Sudah Siapkah Kamu Pergi Mudik? Ini Persiapan Sebelum Mudik yang Harus Kamu Lakukan!

Guys, siapa nih yang tahun ini mudik lebaran?  Buat kalian yang tahun ini mudik lebaran udah siap-siap belum nih? Hayoo, harus dipersiapkan loh. Kira-kira apa aja sih yang harus dipersiapkan untuk mudik ke kampung halaman? Simak nih, hal-hal yang harus dipersiapkan untuk mudik lebaran!

 

1. Beli oleh-oleh untuk saudara di kampung

Gambar: kamipunyainfo.wordpress.com

 

 

Gak afdol kalo pulkam gak bawa oleh-oleh khas kota atau daerahmu untuk diberikan kepada sanak saudara di kampung halamanmu. Sebelum pergi mudik lebaran, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh. Oleh-oleh yang dibawa tidak hanya bisa berupa makanan dan minuman saja tapi juga bisa berupa pakaian untuk mereka. Memang jarang sekali orang yang pulang kampung bawa oleh-oleh ke kampung halamannya untuk dibagikan kepada sanak saudara mereka di kampung. Yah, kalau bisa inisiatiflah buat membelikan mereka oleh-oleh sebagai hadiah sudah lama tidak berjumpa.

 

2. Persiapkan segala perlengkapan dan peralatan yang harus dibawa

Gambar: www.molto.co.id

 

 

Jangan ada perlengkapan dan peralatan yang ketinggalan untuk kamu bawa. Sebisa mungkin persiapkan beberapa hari sebelum berangkat mudik atau sehari sebelum berangkat mudik. Perlengkapan dan perlatan yang tidak boleh ketinggalan adalah pakaian, peralatan mandi, obat-obatan termasuk P3K, gadget, powerbank, chargeran, cemilan, makanan dan minuman, serta peralatan kendaraan cadangan jika kamu pulkam dengan mengendarai kendaraan pribadi.

 Baca juga: Info Perlombaan Terbaru Periode 2017

 

3. Servis kendaraan pribadimu jika mengendarai kendaraan pribadi

Gambar: mitracaonline.com

 

 

Nah, untuk yang satu ini wajib banget harus kamu lakukan demi kesalamatan pribadi dan keluargamu. Gak mau kan terjadi sesuatu yang tidak diinginkan ketika perjalanan menuju kampung halamanmu? Sebelum berangkat mudik, periksalah kondisi kendaraanmu secara lengkap. Apakah ada yang rusak atau tidak.  Dalam satu kondisi pasti ada bagian kendaraanmu yang harus diperbaiki. Segeralah untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi pada kendaraan pribadimu daripada dibiarinin aja dan tiba-tiba terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Menjelang lebaran bengkel-bengkel masih ada yang buka kok Tapi, kamu perlu bersabar karena menjelang lebaran dan waktunya untuk mudik bengkel dimana-mana pasti rame banget. Lalu, bagi kamu yang males pergi ke bengkel, tinggal panggil aja jasa servis kendaraan ke rumahmu.

 

4. THR

Gambar: bisnis.liputan6.com

 

 

THR atau Tunjangan Hari Raya tidak hanya didapatkan oleh orang-orang yang sudah bekerja. Namun, orang yang belum bekerja sekalipun juga bisa mendapatkan THR. THR bisa berbentuk barang seperti sembako yang dibagi-bagikan kepada orang yang kurang mampu di sekitar kita dan juga bisa berupa uang yang dimasukkan ke dalam amplop berwarna putih. Bagi-bagi THR merupakan sebuah tradisi yang dilakukan sepanjang masa ketika perayaan lebaran. Jangan lupa persiapkan THRmu untuk sanak saudaramu.

Cari sekolah / perguruan tinggi yang tepat di edumor.com!

 

5. Periksa kembali tiket perjalanmu

Gambar: blog.vokamo.com

 

 

Bagi kamu yang pulkamnya dengan naik transportasi seperti pesawat terbang, kereta api, kapal laut, ataupun bus jangan lupa ya periksa lagi tiketnya. Pastikan tiket perjalanan yang sudah kamu beli ada ditanganmu dan disimpan di dalam dompet atau ditasmu. Jadi, ketika kamu akan berangkat mudik tiket perjalanmu gak ketinggalan dan gak pulang lagi ke rumah untuk mengambil tiket perjalananmu kalau ketinggalan.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *