Berapakah Usia Ideal Bagi Anak untuk Siap Masuk Sekolah?

Sekolah merupakan tempat kedua bagi anak untuk belajar, bermain, dan bersosialisasi. Terkadang, orangtua menyekolahkan anak dengan usia yang belum ideal dan anak tersebut belum cukup siap untuk sekolah. Alasan orangtua ingin cepat-cepat menyekolahkan si anak meskipun mereka masih berusia terlalu dini adalah sibuk bekerja dan orangtua berkeinginan agar anak mereka lebih baik di sekolah bisa belajar, bermain, dan bersosialisasi dengan banyak orang ketimbang di rumah saja. Begitu bukan? Nah, sebenarnya berapakah usia yang ideal bagi anak untuk siap masuk sekolah (Playgroup dan SD)? Baca artikelnya dibawah ini diambil dari beberapa sumber terpercaya:

 

–  Menurut praktisi bidang pendidikan yang berasal dari International Islamic School, Kuala Lumpur, Malaysia bernama Faisal M.ED, usia ideal bagi anak untuk siap masuk sekolah pertama kali adalah 3 tahun

Gambar: health.detik.com

 

 

Seperti yang di lansir di Mommies Daily seorang praktisi bidang pendidikan yang berasal dari International Islamic School, Kuala Lumpur, Malaysia bernama Faisal M.ED berpandangan bahwa orangtua dianjurkan menyekolahkan anaknya untuk pertama kali ketika ia berusia 3 tahun. Pada masa itu, anak sudah memiliki kesiapan untuk melakukan aktivitas belajar, bermain, dan bersosialisasi di lingkungan barunya yaitu; lingkungan sekolah. Bagaimana dengan anak yang masih berusia 1 sampai 2 tahun? Bagi anda yang memiliki anak yang masih berusia 1 sampai 2 tahun, sebaiknya pikir-pikir dulu deh. Anak yang masih berusia 1 sampai 2 tahun itu memiliki kecendrungan masih ingin bersenang-senang, belum ada kesiapan serta keinginan untuk belajar.

 

–  Menurut Dr. Saptawati Bardosono, usia ideal bagi anak untuk siap masuk sekolah pertama kali adalah 4 tahun

Gambar: doglando.com

 

 

Usia 4 tahun merupakan usia yang ideal bagi anak untuk siap masuk sekolah pertama kali. berdasarkan artikel yang dikutip di tempo.co dari seorang ahli Nutrisi yang bernama Dr. Saptawati Bardosono. Menurut beliau, anak yang berusia 4 tahun sudah memiliki perkembangan kemampuan kongnitif yang baik. Kemampuan kongnitif adalah kemampuan intelektual atau berpikir. Menurut Taksonomi Bloom, kemampuan Kongnitif terdiri atas; menciptakan, mengevaluasi, menganalisis, menerapkan, memahami, dan mengingat. Karena perkembangan kongnitif anak usia 4 tahun sudah baik, maka si anak memiliki performa yang cukup bagus untuk masuk ke dunia sekolah sebagai tempat bagi mereka belajar menuntut ilmu, bermain, dan bersosialisasi terhadap teman sebaya, guru, dan orang-orang yang ada di lingkungan sekolahnya. Tak hanya itu saja, berdasarkan UU Permendiknas nomor 146 usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah yaitu 4 tahun.

Baca juga: 7 Peranan Orangtua di Dalam Keluarga Bagi Anak

 

– Usia 6 atau 7 tahun kah usia yang ideal bagi anak untuk siap masuk sekolah jenjang SD?

Gambar: sdkbintarojaya.bpkpenaburjakarta.or.id

 

 

Banyak orangtua yang kebingungan sebenarnya memasukan anak ke sekolah jenjang SD yang ideal itu usia 6 tahun ataukah 7 tahun. Jawabannya adalah 7 tahun. Usia tersebut berdasarkan ketentuan Pemerintah. Mengapa begitu? Menurut sahabatkeluarga.kemendikbud.go.id beralasan bahwa anak yang berusia 7 tahun sudah memiliki kesiapan untuk menghadapi aktivitas belajar mengajarkan di bangku SD, mereka lebih mudah berkonsentrasi serta mudah menyerap materi pembelajaran, jenjang SD tempat bagi mereka menempuh pendidikan dasar dimana pada jenjang ini mereka sudah harus bisa membaca, menulis, dan berhitung dengan baik, serta dari segi emosinya sendiri anak SD sudah harus berani hidup mandiri ketika di sekolah. Anda tidak perlu khawatir kok. Masih ada sekolah jenjang SD yang mau menerima calon siswa baru dengan usia 6 tahun. Sekolah yang menerima calon siswa baru dengan usia 7 tahun biasanya adalah sekolah negeri.

Silahkan kunjungi edumor.com untuk melihat dan mencari info serta rekomendasi sekolah yang tepat!

 

–  Tidak harus usia 3 atau 4 tahun, melainkan tergantung dengan tumbuh kembang serta kesiapan anak untuk masuk sekolah

Gambar: www.nuhunmerkezi.com

 

 

Menyekolahkan anak merupakan tugas orangtua selain mendidik, mengurus, membimbing, dan bertanggung jawab. Dari 3 point yang sudah dijelaskan tadi, usia ideal bagi anak untuk masuk sekolah jenjang pra sekolah tidak mesti usia 3 tahun atau 4 tahun, melainkan usia yang ideal disesuaikan dengan tumbuh kembang dan kesiapan anak untuk mulai masuk ke lingkungan baru yang sebelumnya belum pernah mereka rasakan dan ketahui seperti apakah sih dunia sekolah yang sesungguhnya. Kenali dan ketahui dulu bagaimana tumbuh kembang si anak mulai dari kemampuan kongnitifnya, kemampuan motorik, psikologinya, fisik dan mental, serta emosinya. Sudah berkembang secara optimal atau belum serta sudah siap atau belum. Bagaimana pun juga anak butuh kesiapan meskipun usianya sudah ideal. Usia anak yang sudah ideal tapi belum siap, yahh jangan dipaksakan. Lebih baik menunggu sampai anak benar-benar siap sekolah.

Yang terpenting menyekolahkan anak itu dilihat dari kesiapan anak. Kasihan kan kalau mereka belum siap tapi dipaksa untuk sekolah.

 

Sumber:

1. http://mommiesdaily.com/2013/09/04/sekolah-usia-dini-bagus-untuk-perkembangan-anak/

2. https://m.tempo.co/read/news/2016/03/30/079758185/berapa-usia-yang-tepat-anak-memulai-sekolah

3. http://sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id/laman/index.php?r=tpost/xview&id=3989

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *