Media Pembelajaran Ujian Mandiri Masuk PTN

Hai, para pejuang ujian mandiri PTN! Jalur mandiri merupakan jalan pintas yang dilakukan oleh calon mahasiswa yang gagal SBMPTN dan ngebet banget buat masuk PTN. Jalur mandiri terdiri 2 jenis ujian yaitu ujian tertulis dan ujian non tertulis yang menggunakan nilai SBMPTN sebagai proses seleksinya. Apakah kamu termasuk calon mahasiswa yang memilih jalur mandiri ujian tertulis? Udah siap belum? Bocarannya kalau ujian mandiri tertulis itu ada yang gampang, ada yang susah loh. Buat jaga-jaga agar kamu lolos ujian mandiri, kamu tentunya harus menggunakan media pembelajaran yang tidak boleh kelewatan untuk kamu pelajari. Ini media pembelajaran yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar ujian mandiri!

 

1. Belajar dari materi SBMPTN yang pernah kamu pelajari

Gambar: www.gramedia.com

 

 

Media yang pertama yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar ujian mandiri adalah latihan soal SBMPTN yang pernah kalian pelajari. Setelah  selesai ujian SBMPTN, usahakan agar soal latihan SBMPTN jangan dibuang atau dihilangkan karena latihan soal SBMPTN tersebut masih bisa kamu pakai untuk latihan soal ujian mandiri atau latihan soal SBMPTN tahun depan jika kamu gagal SBMPTN. Ujian mandiri tertulis menyediakan soal-soal ujian seperti soal ujian SBMPTN yang terdiri dari Saintek, Soshum, dan Campuran. Gampang atau susah sih ujian mandiri itu? Soal gampang susahnya, itu tergantung PTNnya. Ada PTN yang menyediakan soal yang susah, ada PTN yang menyediakan soal yang mudah.

 

2. pengalaman dari orang-orang yang pernah ikut ujian mandiri

Gambar: www.ayopreneur.com

 

 

Kamu pasti bakal bingung sama-sama soal ujian mandiri yang akan kamu kerjakan nanti. Buat menghapus kebingungan dan kegalauan kamu, kamu bisa minta pengalaman dari orang-orang yang pernah ikut ujian mandiri. Tanyakan kepada mereka prediksi soal ujian mandiri itu kayak gimana, jangan lupa tanyakan kepada mereka bagaimana cara belajar serta mengerjakan soal ujian mandiri yang efektif dan tepat, dan suka duka seperti apa yang mereka alami dalam menghadapi ujian mandiri. Dari pengalaman-pengalaman merekalah kamu bisa belajar banyak untuk menghadapi ujian mandiri.

 

3.  Buku latihan soal ujian mandiri yang bisa di beli di toko buku atau internet

Gambar: um.ujiantulis.com

 

 

Belajar dari latihan-latihan soal SBMPTN saja tidak cukup loh. Kamu perlu juga mempelajari berbagai latihan soal ujian mandiri. Latihan soal ujian mandiri bisa kamu beli di toko buku, beli online seperti di lazada, Tokopedia, dll, atau download e-booknya di internet. Untuk membeli latihan soal ujian mandiri kamu mesti mengeluarkan badget yang cukup besar karena buku tersebut harganya cukup mahal sekitar Rp 150.000,00-Rp 350.000,00. Bagi kamu yang lebih memilih download e-book harus diperhatikan dengan baik-baik karena e-book latihan soal ujian mandiri ada yang gratis dan ada yang berbayar. Untuk download e-book ujian mandiri, kamu bisa buka situs um.ujiantulis.com. Sebelum, download kamu mesti login dulu.

 

4. Bimbel

Gambar: bimbinganalumniui.com

 

 

Lebih bagus lagi sih kamu ikutan bimbel khusus masuk PTN. Tak hanya belajar dari latihan soal saja yang perlu kamu lakukan tapi tambahkan dengan bimbel. Bimbel ini menyediakan materi pembelajaran masuk PTN dan PTS. Emang sih keluar biaya lagi, tapi yah mau gimana lagi demi lulus. Untuk mengikuti bimbel masuk PTN, kamu harus selektif dalam memilih bimbel yang tepat untukmu. Pertimbangkan terlebih dahulu apakah bimbel itu tepat untuk kamu ambil atau tidak. Di sekitarmu pasti ada tempat-tempat bimbel yang bagus dan tepat untuk kamu ambil. Kira-kira tempat bimbel yang bagus dan tepat itu apa ya? Silahkan, buka situs bimbelmasukptn.co.id! Di situs itu tersedia rekomendasi tempat bimbel yang bagus.

 

5. Belajar kelompok

Gambar: antiketombe.clear.co.id

 

 

Masih ada teman seperjuangan yang senasib dengan kamu dan sedang berjuang untuk ikut ujian mandiri. Kamu males buat belajar sendiri atau tipe orang yang susah untuk belajar sendiri? Tenang, masih ada solusinya! Kamu bisa belajar kelompok. Ajak teman terdekatmu yang senasib untuk belajar ujian mandiri bersama-sama. Masing-masing anggota kelompok harus aktif. Aktif bertanya dan aktif mengajari. Sharing satu sama lain sangat dibutuhkan untuk mendapatkan berbagai pengalaman yang pernah dirasakan. Baik pengalaman yang suka maupun pengalaman yang duka.

Salah satu faktor kegagalan seseorang untuk memperjuangan keinginannya masuk PTN adalah kurang usaha dan berdoa. Berdoa tanpa usaha tidak akan ada artinya. Usaha tidak akan pernah membohongi hasil.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *