Kenali Ciri-ciri Beasiswa Palsu Berikut Ini!

Hai para pencari beasiswa! Udah dapet belum informasi beasiswa yang cocok untuk kamu? Pertimbangkan dan kenali lebih dulu apakah beasiswa tersebut termasuk beasiswa asli atau malahan beasiswa palsu. Zaman sekarang ini banyak loh penipuan berkedok beasiswa. Ngeri bangetkan udah daftar ternyata beasiswanya palsu. Nah, sebaiknya kenali dulu deh mana beasiswa yang asli dan mana beasiswa yang palsu! Udah pada tahu belum nih, kayak apa sih beasiswa palsu itu? Coba baca dan simak penjelasan di bawah ini:

 

1. Minta bayaran

Gambar: www.blogkhususdoa.com

 

 

Semua beasiswa baik beasiswa dari Pemerintah, beasiswa dari Perusahaan, dan beasiswa dari bank untuk studi ke luar negeri maupun di dalam negeri sama sekali tidak pernah meminta bayaran sepeserpun kepada calon penerima beasiswa. Namanya beasiswa itu sudah pasti gratis. Saat kamu mencari dan mendapatkan informasi beasiswa, pastikan di dalam informasi tersebut tidak ada persyaratan untuk melakukan pembayaran setelah pendaftaran. Jika kedapatan email atau telepon yang memberitahukan bahwa kamu harus melakukan transfer pembayaran, kamu patut curiga karena itu adalah salah satu tanda yang menyatakan beasiswa itu palsu. Coba dipikir baik-baik deh. Beasiswa itu berartikan kita dikasih tunjangan pendidikan dan lain-lain. Gak mungkinkan dikasih tunjangan tapi masih minta bayaran ke kita.

 

2. Minta data keuangan

Gambar: opstrangkil.blogspot.co.id

 

 

Ada berkas-berkas penting yang perlu kamu persiapkan sebagai salah satu syarat mengikuti program beasiswa. Berkas-berkas tersebut meliputi CV, essay, surat rekomendasi, ijazah, transkrip nilai, dll. Berkas tersebut tidaklah bersifat rahasia. Perlu dipastikan bahwa si pemberi beasiswa tidak meminta sesuatu yang bersifat rahasia. Sesuatu tersebut adalah data keuanganmu. Data keuangan berupa nomor rekening ATM beserta Pinnya. Beasiswa yang benar-benar asli tidak pernah meminta data keuanganmu. Jikalau kamu diminta untuk memberikan data keuanganmu, jangan mau. Ini bertanda sebuah penipuan berkedok beasiswa. Jangan main asal menyerahkan data keuanganmu begitu saja, bisa-bisa orang yang tahu data keuanganmu membobol dan menguras habis uang yang ada di ATMmu. Kejadian seperti ini tidak hanya terjadi atas penawaran beasiswa saja tapi ada hal-hal lain. Waspadalah sebelum terlambat!

 

3. Tidak mencantumkan informasi lebih lanjut secara lengkap

Gambar: www.kellogg.edu

 

 

Penjelasan beasiswa tidak secara lengkap dan jelas dicantumkan di sebuah situs atau website. Maka dari itu, kamu sering merasa kebingungan bukan? Untuk mengetahui info lebih lanjut dari sebuah penawaran beasiswa, harus dicantumkan informasi lebih lanjut secara lengkap. Baca dan perhatikan dengan teliti apakah di informasi beasiswa tersebut mencantumkan informasi lebih lanjut yang lengkapatau tidak!  Soalnya tuh dimana-mana kalau ada informasi beasiswa pasti ada dicantumkan informasi lebih lanjut dengan lengkap seperti; website resminya, nomor telepon yang bisa dihubungi, beserta alamat emailnya. Yang paling penting adalah website resminya. Website resmi bertujuan untuk memastikan apakah beasiswa tersebut benar atau tidak.

Baca juga: Solusi Hemat Anak Kost Selama Bulan Puasa

 

4. Diiming-iming pasti diterima

Gambar: moest-antigua.org

 

 

Buat dapet beasiswa itu susah dan butuh proses yang cukup lama. Gak mungkin dan mustahil banget dalam waktu sebentar bisa langsung lolos beasiswa. Setelah proses pendaftaran, kamu harus ikut proses seleksinya dengan mengikuti tahap wawancara, menyerahkan CV dan essay yang telah dibuat. Proses yang diikuti belum tentu menjamin lolos beasiswa tersebut. Tergantung dengan hasil wawancara yang kamu ikuti, apakah CV dan essaymu itu menarik atau tidak, dll. Semua butuh proses dari 0. Ingatlah bahwa beasiswa asli tidak pernah sama sekali memberikan janji atau iming-iming pasti diterima! Justru yang memberikan iming-iming diterima beasiswa itu adalah pembohongan dan sudah jelas-jelas palsu.

 

5. Adanya pemberitahuan yang menyatakan bahwa kamu diterima beasiswa via email, sms, atau telepon padahal kamu gak pernah daftar dan ikut proses seleksinya

Gambar: remajasuka.blogspot.co.id

 

 

Siapa sih yang gak seneng dan bangga banget lolos beasiswa? Kamu begitukan pas tahu ada pengumuman yang menyatakan bahwa kamu berhasil mendapatkan beasiswa? Etssss etssss, waspadalah! Jika kamu merasa pernah mendaftarkan diri dalam program beasiswa dan telah mengikuti tahap seleksi berarti pengumuman tersebut adalah benar adanya. Akan tetapi, ternyata kamu gak pernah merasa daftar dan ikut proses seleksi beasiswa berarti itu tandanya penipuan.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

6. Mencantumkan logo instansi di situs informasi beasiswa (situs tidak resmi)

Gambar: budi.ristekdikti.go.id

 

 

Yang terakhir nih. Beasiswa asli di situs yang gak resmi sama sekali gak pernah mencantumkan logo apapun di situs tersebut. Baik logo universitas, logo perusahaan, logo bank, dan logo berbagai instansi lainnya. Coba cek di internet ada gak logo-logo di situs penyedia informasi beasiswa tidak resmi. Kita suka mikir bener gak yah beasiswa ini, bener gak yah beasiswa itu. Nah loh bingung dah tuh!  Dari situlah si penipu berkedok beasiswa menyediakan informasi beasiswa dengan mencantumkan logo agar seolah-olah orang yang melihatnya berpikir bahwa beasiswa tersebut merupakan beasiswa asli. Nah, kalau di situs resminya logo pasti ada.

Udah pada tahukan beasiswa palsu itu kayak gimana? Berjaga-jaga kalau gak mau kena tipu! Lebih baik kalau mau cari info beasiswa mendingan cari tahu info lebih lanjut dan kebenarannya dengan buka website atau situs resminya. Mulai sekarang be smart yah guys!

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Kenali Ciri-ciri Beasiswa Palsu Berikut Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *