Tempat Nongkrong Seru Buat Baca Daerah Jakarta

Kalau lagi libur daripada jalan-jalan atau nongkrong-nongkrong gak jelas mendingan ke tempat seru yang bisa bermanfaat yuk! Tepatnya di daerah Jakarta, ada berbagai tempat seru plus bermanfaat yang bisa dikunjungi para pelajar,mahasiswa, dan umum. Penasaran apa aja dan dimana aja? Berikut tempat-tempatnya!

 

1. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia

Gambar: www.ayuwelirang.com

 

 

Tempat pertama yang bisa kamu kunjungi adalah Perpustakaan Nasional Republik Indonesia.  Perpustakaan ini merupakan perpustakaan milik Pemerintah Indonesia. Sangat cocok dan bisa kamu kunjungi. Mengapa? Karena buku-buku di sini sangatlah lengkap. Mau cari buku apa aja pasti ada. Toko buku aja kalah saing sama perpustakaan ini. Untuk mengunjungi dan membaca di perpustakaan ini, kamu wajib untuk melakukan pendaftaran diri. Jadi intinya, kamu wajib untuk menjadi member dari perpustakaan ini. Caranya; ketika kamu datang, kamu langsung mendatangi petugas perpustakaan. Setelah itu, isi data dirimu secara lengkap lewat formulir yang diberikan. Sehabis mendaftarkan diri, kamu baru diperbolehkan untuk membaca di perpustakaan ini. Karena perpustakaan ini milik Pemerintah Indonesia, tempat duduk sama rak bukunya aja pakai acara dipisah. Kamu gak boleh nyari atau ngambil buku sembarangan seperti kamu nyari dan ngambil buku di perpustakaan sekolah atau kampusmu. Yang boleh mencari dan mengambil bukunya adalah petugas perpustakaan. Kalau mau nyari dan ngambil buku untuk dibaca, beri tahu petugas perpustakaannya buku apa yang kamu inginkan. Setelah bukunya ketemu, petugas perpustakaanlah yang akan menyerahkan buku tersebut ke kamu. Sehabis bukunya selesai dibaca, serahkan kembali buku tersebut ke petugas perpustakaan, biarkan petugas perpustakaan yang menaruh kembali buku yang habis kamu baca. Ribet banget ya pake acara petugas perpustakaan yang harus ngambilin dan taruh kembali bukunya. Namanya juga perpustakaan yang sifatnya rahasia. Perpustakaan ini berlokasi di

 

2. Perpustakaan freedom

Gambar: www.pustakabersama.net

 

 

Dijamin betah berlama-lama kalau udah ada di perpustakaan yang satu ini. Perpustakaan ini merupakan perpustakaan yang tempatnya luas banget kayak perpustakaan yang ada di film-film Korea. Tidak hanya bisa membaca buku dan nongkrong, kamu bisa mengerjakan tugas juga disini. Tenang aja, ada fasilitas wifii gratis yang bisa kamu gunakan untuk mengerjakan tugas sekolah atau kuliahmu. Tidak hanya itu saja fasilitas yang bisa kamu manfaatkan. Tapi kamu bisa memanfaatkan layanan foto copy dokumen atau buku yang kamu inginkan dan fasilitas lainnya yang gak kalah keren. Perpustakaan ini menyediakan ribuan buku, ribuan jurnal , ribuan majalah, dan ribuan surat kabar dari dalam negeri maupun luar negeri. Perpustakaan ini dibuka pada hari Senin sampai Jumat jam 09.00 sampai 20.00 dan hari Sabtu jam 10.00 sampai 17.00. Penasaran tempatnya kayak apa? Yuk, dateng ke perpustakaan Freedom yang lokasinya ada JL. Proklamasi No. 41 Menteng Jakarta. Jangan dateng sendirian. Lebih seru lagi kalau datengnya rame-rame. Ayo ajak aja temen, tetangga, saudara, pacar, atau gebetanmu kesini! Dijamin deh kamu dan mereka bakal bentah dan pengen berlama-lama di sini. Gak harus pelajar dan mahasiswa yang boleh datang ke sini. Perpustakaan ini dibuka untuk umum kok.

 

3. Pusteling

Gambar: luckty.wordpress.com

 

 

Pusteling atau bisa disebut dengan Perpustakaan Elektronik Keliling. Lokasinya ada di Summitmas I, Lt. 2 dan 3, Jl. Jenderal Sudirman Kav. 61-62, Jakarta. Perpustakaan ini berbentuk sebuah bus yang keliling di sekolah dan panti asuhan yang ada di daerah tersebut. Saat masuk ke dalam bus ini, kamu gak akan menemukan buku-buku tapi yang kamu temukan adalah deretan laptop. Nah, bingung yah kenapa laptop bukannya perpustakaan isinya buku? Aku jelasin ya! Emang sih, yang namanya perpustakaan itu isinya buku. Tapi, perpustakaan ini isinya deretan laptop karena bukunya adalah buku elektronik yang ada di dalam laptop. Istilah lainnya e-book. Maka dari itu,  dinamakan Pusteling atau Perpustakaan Elektronik Keliling. Pusteling ini miliki Pemerintah juga loh. Pengunjung Pusteling kebanyakan adalah anak sekolah dan anak panti asuhan. Pengunjungnya lebih difokuskan kepada anak sekolahan mulai dari siswa TK sampai siswa SMA dan anak-anak panti asuhan. Di dalam Pusteling, ada petugas yang akan mengarahkan bagaimana cara menggunakan e-booknya.

Baca juga: 8 Tips & Trik Jadi Siswa Populer di Sekolah

 

4. Reading room

Gambar: papasemar.com

 

 

Dateng yuk ke reading room! Selain membaca buku kamu juga bisa menikmati hidangan disini. Buku-buku yang disediakan juga terbatas. Dari buku-buku yang tersedia, ada buku yang boleh kamu beli loh. Tapi ada juga buku yang gak boleh kamu beli. Buku yang gak boleh kamu beli adalah buku karya Richard Oh. Richard oh adalah salah satu sastrawan asal Indonesia sebagai perintis perhelatan Kusala Sastra Khatulistiwa. Richard Oh juga merupakan pemilik dari reading room. Selain bisa nongkrong menikmati makanan, membaca buku, mengerjakan tugas, kamu bisa menikmati berbagai hiburan yang bikin suasana jadi lebih berwarna. Reading rom lokasinya ada di Jl Kemang Timur Raya No 57, Jakarta Selatan.

 

5. Rujak Center

Gambar: www.apakabardunia.com

 

 

Nah, biasanya perpustakaan jenis bukunya ada berbagai macam kan? Di perpustakaan ini jenis bukunya hanya berupa buku tentang perkotaan. Perpustakaan ini termasuk ke dalam jenis perpustakaan Urban Studies. Cocok dan pas bagi kamu yang ingin mempelajari tentang ilmu-ilmu perkotaan dan yang hobi sama ilmu perkotaan. Rujak Center berlokasi di Gedung Ranuza lantai 2, Jalan Timor No. 10, Menteng, Jakarta Pusat. Suasananya cukup sederhana dan tempatnya juga tidak terlalu besar, bagaikan sebuah perkantoran. Bagi kamu yang ingin berkunjung ke Rujak Center, tempat ini buka pada Senin sampai Jumat 10.00- 16.30 dan hari Sabtu jam 10.00-12.30. Khusus di hari Sabtu, kamu wajib telepon untuk buat janji. Semua pengunjung wajib harus mendaftarkan diri untuk menjadi member dan buku yang kamu baca boleh dibawa pulang tapi dalam batas waktu 13 hari buku tersebut harus dikembalikan lagi. Satu orang hanya boleh meminjam maksimal 3 buku.

 

6. Perpustakaan The Japan Foundation

Gambar: www.miharujulie.com

 

 

Yang suka segala hal yang berhubungan dengan Jepang  mari merapat dan berkumpul. Ada perpustakaan khusus bagi para pencinta Jepang, namanya perpustakaan The Japan Foundation. Perpustakaan ini menyediakan berbagai macam buku, majalah, dan komik yang berhubungan dengan jepang. Bagi kamu yang pengen ikut program beasiswa studi ke Jepang, kamu bisa tanya-tanya infonya disini. Sebelum masuk ruangan, tas wajib dititipin di recepcionist dan harus mendaftarakan diri jadi member. Syaratnya bagi pelajar dan mahasiswa hanya menunjukan  kartu pelajar atau kartu mahasiswa saja. Untuk umum harus menunjukan KTP. Pendaftaran menjadi member dipungut biaya. Biaya membernya gak mahal kok. Kira-kira berapa ya? Hayooo, penasaran ya? Ok deh aku kasih tahu! Biaya pendaftarannya untuk pelajar dan mahasiswa sebesar Rp 20.000,00 untuk satu tahun dan bagi masyarakat umum biaya pendaftarannya adalah Rp 50.000, 00 untuk satu tahun. Tenang aja, buku yang kamu baca boleh dipinjam selama 2 minggu. Perpustakaan ini lokasinya ada di Gedung Summitmas 1 3rd Floor, JL Jend.Sudirman Kavling 61-62, Jakarta.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

7. Comic Cafe

Gambar: eyecatha.blogspot.co.id

 

 

Kamu pencinta komik?  Pas banget nih sama tempat yang satu ini. Tempat ini menyediakan berbagai macam komik yang bisa kamu baca. Selain itu, kamu juga bisa sambil menikmati hidangan yang disediakan. Buat yang mau dateng, lokasinya Ada di  Jalan Tebet Raya No.53D, Tebet, RT.3/RW.2, Tebet Timur, Jakarta Selatan. Tempatnya instagramble banget deh. Bisa kamu manfaatkan buat foto-foto lalu di posting ke instagram dan ke berbagai sosial media lainnya. Kamu akan merasakan bahwa kamu sedang berada di dalam sebuah cerita yang ada di komik ketika masuk ke dalam cafe ini. Hal ini dikarenakan dekorasi ruangan semuanya mengusung tema para tokoh yang ada di komik. Makanan dan minumannya pun enak-enak plus harganya pas lah buat kantong anak sekolah dan mahasiswa.

Gimana, seru-seru dan bermanfaat kan? Yuk rame-rame dateng kesini! Selain jadi tempat membuang rasa stress, kamu juga dapet hiburan dan manfaatnya juga loh!

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Tempat Nongkrong Seru Buat Baca Daerah Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *