Mau Tahu Jurusan Kuliah di Indonesia yang Sedikit Peminatnya? Ini Infonya!

Jurusan kuliah ada yang menjadi favorit dan ada juga yang tidak menjadi favorit alias sedikit peminatnya. Pemilihan jurusan yang menjadi favorit dikarenakan jurusan tersebut memiliki masa depan yang cukup menjanjikan bagi sebagian masyarakat. Padahal jurusan yang kita pilih bukanlah jaminan kita untuk mencapai kesuksesan. Kamu mau tahu jurusan kuliah apa saja di Indonesia yang sedikit peminatnya? Ini jurusannya berdasarkan SBMPTN 2016-2017!

 

1. Arkeologi

Gambar: pelajaran-lengkap.blogspot.co.id

 

 

Banyak yang berpikir ngapain sih kuliah jurusan arkeologi, kayak gak ada yang lain aja. Arkeologi itu ilmu yang mempelajari bidang sejarah yang sudah ada sejak zaman kuno seperti fosil, prasasti, candi, dll. Arkeologi sendiri berasal dari bahasa Yunani yaitu; archaeo dan logos. Kalau diartikan yaitu ilmu kuno. Kalau kamu mengambil jurusan arkeologi, setelah lulus nanti kamu akan bekerja sebagai arkeolog, tenaga peneliti, jurnalis, pengelolah museum benda-benda bersejarah, dll.  Arkeologi dibagi menjadi 4 antara lain; arkeologi prasejarah, arkeologi klasik, arkeologi islam, dan arkeologi kolonial. Ilmu yang dipelajari pada bidang arkeologi adalah penafsiran, epigrafi, museologi, Arkeometri, Keramologi, dll. Arkegologi memiliki skor passing grade sebesar 44,7% di Universitas Indonesia. Selain Universitas Indonesia, Universitas lain yang menyediakan jurusan Arkeologi antara lain; Unpad, UGM, dll.

 

2. Ilmu Filsafat

Gambar: widododwiriyanto.wordpress.com

 

 

Berdasarkan KBBI ilmu filsafat adalah pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakikat segala yang ada, sebab, asal, dan hukumnya. Jurusan ilmu filsafat memperoleh skor passing grade SBMPTN sebesar  46,6% di Universitas Indonesia. Hal yang akan dipelajari dalam jurusan ilmu filsafat adalah filsafat politik, filsafat agama, filsafat sosial, epistemologi, hermenutika, dll. Kamu berminat untuk mengambil jurusan ini? Kalau ya, jurusan ilmu filsafat terdapat di perguruan tinggi Indonesia seperti UI, UGM, dan UIN. Walaupun sepi peminatnya, jurusan ini cukup memiliki prospek kerja yang menjanjikan loh! lulusan Ilmu filsafat dapat bekerja sebagai konsultan rekrutmen perusahaan, eksekutif pemasaran, psikoterapis, penulis, rohaniwan, dll.

 

3. Sastra Rusia

Gambar: halokampus.com

 

 

Jarang terdengar ada jurusan Sastra rusia kan? Memang jurusan ini terbilang asing di telinga masyarakat sehingga masyarakat tidak mengenal adanya jurusan rusia di Indonesia. Di Indonesia, jurusan ini berada di UI dan Unpad. Bagi mereka lulusan sastra rusia bisa bekerja di instansi pemerintah, menjadi jurnalis media dalam negeri atau luar negeri, Tour guide, tenaga pengajar, dan pengajar. Passing grade jurusan sastra rusia di UI sebesar 46,7%.

Baca juga: Berikut Ini Jurusan Kuliah di Indonesia Bidang IPS Favoritnya anak SMA / SMK!

 

4. Biologi

Gambar: mbakdesi00.wordpress.com

 

 

Biologi merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam yang biasa kita pelajari waktu sekolah dulu. Ilmu biologi yang dipelajari terhadap manusia, hewan, dan tumbuh-tumbuhan . Prospek kerja yang digeluti dalam bidang biologi adalah Guru, dosen, peneliti laboratorium, field research, ilmuwan medis, dll. Kamu berminat atau merasa tertarik untuk mengambil jurusan ini? Berdasarkan hasil SBMPTN, jurusan ini terdapat di Universitas Gajah mada dengan skor passing grade sebesar 47,2%. Selain UGM yang menyediakan jurusan Biologi ada lagi Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Malang, Universitas Andalas, IPB, dll.

 

5. Sistem Informasi

Gambar: pelajaran-lengkap.blogspot.co.id

 

 

Siapa sangka kalau jurusan Sistem Informasi termasuk ke dalam jurusan sedikit peminat alias sepi peminatnya. Sistem Informasi memperoleh skor passing grade sebesar 47,4% yang berada di Institut Teknologi Sepuluh November (ITS). Tak hanya ITS saja yang menyediakan jurusan Sistem Informasi, universitas lainnya juga ada diantaranya; UI, ITB, UB, dll. Apa saja yang dipelajari dalam jurusan Sistem Informasi? Nantinya kamu akan mempelajari sistem operasi komputer, arsitektur komputer, manajemen sistem Informasi, algoritma, penyimpanan data (database),dll. Meskipun sepi peminat tapi jurusan ini dapat bekerja sebagai system analyz, database administrator, Information System Manager, dll.

 

6. Statistika

Gambar: www.prospekerja.com

 

 

Salah satu jurusan yang termasuk sepi peminat ini di Universitas Negeri Padjajaran ini skor passing gradenya sebesar 47,2%.. Statistika merupakan ilmu matematika tidak pasti yang dihubungkan dengan mengolah data, mengumpulkan data, menganalisa sebuah data, dll. Hal yang dipelajari ke dalam statistika adalah metode penelitian, pembelajaran ilmu numeric,  permodelan matematika, dll. Peluang kerja bidang statistika adalah staff quality control, staf system analyz, sensus penduduk, perbankan, dll. Perguruan tinggi yang direkomendasikan untuk mengambil jurusan statistika selain Unpad adalah Universitas Diponegoro, ITS, Universitas Airlangga, IPB, dll.

Cari sekolah / perguruan timggi yang tepat di edumor.com!

 

7. Teknik Metalurgi dan Material

Gambar: hafidhmind.wordpress.com

 

 

Belum pernah dengar jurusan teknik metalurgi dan material bukan? Memang jurusan ini terbilang asing di kalangan masyarakat. Metalurgi dan material merupakan bidang teknik pengelolahan bahan-bahan material seperti logam, besi, keramik, plastik, dll. Tidak hanya belajar mengelolah bahan material saja, tapi kamu akan belajar mengenai ciri-ciri unsur material yang ada. Perusahaan industri material sangatlah membutuhkan seseorang dari lulusan teknik metalurgi dan material. Jadi, sehabis lulus kuliah siap-siaplah direkrut perusahaan industri untuk bekerja disana.  Bagi kamu siswa SMA yang mengambil jurusan ini bisa berasal dari SMA jurusan IPA karena mata pelajaran yang dipelajari adalah Fisika dan Kimia. Tapi, kalau kamu siswa SMA jurusan IPS yang mempunyai kemampuan bidang Fisika dan Kimia tetap bisa mengambil jurusan ini kok. Perguruan tinggi yang menjadi rekomendasi kamu untuk mengambil jurusan metalurgi dan material adalah UI, ITB, ITS, Institut Sains Teknologi Bandung, dll. Berdasarkan SBMPTN nilai passing grade di Univeristas Indonesia sebesar 47,4%.

Jurusan apapun itu bukanlah jaminan kita untuk meraih kesuksesan. Apapun jurusannya harus dipilih karena memang jurusan tersebut berdasarkan minat dan kemampuan kita bukan berdasarkan banyak atau sedikitnya peminat jurusan tersebut.

Sumber: video.quipper.com

 

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *