5 Alasan Pentingnya Ekstrakurikuler di Sekolah

Pendidikan untuk anak adalah hal penting yang perlu diperhatikan oleh para orangtua. Sebab, melalui pendidikan itulah seorang anak dapat terbentuk karakter, minat dan bakat, serta pola pikir. Biasanya, setelah mendapatkan pendidikan dasar dari kedua orangtua, para anak akan mulai melanjutkan ke pendidikan formal yang mengharuskannya memiliki berbagai tanggung jawab atas dirinya sendiri. Masa pendidikan formal atau sering disebut masa sekolah anak adalah masa terpenting untuk anak mengeksplorasi dirinya. S Oleh karena itu, penting sekali bagi orangtuanya agar memanfaatkan waktu yang dimiliki oleh sang anak untuk digunakan dalam mengembangkan kemampuan dan kecerdasan pada dirinya. Hal sederhana yang mulai bisa dilakukan selain menerima pendidikan formal adalah bergabung dengan salah satu kegiatan esktrakurikuler di sekolahnya. Kegiatan ini sudah tersedia sejak tingkat Sekolah Dasar hingga tingkat Perguruan Tinggi. Lalu apa saja hal yang bisa didapatkan ketika seorang anak mengikuti kegiatan ekstrakuriker di sekolah? Berikut 5 alasan pentingnya kegiatan ekstrakurikuler di sekolah.

 

1. Menambah pengetahuan dan wawasan

Gambar : christianmomthoughts.com

 

 

Kegiatan tambahan di luar jam pendidikan formal ini, sebenarnya adalah pelengkap untuk kegiatan pendidikan yang diterima anak. Sebab, pendidikan formal pun memiliki keterbatasan dalam metode pelaksanaan, waktu, dan teknis serta materi yang diajarkan. Selain itu, jika pendidikan formal seorang anak dituntut untuk menguasai dan fokus terhadap beberapa bidang secara general, lain halnya dengan ekstrakurikuler yang hanya akan fokus terhadap satu bidang yang diminati oleh siswanya sehingga pembahasan pun akan lebih detail dan terperinci. Hal ini sangat bagus untuk menambah pengetahuan dan wawasan seorang anak, dengan begitu sang anak tidak hanya akan mendapat sebuah pengetahuan dari satu sudut pandang saja. Melainkan dari berbagai sudut pandang, sehingga anak akan terlatih dan pada akhirnya akan terbiasa untuk kritis dalam menyerap segala informasi yang diterima oleh anak.

 

2. Dapat membantu menemukan minat dan bakat anak

Gambar : psikologan.blogspot.co.id

 

 

Saat mengikuti kegiatan ekstrakurikuler, seorang anak diberikan kebebasan untuk memilih bidang yang diminatinya. Berbeda dengan pendidikan formal yang mewajibkan para siswanya untuk mengikuti seluruh bidang yang yang telah diatur dalam kurikulum tertentu. Oleh sebab itu, kegiatan ekstrakurikuler dapat membantu anak untuk menemukan sekaligus mengasah minat dan bakat yang ia miliki. Anak akan lebih bebas belajar dan bereksplorasi bahkan dapat terus menekuninya menjadi sebuah hobi yang positif.

Baca juga : Kiat Mengawasi Anak Bersekolah Bagi Orangtua yang Bekerja

 

3. Melatihnya untuk bersosialisasi dan membangun kerjasama / kelompok

Gambar : www.freeiconspng.com

 

 

Kegiatan ekstrakurikuler yang nonformal biasanya akan terlihat lebih santai dibandingkan kegiatan pendidikan formal. Hal ini dapat dimanfaatkan para anak yang ikut serta dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut untuk saling berinteraksi satu sama lain. Hal ini memungkinkan untuk sang anak agar dapat memperluas jaringan pertemanannya karena para anak yang ikut dalam kegiatan tersebut biasanya berasal dari berbagai macam latar belakang dan dari kelas yang berbeda pula. Selain itu, mengikuti kegiatan ini dapat pula melatih kerjasama tim para anak yang tergabung dalam kegiatan ekstrakurikuler tersebut.

 

4. Membantu anak lebih aktif dan mandiri dalam mengatur waktunya

Gambar : www.timeforkids.com

 

 

Selain untuk pendidikan dan mengasah minat bakat sang anak, sebenarnya kegiatan ekstrakurikuler diadakan dengan maksud untuk membuat anak lebih aktif pada kegiatan dan hal-hal yang bersifat positif. Pada kegiatan ekstrakurikuler, sang anak bisa menghabiskan waktunya untuk bermain sambil belajar dengan hal-hal yang lebih bermanfaat dan tentu saja positif. Selain itu, dengan jadwal kegiatan ekstrakurikuler yang terstruktur, dapat membantu anak untuk melatih kemampuan mengatur waktunya sendiri. seperti kapan akan bangun, makan, tidur, sekolah, ekstrakurikuler, bermain, belajar, dll.

 

5. Membantu meredakan stress yang mungkin diderita anak

Gambar : expat-kitchen.com

 

 

Menjalani kehidupan yang monoton dan terus berulang seperti sekolah, belajar, dan istirahat atau bermain terkadang membuat anak merasa jenuh dan stres. Sebab, segala kegiatan tersebut adalah kegiatan yang telah diatur dan harus mereka patuhi suka atau tidak suka. Itu sebabnya, kegiatan ekstrakurikuler dapat menjadi alternatif pereda rasa jenuh yang diderita oleh sang anak. Melakukan pertemuan yang biasanya diadakan setiap satu minggu satu kali, membuat kegiatan tersebut menjadi seuatu yang ditunggu oleh para anak yang ikut serta dalam kegiatan tersebut. Hal itu wajar karena biasanya kegiatan ekstrakurikuler adalah kegiatan yang menjadi minat dan hobi mereka. sehingga ekstrakurikuler dapat dijadikan sumber motivasi untuk para anak dalam menjalani kehidupan sehari-hari.

Itulah 5 manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler di sekolah yang penting bagi masa tumbuh kembang anak. Kegiatan tersebut dapat membantu para anak untuk lebih mengenal dan mengeksplorasi dirinya serta potensi minat dan bakat yang dimilikinya.

 

Sumber :

indotopinfo.com

www.jawaban.com

www.merdeka.com

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *