Pilihan Kategori Sekolah untuk Anak. Manakah yang Terbaik?

Adanya beberapa alasan yang membuat para orangtua selektif dalam memilih sekolah untuk si anak. Tentunya semua orangtua menginginkan anaknya menempuh pendidikan di sekolah yang terbaik, bukan? Sebelum memilih sekolah untuk anak, para orangtua harus mengenal terlebih dahulu kategori-kategori sekolah yang cocok untuk si anak. Manakah kategori sekolah di indonesia yang terbaik?

 

1. Sekolah negeri

Gambar: halomalang.com

 

 

Salah satu alasan mengapa orangtua murid lebih memilih memasukkan anaknya ke sekolah negeri ketimbang sekolah swasta, national plus, atau international karena pada kenyataannya masuk ke sekolah negeri hanya membutuhkan biaya sekolah yang sedikit, bisa dibilang biaya pendidikannya sangatlah murah. Biaya pendidikan yang sangat murah dikarenakan adanya subsidi dari Pemerintah baik uang pangkal, uang sekolah, biaya operasional sekolah, dll. Sekolah negeri terbagi menjadi 2 kurikulum yaitu; kurikulum nasional dan kurikulum internasional. Apa bedanya sekolah negeri kurikulum nasional dengan kurikulum internasional? Untuk kurikulum nasional sendiri mengikuti standar KTSP, dimana rata-rata mata pelajarannya menggunakan bahasa indonesia. Sedangkan sekolah negeri kurikulum internasional mengikuti standar internasional dimana rata-rata mata pelajarannya menggunakan bahasa inggris. Status sekolahnya pun tetap milik Pemerintah. Biaya sekolah negeri internasional tidak semahal dengan biaya sekolah swasta internasional. Tenaga pengajar sekolah negeri merupakan para pengawai negeri sipil (PNS) serta status pekerjaan mereka adalah tenaga honorer.

 

2. Sekolah swasta standar Nasional

Gambar: referensi.data.kemdikbud.go.id

 

 

Sekolah swasta dibangun oleh yayasan mandiri. Tenaga pendidik yang mengajar di sekolah-sekolah swasta merupakan para pekerja swasta yang berstatus pekerja tetap. Sekolah swasta memiliki kurikulum pendidikan KTSP 2013 dan KTSP 2016, tergantung dengan kebijakan Menteri Pendidikan RI. Pendidikan agama yang diajarkan disesuaikan dengan agama yang diajarkan di sekolah tersebut walaupun siswa tersebut menganut agama yang berbeda dan ada pula sekolah swasta yang mengajarkan pendidikan agama sesuai dengan agama yang dianut oleh masing-masing siswanya. Jumlah siswa disetiap kelasnya tidak terlalu banyak. Sementara di sekolah negeri jumlah siswa dalam setiap kelas lebih banyak dari sekolah swasta. Misalnya, sekolah swasta 1 kelasnya ada 25 siswa. Sedangkan, sekolah negeri 1 kelas terdapat 37 siswa.

Baca juga: 6 Trik Mengatasi Anak yang Susah Makan Sayur & Buah

 

3. Sekolah Nasional Plus

Gambar: sekolah.data.kemdikbud.go.id

 

 

Sebenarnya sekolah nasional plus adalah cabang dari sekolah swasta yang berstandar nasional plus. Apa bedanya sekolah swasta nasional dengan sekolah nasional plus? Yang membedakannya adalah kurikulumnya. Kalau di sekolah swasta berstandar nasional kurikulumnya adalah KTSP. Nah, sekolah nasional plus memiliki kurikulum nasional bercampur dengan kurikulum internasional. Maksudnya itu, mata pelajaran yang disediakan di sekolah nasional plus ada yang menggunakan bahasa inggris dan ada juga yang menggunakan bahasa indonesia ( 50 % bahasa inggris, 50% bahasa indonesia).

Cari sekolah untuk anak? Silahkan kunjungi edumor.com!

 

4. Sekolah Internasional

Gambar: www.lilinbangsa.sch.id

 

 

Kategori terakhir di sebuah sekolah yaitu sekolah internasional. Untuk menempuh pendidikan di sekolah tersebut, setiap siswanya diharuskan memiliki kemampuan dalam berbahasa inggris karena kurikulumnya adalah kurikulum internasional. Mata pelajaran yang disediakan sekolah tersebut menggunakan bahasa inggris. Akan tetapi, ada mata pelajaran yang tidak menggunakan bahasa inggris seperti mata pelajaran bahasa indonesia dan bahasa lainnya. Kurikulum sekolah internasional terdiri dari Cambridge International, International Baccalaureate (IB), International Primary Curriculum (IPC), dan Singaporean Primary School Curriculum. Mengapa banyak orangtua memilih sekolah internasional untuk anak mereka? Di dalam kehidupan sehari-hari, si anak sudah dibiasakan untuk berkomunikasi dengan menggunakan bahasa asing terutama bahasa inggris dan memang si anak sudah memiliki kemampuan terhadap bahasa inggris. Dengan demikian, agar kemampuan si anak terhadap bahasa asing semakin berkembang para orangtua memutuskan untuk menyekolahkan si anak di sekolah internasional. Alasan lainnya bisa saja agar si anak dapat melanjutkan studi di luar negeri dengan mudah karena jika seseorang yang bersekolah di sekolah internasional akan merasa lebih mudah untuk melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Manakah kategori sekolah terbaik menurut anda? Pastikan memilih sekolah terbaik untuk anak harus disesuaikan dengan tumbuh kembang, minat, dan kemampuan si anak. Bagi para orangtua yang sedang mencari sekolah untuk anak dari jenjang Playgroup  sampai SMA / SMK, silahkan kunjungi www.edumor.com!

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *