Cara Agar Anak Tidak Haus Kasih Sayang Walaupun Orangtua Sibuk Bekerja

Semua anak berhak mendapatkan kasih sayang dari orangtunya. Memberikan kasih sayang pada anak merupakan kewajiban yang wajib dilakukan oleh semua orangtua terhadap anak-anaknya. Ini cara memberikan kasih sayang kepada anak walaupun anda sebagai orangtua termasuk orangtua yang sibuk dalam bekerja!

 

1. Antarkan anak berangkat ke sekolah sekalian berangkat ke kantor

Gambar: family.fimela.com

 

 

Kegiatan wajib yang dilakukan oleh orangtua terhadap anaknya yang sudah sekolah adalah mengantarkan si anak berangkat ke sekolah. Banyak sekali orangtua yang menolak mengantarkan anaknya ke sekolah hanya karena alasan takut terlambat masuk kantor ataupun sedang terburu-buru karena adanya pekerjaan kantor yang menumpuk. Dengan itu, andapun memutuskan menggunakan jasa antar jemput anak sekolah. Mengantarkan anak ke sekolah harus dijadikan suatu kebiasaan orangtua terhadap anaknya. Penting loh mengantarkan anak ke sekolah! Tahukah anda apa manfaat dari kegiatan mengantar anak ke sekolah. Manfaatnya yaitu agar si orang tua dapat lebih dekat dengan si anak di sepanjang perjalanan menuju sekolah, orangtua dapat lebih pihak sekolah, teman sekolah anak, dan orangtua lainnya, bisa mengetahui perkembangan si anak di sekolah, dll. Jika anda sebagai orangtua selalu beralasan untuk tidak mengantarkan si anak ke sekolah, anak anda bisa merasa iri terhadap teman-temannya yang selalu diantarkan orangtuanya ke sekolah.

 

2. Luangkan waktu di malam hari untuk berkumpul bersama keluarga

Gambar: www.kesekolah.com

 

 

Malam hari adalah waktu yang paling tepat bagi anda untuk meluangkan waktu sebentar bagi seluruh anggota keluarga. Memang sehabis pulang kerja badan terasa lelah dan ingin cepat  pergi di tidur sehingga keesokan harinya ada merasa segar kembali dan bisa beraktivitas seperti biasa. Ngerasa gak sih, ketika anda pulang kerja malam hari, rasa lelah dan ngantuk terasa hilang ketika anak-anak menyambut kepulangan anda dari kerja dengan rasa senang dan riang? Orangtua mana yang tidak merasakan hal tersebut. Sehabis pulang kerja dan anak-anak anda masih belum tidur, luangkanlah sedikit waktu untuk berkumpul dengan mereka. Dengarkan cerita apa saja yang mereka alami sepanjang hari tadi. Pokoknya berikan perhatian anda terhadap mereka sampai mereka tidur. Meluangkan waktu sebentar bersama si anak tidak hanya dengan saling berkomunikasi tapi anda bisa mengajak mereka untuk nonton tv bersama, makan malam bersama, bermain sebentar dengan mereka, dan membantu apa yang mereka butuhkan seperti membantu mereka belajar atau mengerjakan PR.

 

3.  Tetap jalani pengawasan dan komunikasi  yang baik dengan si anak via telepon walaupun anda sedang sibuk bekerja di kantor, di luar kota, atau di luar negeri.

Gambar: www.bintang.com

 

 

Jangan hanya karena sibuk bekerja tidak ada sama sekali pengawasan terhadap anak anda. Walaupun dalam kondisi sibuk bekerja, anda bisa mengawasi kegiatan si anak dengan memasang kamera CCTV di rumah yang dapat dihubungkan ke smartphone anda. Pengawasan juga tidak cukup loh. Agar si anak tetap bisa mendapatkan perhatian dari anda meskipun dalam jarak yang jauh, tetaplah jalin komunikasi yang baik dengan si anak melalui telepon. Di waktu jam istirahat anda bisa memanfaatkan waktu sebentar untuk menelpon si anak. Setidaknya anda menanyakan “kamu lagi ngapain nak?”, “kamu udah makan belum?, “sekolahnya tadi gimana?”, “cerita-cerita dong tadi ngapain aja!”, dll.

 

4. Manfaatkan waktu libur bekerja untuk liburan bersama keluarga

Gambar: www.vemale.com

 

 

Waktu libur bekerja merupakan waktu yang pas bagi anda untuk mengajak si anak berlibur. Adanya waktu libur bekerja dalam jangka waktu yang lumayan lama, manfaatkanlah peluang tersebut untuk berlibur bersama si anak. Ajaklah mereka untuk mengunjungi tempat-tempat wisata edukatif. Keluar kota atau keluar negeri juga bisa. Semasa liburan pastikan anda tidak membawa pekerjaan kantor ya! Moment-moment liburan bersama keluarga merupakan moment bagi orangtua untuk memberikan perhatian lebih kepada si anak dan menjadikan si orangtua semakin dekat dengan anaknya. Liburan juga tidak harus berpergian kok. Jika anda lebih memilih untuk tidak berpergian selama liburan, andapun bisa mengajak si anak melakukan aktivitas di rumah seperti beres-beres rumah, berkebun, mencuci kendaraan, menonton TV atau movie, dll.

Baca juga: Pembentukan Karakter Anak Melalui Pemilihan Tontonan yang Tepat

 

5. Jadikan rumah sebagai kantormu

Gambar: www.vemale.com

 

 

Yang dimaksud disini bukan rumahmu diubah jadi kantor ya! Maksudnya adalah sediakan ruang bekerja di rumah anda. Jadi, ketika anda pulang bekerja di waktu sore hari atau di waktu yang tidak terlalu malam dan masih ada pekerjaan kantor yang harus dikerjakan, anda bisa menggunakan ruangan tersebut untuk menyelesaikan pekerjaan kantor kemudian barulah anda meluangkan waktu untuk anak-anak anda. Sembari menyelesaikan pekerjaan kantor anda tetap bisa memberikan perhatian serta pengawasan terhadap si anak.

 

6. Minta izin pulang kerja cepat / minta izin tidak masuk kerja jika ada suatu hal yang terjadi pada anak anda, jangan masa bodo

Gambar: empatbelasnovember.wordpress.com

 

 

Anak harus dijadikan nomor satu dalam hidup anda walaupun memang bekerja juga penting bagi anda. Segala hal yang terjadi di dalam hidup kita tidak ada yang tahu dan tidak ada yang bisa menebaknya. Suatu ketika anak anda mengalami kecelakaan sampai dibawa ke rumah sakit / anak anda mendadak sakit / anda harus ke sekolah anak karena ada acara di sekolah / pihak sekolah meminta anda untuk datang ke sekolah karena si anak berbuat kesalahan, tolong berikan perhatian dan pengertiannya dengan minta izin untuk pulang kerja cepat / izin tidak masuk kerja demi si anak.

Cari sekolah / perguruan tinggi yang tepat hanya di edumor.com!

 

7. Penuhilah segala kebutuhan si anak

Gambar: www.katalogibu.com

 

 

Selain perhatian dan kasih sayang yang dibutuhkan anak terhadap orangtuanya, si anak juga memiliki kebutuhan yang harus anda penuhi. Di saat si anak menginginkan suatu kebutuhan yang harus dipenuhi seperti ingin dibelikan peralatan dan perlengkapan sekolah atau ingin dilesin, dll. Sebisa mungkin penuhilah kebutuhan anak anda. Memenuhi kebutuhan si anak merupakan salah satu bentuk kepedulian dan perhatian anda terhadap si anak.

Berikanlah hak kasih sayang anda kepada si anak! Jika tidak, si anak akan kekurang kasih sayang dan berakibat fatal bagi prilakunya. Jangan jadikan kesibukan anda sebagai senjata penghalang pemberian kasih sayang terhadap anak-anak anda.

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *