Kebiasaan Pola Tidur yang Tepat pada Anak yang Harus Anda Ketahui

Setiap anak memiliki waktu tidur yang berbeda-beda. Waktu tidur anak disesuaikan dengan usia si anak. Jika si anak memiliki waktu tidur yang tidak sesuai dengan kriterianya, maka anak anda tidak mendapatkan kualitas tidur yang baik. Kualitas tidur anak dapat dilihat dari berapa lama anak anda tidur di siang dan di malam hari dalam satu hari. Sudah jelas bahwa waktu tidur anak berbeda dengan waktu tidur remaja dan orang-orang dewasa.

 

Berikut adalah kebutuhan tidur yang ideal dalam jangka waktu 1 hari:

Sumber gambar: www.obabyhouse.com

 

Apa aja sih dampak negatifnya jika si anak tidak memiliki kualitas tidur yang baik? Tentunya dampak negatifnya yaitu antara lain sebagai berikut:

1.  Menurunnya konsentrasi pada anak

Gambar: segar-bugar.tumblr.com

 

 

Yah, gimana mau konsentrasi,  waktu tidur aja berkurang. Salah satu dampak negatif dari kurangnya tidur adalah dapat menurunkan daya konsentrasi pada anak. Bisa diibaratkan seperti baterai HP. Jika baterai HP yang sudah habis dan tidak isi lagi sampai penuh kemudian digunakan lagi maka hp tersebut tidak memiliki kekuatan untuk bekerja dengan maksimal. Itu sama halnya dengan otak manusia. Otak manusia butuh istirahat dengan tidur yang cukup agar bisa melakukan segala aktivitas secara maksimal. Jika konsentrasi anak  sudah menurun, maka kemampuan belajar si anak akan ikut menurun.

 

2. Terganggunya masalah emosional

Gambar: www.kesekolah.com

 

 

Yang namanya anak kecil dengan  jam tidur kurang pasti cepat ngantuk dan ketika rasa kantuk itu melanda si anak pasti akan marah-marah ketika diganggu atau disuruh melakukan suatu pekerjaan atau dikit-dikit rewel. Nah, dari perilaku  marah atau rewel  itulah yang dinamakan terganggunya masalah emosional. Terganggunya masalah emosional sebenarnya tidak hanya dengan suka marah-marah atau rewel tapi prilaku yang mencerminkan bahwa emosional seseorang sedang terganggu adalah seperti mudah stress, depresi, tidak sabaran, dll.

Baca juga: Strategi Menumbuhkembangkan Minat Membaca Pada Anak

 

3. Dapat menyebabkan masalah kesehatan

Gambar: health.detik.com

 

 

Hati-hati loh, kurang tidur itu dapat menyebabkan masalah kesehatan. Masalah kesehatan seperti obesitas, diabetes, dan darah tinggi. Obesitas atau penyakit kegemukan bukan hanya timbul karena seseorang makan dengan porsi yang terlalu banyak sehingga lemak di dalam tubuh menjadi tertimbun. Tenyata, obesitas juga bisa terjadi karena kurang tidur loh. Baru tahu ya kalau kurang tidur itu bisa menyebabkan obesitas? Apa alasan yang mendasarinya? Berdasarkan hasil penelitian American Journal of Clinical Nutrition yang menyatakan bahwa seseorang yang waktu tidurnya kurang maka kalori di dalam tubuhnya hanya terbakar dengan sedikit. Sedangkan, seseorang yang waktu tidurnya cukup, kalori di dalam tubuhnya akan terbakar dengan banyak. Dari kalori tubuh yang terbakar hanya sedikit itulah yang menyebabkan obesitas atau kegemukan. Penyakit obsesitas akan menjalar ketubuh manusia sehingga menyebabkan penyakit diabetes dan darah tinggi.

Cari sekolah / perguruan tinggi yang tepat di edumor.com!

 

4. Tubuh terasa cepat lelah

Gambar: pedulisehat.info

 

 

Kurang tidur otomatis tubuh cepat lelah. Rasa lelah tersebut timbul akibat tubuh terlalu dipaksakan melakukan berbagai aktivitas. Tubuh manusia memerlukan waktu untuk beristirahat secara cukup. Sebagai orangtua, anda harus bisa mengatur pola waktu tidur bagi anak anda agar si anak tidak mudah kelelahan. Dianjurkan terapkan kebiasaan tidur siang pada anak anda karena dalam kriteria waktu tidur anak ada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur siang dan ada berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk tidur malam.

 

Apakah anda sudah tahu jam berapakah anak anda sudah harus tidur dan jam berapakah anak anda sudah harus bangun tidur? Simak tabel jadwal tidur dan jadwal bangun yang tepat untuk si anak berikut ini:

Sumber gambar: sunshinekidschildcare.com

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Kebiasaan Pola Tidur yang Tepat pada Anak yang Harus Anda Ketahui

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *