang sering bermain skipping akan mengalami berkembangan fungsi tulang belakang dengan cepat sehingga mereka mengalami kenaikan tinggi badan dengan mudah. Pertumbuhan tinggi badan anak masih berjalan sampai usia 17 tahun khusus anak perempuan. Khusus anak laki-laki pertumbuhan tinggi badan masih berjalan hingga usia 21 tahun.

Baca juga: 6 Makanan yang Tepat Guna Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak

 

4. Menggambar dan mewarnai

Gambar: www.muslimfamilia.com

 

 

Salah satu kegiatan anak yang bermanfaat untuk melatih dan merangsang kemampuan motrik halus plus merangsang kreativitas yaitu mengambar dan mewarnai. Biaya pengeluaran untuk menggambar dan mewarnai hanyalah kertas, pensil, krayon atau pensil warna. Kegiatan menggambar dan mewarnai juga termasuk ke dalam kegiatan pengenalan bentuk dan warna pada anak. Untuk melakukan kegiatan menggambar dan mewarnai, anak membutuhkan sebuah kepintaran yang dinamai kepintaran verbal yaitu kepintaran melatih, mengenal, dan belajar berbagai macam bentuk dan warna. Tak kala orangtua sering melarang anak bukan? Tindakan melarang tersebut ternyata dapat menghambat kreativitas anak. Melarang yang dimaksud adalah melarang hal positif yang boleh dilakukan anak tapi tidak didukung oleh orangtuanya. Misalnya, hobi mencoret tembok rumah.

 

5. Bermain congklak

Gambar: encyclopedia-photoessay.blogspot.co.id

 

 

Sebagai generasi penerus bangsa, anak perlu diajarkan untuk melestarikan budaya bangsa melalui berbagai permainan khas Indonesia yang salah satunya adalah permainan congklak. Congklak adalah permainan khas daerah Jawa dan di setiap daerah pasti ada permainan congklak. Zaman dulu congklak dibuat dengan menggunakan papan kayu yang diberi motif ukiran jawa. Sementara zaman sekarang, congklak ada versi modernnya yang dibuat dari papan berbahan dasar plastik disertai beragam warna warni. Memainkan permainan khas Indonesia merupakan salah satu bentuk cinta tanah air.

Cari sekolah untuk anak? Silahkan kunjungi edumor.com untuk melihat dan mencari info serta rekomendasi sekolah yang tepat!

 

6. Berkreasi dengan lilin mainan

Gambar: www.youtube.com

 

 

Keterampilan dan kreativitas anak demi meningkatkan serta merangsang kemampuan motorik halusnya tak hanya dibentuk dengan cara menggambar dan mewarnai, tapi bisa dibentuk dengan mengajarkan anak berkreasi dengan lilin mainan. Dibutuhkan gerakan otot tangan dan jari jemari untuk membuat suatu bentuk kreasi. Kemampuan otak juga dibutuhkan dalam mengembangkan kemampuan menciptakan bentuk yang unik dan kreatif. Untuk anak yang masih dalam usia dini, orangtua perlu melakukan pengawasan yang sangat ketat karena mainan ini dibuat dari bahan dasar yang beracun sehingga kalau sampai tertelan bisa membahayakan nyawa si anak. Tapi tenang aja, anda bisa bikin lilin mainan sendiri di rumah dengan menggunakan bahan yang aman. Bahan-bahan tersebut terdiri dari tepung terigu, minyak sayur, garam, baking powder, air, dan pewarna makanan.

 

 

 

 

 

 

 

 

Baca juga

Share this!

One thought on “6 Kegiatan Bermanfaat untuk Meningkatkan & Merangsang Kemampuan Motorik Anak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *