6 Makanan yang Tepat Guna Meningkatkan Kecerdasan Pada Anak

Kecerdasaan anak tidak hanya karena keturunan atau belajar. Asupan nutrisi yang tepat dapat meningkatkan dan membentuk kecerdasaan otak anak. Perkembangan otak terjadi ketika anak belum berusia 22 tahun, tepatnya pada usia 5 tahun pertama. Otak perlu dikembangkan agar dapat berfungsi dengan baik serta merespon. Namun, makanan apa saja sih yang bagus bagi kecerdasan otak anak?

 

1. Salmon dan tuna

Gambar: www.babyspaklaten.com

 

 

Salmon dan tuna merupakan jenis ikan laut yang kaya akan kandungan DHA dan EPA yang sangat tinggi dan bagus dalam meningkatkan kecerdasan otak anak dibanding jenis ikan laut dan ikan air tawar lainnya. Kedua jenis ikan ini dapat meningkatkan kemampuan fungsi otak anak sehingga mereka memiliki kemampuan berpikir yang tajam serta mudah fokus dan berkonsentrasi. Bagi anda yang beminat memberikan anak makan ikan salmon atau tuna siap-siap mengeluarkan badget yang besar ya! Kedua ikan ini dibandrol dengan harga ratusan ribu rupiah per kilogramnya. Anda bisa mengkreasikan ikan salmon dan tuna menjadi sebuah makanan yang enak seperti stick ikan, nuget ikan, dll. Manfaat lain ikan salmon dan tuna bagi anak adalah meningkatkan saraf mata, dapat menghindari dan mencegah berbagai penyakit jantung, mampu meningkatkan kekebalan tubuh, dan mencegah penyakit kulit.

2. Telur

Gambar: www.royco.co.id

 

 

Salah satu protein tinggi hewani yang bagus bagi kecerdasaan otak anak yaitu telur. Telur bisa dikonsumsi setiap hari sebanyak satu hingga 2 butir per harianya. Satu hal, telur itu jauh lebih bermanfaat kalau lebih sering diolah dengan cara direbus daripada digoreng. Digoreng juga gak masalah sih sebenarnya. Bagian paling bagus dari telur adalah bagian putihnya. Kandungan nutrisi pada telur sangat banyak antara lain lemak tak jenuh, asam folat, Vitamin B12, jumlah kolesterol jahat yang sedikit, Lutein, Zeaxantin, kolin, Omega 3, Vitamin D, Vitamin A, Asam Amino,  Zat Besi, dll. Tidak masalah jika anak setiap harinya mengkonsumsi telur. Bila mana lebih baik jika anak mengkonsumsi telur dicampur dengan makanan yang mengandung aneka protein lainnya.

 

3. Buah Berry

Gambar: id.pinterest.com

 

 

Buah berry terdiri dari beberapa macam. Buah berry sendiri disebut sebagai supernya buah dari segala buah yang ada. Selain kandungannya bagus untuk kecerdasan otak anak, buah berry memiliki khasiat sebagai pencegah kanker, dapat menguatkan tulang, kesehatan percernaan tetap terjaga, bagus bagi kekebalan tubuh, dll. Maka dari itu, anak sangat dianjurkan mengkonsumi berbagai jenis buah berry yang ada karena mengandung Vitamin A, Vitamin C, Vitamin E, serat, rendah kalori, kalsium, fosfor, zat besi, kalium, Zinc, Vitamin B1, Vitamin B2, karbohidrat, dll. Anda tidak perlu takut kalau si anak tidak suka makan buah. Anda bisa mensiasati buah tersebut dengan mencampurkan ke berbagai olahan makanan yang mereka sukai.

Baca juga: Berapakah Usia Ideal Bagi Anak untuk Siap Masuk Sekolah?

 

4. Selai Kacang

Gambar: www.amazine.co

 

 

Makan roti paling enaknya kalau bukan dengan selai. Dari berbagai macam selesai yang digunakan untuk makan roti, selai kacang bagus untuk otak anak. Selai kacang terdiri dari kandungan Vitamin E, Antioksidan, protenin yang membantu sistem kekuatan otak,  glukosa untuk menambah energi, magnesium, selenium, serta B6. Bagi anak anda yang suka makan dengan campuran mayones bisa digantikan dengan selai kacang karena kasiatnya lebih bagus daripada mayones. Bagaimana dengan rasanya? Rasanya tidak perlu ditanyakan lagi. Apapun makanannya selai kacang enak kok untuk dikonsumsi.

 

5. Sayuran berwarna

Gambar: m.patrika.com

 

 

Sayuran berwarna misalnya wortel, terong, paprika merah, labu kuning, jagung, kentang,  dll. Sayur dengan warna terang terdapat kandungan terbaik seperti antioksidan, dimana nutrisinya menjaga kekuatan dan kesehatan sel otak. Biasanya kan anak-anak suka makan kentang goreng bukan? Nah, anda bisa membuat kentang goreng sendiri di rumah dengan menggunakan ubi sebagai pengganti kentang. Kentang baiknya diolah dengan cara direbus bukan di goreng.

Cari sekolah untuk anak? Silahkan kunjungi edumor.com untuk melihat dan mencari info serta rekomendasi sekolah yang tepat!

 

6. Daging tanpa lemak

Gambar: food.detik.com

 

 

Daging tanpa lemak bisa menjadi pilihan terbaik untuk fungsi otak anak. Daging tanpa lemak yang dimaksud adalah daging ayam bagian dada tanpa kulit, kerang, daging sapi tanpa lemak, dll. Berbeda dengan daging yang ada lemaknya yang mengandung tinggi kalori dan lemak, daging tanpa lemak ini rendah kalori dan rendah lemak. Tidak hanya itu, daging tanpa lemak kaya akan Zinc yang bisa meningkatkan memori, Vitamin B3 dan B6 yang dapat menjadi energi bagi tubuh, selium yang dapat menangkal radikal bebas, serta zat besi yang bersifat mineral dapat membangun daya konsentrasi pada anak.

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *