10 Makanan & Minuman Murah Meriah ala Anak Kost

Berpisah dari orangtua karena ngekost harus dijalani oleh sebagian anak kost yang kuliah atau bekerjanya jauh dari rumah. Gak enaknya, kamu harus belajar hidup mandiri. Kamu yang ngekost pasti ngerasain kalau jadi anak kost harus hidup serba hemat termasuk kalau makan. Berbicara tentang makanan, kamu bisa menghemat dengan makan dan minuman berikut ini:

 

1. Roti

Gambar: www.vientosurtrombones.com

 

 

Roti merupakan makanan yang mengandung kaya akan karbohidrat tinggi yang bisa kamu olah menjadi makanan yang bergizi sebagai penyelamat tanggal tua ala anak kostan. Makanan ini bisa kamu oleh menjadi makanan dengan berbagai variasi. Tidak hanya bisa kamu variasikan dengan mencampur mentega dengan selai seperti makan roti tawar saja. Supaya lebih tidak membosankan, kamu bisa memvariasikan roti menjadi roti bakar atau sandwich. Bahannya pun mudah di dapatkan seperti roti tawar, mentega, selai, daging ham, keju, selada, dan tomat. Setelah bahan-bahannya sudah tersedia, jika ingin diolah menjadi roti bakar tinggal poles roti tawar dengan mentega dan panaskan di pan yang sudah di olesin oleh mentega juga. Setelah roti sudah berwarna kekuningan, angkat dan letakan dipiring. Masukin selai dan kejunya. Bagimana kalau mau buat sandwicth? Membuat sandwitch rotinya tidak perlu di panaskan cukup diolesin dengan mentega. Goreng daging hamnya. Kemudian setelah daging hamnya sudah matang letakan daging hamnya, keju, selada, dan tomat dirotinya. Tutup dengan selembar roti tawarnya. Terakhir, potong roti tersebut dalam posisi miring.

 

2. Susu

Gambar: ceritamedan.com

 

 

Kurang lengkap kalau makan roti tanpa ada minuman penampingnya. Kamu bisa makan roti sambil minum susu. Susu merupakan minuman sehat yang mengandung kalsium dan lemak.  Buat kamu yang takut gendut karena susu, kamu bisa pilih susu yang rendah lemak. Susu dengan kadar lemak yang rendah gak bikin kamu gemuk kok. Minum susu itu enaknya yang kadar lemaknya tinggi karena rasanya lebih enak. Sementara minum susu dengan kadar lemak yang rendah rasanya kurang enak. Tapi buat kamu yang sedang dalam tahap diet dan takut gemuk, susu dengan kadar lemak yang rendah bisa jadi salah satu pilihan kamu. Ada juga loh orang yang gak bisa minum susu karena alergi. Sarannya, buat kamu yang alergi minum susu sapi, kamu bisa ganti susu sapi dengan susu kedelai atau susu kambing.

 

3. Energen

Gambar: tweenselmom.com

 

 

Di pagi hari kamu juga bisa minum energen kalau kamu gak mau makan nasi atau makan roti. Energen merupakan minuman sekaligus makanan untuk menambah energi di pagi hari. Energen adalah campuran gandum sereal  dengan susu yang di dalamnya mengandung vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B6, vitamin B9, vitamin B12, vitamin D, vitamin E dan kalsium. Energen ini juga ada yang campuran oatmilk, susu, dan biji-bijian seperti jagung dan kacang hijau. Energen memiliki varian rasa seperti vanila, cokelat, jagung, dan kacang hijau.

 

4. Mie instan

Gambar: tips-cara.info

 

 

Makanan yang paling digemari oleh orang Indonesia dengan harga yang murah meriah dan hemat apa lagi kalau bukan mie instant. Tidak hanya anak kostan saja yang makan mie instan kalau lagi tanggal tua, yang gak ngekost juga pasti suka makan mie instant. Mie instant bisa yang goreng, bisa yang berkurang. Mau lebih menarik lagi? Kamu bisa mencampurkan mie instant dengan sayur-sayuran, telur rebus atau telur goreng, dll. Namun kamu harus hati-hati! Makan mie instant itu tidak bagus untuk kesehatan kamu karena dapat menyebabkan usus buntu, kegemukan, dan kanker. Di dalam mie instant ada pengawet, serbuk lilin,  formalin, MSG, dll yang tidak baik untuk kesehatan. Makan mie instant boleh-boleh saja tapi tidak boleh terlalu sering dan terlalu banyak. Berdasarkan pakar kesehatan, makan mie instant hanya diperbolehkan maksimal 50 bungkus dalam waktu setahun.

Baca juga: Rekomendasi Aplikasi Scanner Dokumen untuk Keperluan Sekolah, Kuliah, dan Bekerja

 

5. Telur

Gambar: dhandies.wordpress.com

 

 

Di dalam telur ayam ada kandungan yang baik untuk tumbuh dan kembang otakmu. Bagian terpenting telur yang baik untuk tumbuh dan kembang otakmu adalah kuning telurnya. Telur bisa kamu olah menjadi telur rebus, telur ceplok, telur dadar, omelet, dan telur disambelin. Selain itu telur bisa kamu campurkan di nasi goreng. Tidak hanya telur ayam yang bisa kamu olah dan makan. Kamu juga bisa mengolah dan makan telur bebek dan telur puyuh. Cuman, paling tidak telur puyuh bisa kamu olah menjadi sayur sop. Makan telur ayam dan telur bebek tidak boleh terlalu banyak. Dalam sehari kamu hanya boleh makan telur ayam atau telur bebek setidaknya maksimal 2 butir. Lebih dari 2 butir bisa menimbulkan bisul di bagian badanmu.

 

6.Snack

Gambar: blog.halfthespace.com

 

 

Snack yang biasa disebut makanan ringan atau cemilan oleh semua orang merupakan teman pendamping dalam segala aktivitas seperti menonton, belajar, bekerja,dll. Siapa sih yang gak suka makan snack? Gak cuman anak kecil doang yang suka makan snack. Berbagai golongan pasti suka makan snack. Snack ada 2 jenis yaitu snack sehat dan snack tidak sehat. Snack tidak sehat adalah cemilan yang mengandung micin dan MSG. Sedangkan, snack yang sehat seperti biskuit. Dikala rasa bosan menghadang, kamu bisa makan snack sambil nonton, belajar, atau bekerja.

 

7. Tahu tempe

Gambar: bacaterus.com

 

 

Tahu tempe adalah kedua makanan yang terbuat dari bahan dasar kacang kedelai. Tahu dan tempe sama-sama mengandung vitamin B. Biasanya tahu tempe diolahnya gak jauh-jauh dengan cara digoreng. Gak bosen makan tahu tempe cuman digoreng doang? Kamu bisa memvariasikan tahu tempe menjadi perkedel, steak tempe, tumis tahu, dan tumis tempe. Dikit-dikit dibikin jadi lebih modern biar kelihatan menarik dan gak membosankan.

 

8. Nasi pakai sambal / kerupuk  / abon / kecap

Gambar: nandoberuang.blogspot.co.id

 

 

Gak kalah sederhana dan greget, ketika keuanganmu udah bener-bener sekarat kamu bisa makan nasi pakai sambal / krupuk / abon / kecap manis. Biayanya murah banget. Yang dimasak cuman nasi aja. Sambal, krupuk, abon, dan kecap tinggal beli di warung. Makanan ini masih layak untuk dimakan loh. Daripada gak ada makanan sama sekali mending makan kayak gini aja.

 

9. Nasi goreng

Gambar: tarasmulticulturaltable.com

 

 

Cukup mudah untuk memasaknya. Anak kost yang gak jago masak selaipun juga pasti bisa masak nasi goreng sendiri. Bahan-bahan yang kamu butuhkan adalah nasi putih, mentega, bawang merah, bawang putih, cabe, telur, kecap manis, kecap asin, dan garam. Cara membuatnya: potong terlebih dahulu bawang merah, bawang putih, dan cabe. Panaskan kuali beserta menteganya. Kalau mentega udah cair, tinggal masukin bawang merah, bawang putih, dan cabe yang sudah di potong. Aduk sampai layu dan warnanya sudah mulai berubah. Ketika warna bawang dan cabe sudah berubah, masukan tekur yang sudah dipecahkan ke dalam kuali tersebut. Langsung aduk rata. Baru itu masukan nasi putihnya. Terakhir, jangan lupa campur dengan kecap manis dan kecap asinnya dan jangan lupa diaduk lagi sampai tercampur semua.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di Edumor.com!

 

10. Tumis sayur dan sayur sop

Gambar: resepdanmasakan.com

 

 

Harus ada tambahan makanan sehat yang melengkapi kebutuhan tubuhmu yaitu makanan yang mengandung serat. Tentunya kamu bisa mengolah sayur untuk kamu makan. Supaya gak ribet, kamu bisa mengolah sayur menjadi tumis sayur atau sayur sop. Membuat tumis sayur atau sayur sop bisa kamu buat di rice cooker. Bahannya hanya sayur, bawang puting, garam, gula, penyedap rasa, dan minyak. Untuk membuat tumis sayur hanya masukin minyak tunggu sampai panas baru masukin bawang putih kemudian diongseng sampai warnanya berubah. Setelah itu masukin sayurnya beserta bumbunya. Kalau mau bikin sayur sop caranya sama tapi minyaknya diganti dengan air.

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “10 Makanan & Minuman Murah Meriah ala Anak Kost

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *