Faktor yang Mendasari Mengapa Memilih PTN daripada PTS

Perguruan Tinggi dibagi menjadi 2 yaitu perguruan tinggi negeri ( PTN) dan perguruan tinggi Swasta (PTS). Di antara PTN dan PTS, PTN lah yang paling banyak dipilih oleh calon mahasiswa karena berbagai alasan. Emangnya apa sih alasan yang mendasari seseorang lebih memilih PTN ketimbang PTS? Mau tahu alasannya, ini alasan sebenarnya mengapa seseorang lebih memilih PTN ketimbang PTS!

 

1. PTN itu lebih keren dari PTS

Gambar: holobis.net

 

 

Banyak calon mahasiswa yang memutuskan untuk memilih masuk PTN ketimbang PTS salah satu alasannya adalah PTN itu lebih keren dari PTS. Hal yang mendasari bahwa PTN lebih keren dari PTS yaitu proses masuk dan proses seleksi yang begitu susah dan ketat. Bagi para pejuang yang pernah mengikuti proses masuk dan seleksi PTN pasti merasakan betapa susahnya untuk masuk PTN itu. Dimulai dengan mengikuti jalur SNMPTN, kalau gagal berlanjut dengan mengikuti proses SBMPTN, dan jika SNMPTN dan SBMPTN masih gagal pilihan untuk tetap bisa masuk PTN adalah mengikuti jalur mandiri, serta jika semua jalur gagal keputusan terakhirnya adalah ikut lagi di tahun depan. Masuk PTN itu susah karena calon peserta didiknya banyak dan bangku peserta yang diterima sangatlah terbatas. Dengan begitu mereka berbondong-bondong untuk merebut kursi masuk PTN yang tersedia. Yang berhasil masuk PTN termasuk orang hebat, keren, dan beruntung.

 

2. Biaya yang murah

Gambar: www.jurusanterbaik.com

 

 

Bisa dibilang masuk PTN itu biaya kuliahnya jauh lebih murah di bandingan masuk PTS. Misalnya PTN ini biaya kuliahnya Rp 3.000.000 sedangkan PTS ini biaya kuliahnya sebesar Rp 15.000.000. Nah, dengan besaran biaya berikut ini pasti kamu bakal pilih mending masuk PTN karena biayanya murah. Jangan salah loh, gak semua PTN itu menawarkan biaya kuliah yang murah. Ada beberapa PTN yang menawarkan biaya kuliah yang mahal. Murah atau mahalnya biaya kuliah di sebuah PTN tergantung dengan PTNnya. Begitu juga dengan PTS. Ada PTS yang menawarkan biaya kuliah yang murah dan ada PTS yang menawarkan biaya kuliah yang mahal. Sebenarnya PTN dengan biaya kuliah yang mahal bisa menjadi murah jika kamu ikut dalam program beasiswa masuk PTN seperti beasiswa bidikmisi, beasiswa yang diselenggrakan oleh PTN tersebut, dll.

 

3. Kualitas yang berhasil menyaingi PTS

Gambar: m.inilah.com

 

 

Kualitasnya juga berhasil menyaingi PTS. Dilihat dari segi sistem pendidikan, fasilitas, UKM, dan sumber daya manusia yang lebih baik menjadikan PTN memiliki kualitas yang mampu bersaing dengan PTS. Beberapa PTN berhasil menghasilkan alumni yang berkualitas. Akan tetapi, bahwa harus disadari masih ada banyak PTS yang memiliki kualitas yang gak kalah bagusnya dengan PTN berdasarkan Kemeristek dikti, berdasarkan Ban PT, dan berdasarkan Mebo Metrik. PTN dan  PTS itu sebenarnya sama aja. Sama-sama baik adanya untuk menuntut ilmu.

Baca juga:  Kegiatan Penting dalam Mempersiapkan Diri Sebagai Calon Mahasiswa Baru

 

4. Ingin membanggakan orangtua

Gambar: www.keepcalmandposters.com

 

 

Berhasil masuk ke PTN memiliki kebanggaan tersendiri bagi diri kita dan bagi orangtua. Pemilihan masuk PTN bisa atas dasar keinginan diri sendiri dan keinginan orangtua yang mengharuskan anaknya untuk masuk ke PTN daripada PTS. Tapi ada beberapa calon peserta didik yang memutuskan mendaftarkan diri masuk PTN tanpa sepengetahuan orangtuanya. Bahkan ada juga orangtua yang gak setuju anaknya lulus SMA/SMK berlanjut kuliah. Karena masuk PTN itu keren dan siapa saja yang berhasil masuk ke PTN itu hebat bisa mengalahkan banyak peserta dengan proses seleksi yang susah serta ketat maka dipilihlah masuk PTN demi membanggakan orangtua. Jangankan diri sendiri yang bangga kalau bisa masuk PTN, orangtua juga pasti bangga punya anak yang berhasil masuk PTN.

 

5. Takut dihujat sama banyak orang makanya gengsi

Gambar: malesbanget.com

 

 

Keputusan masuk PTN bisa jadi karena takut dihujat sama banyak orang. Beberapa orang memandang kalau masuk PTN berarti orang tersebut pinter. Jangan salah, yang gak pinter aja bisa kok masuk PTN. Ada juga yang memandang kalau masuk PTS berarti orang tersebut bodoh. Tingkat kecerdasan seseorang tidak dilihat dari jenis perguruan tinggi tempat orang tersebut menempuh pendidikan tetapi berdasarkan kemampuan berpikir dan kemampuan emosional yang dimiliki oleh seseorang. Karena takut dihujat oleh banyak orang, makanya gengsi dan alternatif untuk masuk perguruan tinggi yaitu masuk PTN dengan berbagai macam jalur masuk PTN.

Cari sekolah / perguruan tinggi yang tepat di edumor.com!

 

6. Berkeinginan untuk mudah mendapatkan pekerjaan

Gambar: keluarga.com

 

 

Banyak pandangan dan pendapat yang menyatakan bahwa kuliah di perguruan tinggi negeri itu lebih mudah mendapatkan pekerjaan. Emang iya sih masuk PTN itu lebih mudah mendapatkan pekerjaan karena nama atau brand perguruan tingginya lebih dikenal dan menghasilkan lulusan yang kualitasnya menjanjikan daripada brand PTS serta lulusan PTS. Contohnya riwayat pendidikan si A di Universitas Negeri Malang dengan akreditasi A jenjang S1. Sedangkan riwayat pendidikan si B di Universitas Kristen Petra dengan nilai akreditasi A jenjang S1. Yang dipilih untuk lolos masuk kerja adalah pihak Si A yang riwayat pendidikannya di PTN. Hal ini didasari karena lulusan dari PTN memiliki kualitas yang menjanjikan dibanding lulusan PTS. Tapi bisa juga PTN akreditasinya B dengan PTS yang akreditasinya A, yang dipilih adalah PTS. Mudah mendapatkan pekerjaan juga tergantung dengan kemampuan yang dimiliki orang tersebut dan tergantung dengan pihak pemberi lowongan kerjanya.

Nah, bagaimana pendapat kamu? Apakah kamu sependapat dengan penjelasan tadi?

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *