Rekomendasi Aplikasi Scanner Dokumen untuk Keperluan Sekolah, Kuliah, dan Bekerja

Sekolah, kuliah, dan kerja memiliki dokumen kertas yang banyak entah bagaimana cara menyimpannya sehingga menyebabkan dokumen yang menumpuk dan hilang. Terkadang, bingung juga gimana ya cara nyimpen dokumen tersebut biar gak hilang. Kamu gak perlu takut dokumen kamu hilang. Kamu bisa pake aplikasi untuk scan dokumen tersebut, bisa untuk simpen hasil scannya di aplikasi tersebut, dan bisa dishare kemana aja. Jadi, kalau berkas aslimu tiba-tiba hilang kamu masih punya backupnya. Berikut aplikasi scanner dokumenyang bisa kamu manfaatkan untuk keperluan sekolah, kuliah, dan bekerja:

 

1. Scanbot

Gambar: www.makemac.com

 

 

Scanbot merupakan sebuah aplikasi berbasis android dan IOS yang dapat digunakan untuk melakukan scan dokumen yang ingin kamu simpan ke dalam smartphone. Tidak hanya bisa digunakan di handphone tapi bisa digunakan di tablet. Bagaimana cara kerjanya sih? Kamu tinggal masukin email kamu aja, gak perlu password. Setelah itu kamu bisa langsung scan dokumen kamu. Dokumen yang halamannya banyak bisa discan juga. Kalau mau nambah scan dokumen tinggal klik tombol tambah kemudian scan lagi deh dokumennya. Terus save dokumen yang sudah discan. Ada 2 pilihan penyimpanan yaitu combined atau single dokumen. Pada aplikasi Scanbot tersedia fitur untuk menshare dokumen yang sudah discan ke line, dropbox, google drive, onedrive, dll. Dokumennya bisa kamu buka di Drive PDF Viewer, PDF Viewer, dan WPS. Pada saat tekan tombol bertuliskan open akan ada pilihan Drive PDF Viewer, PDF Viewer, dan WPS Office. Tidak hanya dokumen yang berbentuk kertas saja, tapi kartu nama juga bisa kok.

 

2.  CamScanner-Phone PDF Creator

Gambar: style.tribunnews.com

 

 

Tidak hanya bisa disave dalam format file PDF saja tapi bisa disave dalam bentuk format JPG. CamScanner -Phone PDF Creator bagaikan sebuah aplikasi scanner sekaligus aplikasi editor dokumen yang telah berhasil discan. Sehabis dokumenmu berhasil discan, kamu bisa mengcrop dokumennya agar terlihat rapi dan bisa ubah posisi dokumennya. Misalnya, pada saat mau scan dokumennya berada di posisi miring. Kamupun bisa mengubah posisi miring tersebut menjadi posisi tiduran. Gak perlu takut kalau hasil scannya ternyata jelek karena kamera gadgetmu jelek. Ada fitur filter untuk mengubah filter dokumen yang telah discan. Kamupun bisa menambahkan tulisan atau memberikan tanda dihasil scannya dengan menekan tombol mark. Kamu juga bisa menshare hasil scan dokumennya ke email, line, WA, dll.

 

3. Image to Text-OCR Scanner

Gambar: play.google.com

 

 

Scan gambar ke dalam bentuk text atau tulisan bisa kok. Pake aplikasi ini aja. Namanya Image to Text-OCR Scanner. Gambar yang bisa discan kemudian berubah menjadi tulisan hanya gambar tertentu aja ya! Gambarnya harus ada tulisannya juga seperti yang ada di brosur, poster, majalah, koran, dll. Jadi pada saat kamu scan gambar, langsung ke ubah menjadi tulisan. Intinya muncul tulisannya doang. Gambarnya yang ada ilang. Kalau aplikasi scan lainnya, gambar dan tulisannya sama-sama ikut kescan juga.

Baca juga: Hal-hal yang Dirasakan Oleh Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja

 

4. Office Lens

Gambar: www.techno.id

 

 

Gampang banget pakenya plus gak pake ribet. Kamu bisa save hasilnya ke dalam bentuk Word, PDF, OneDrive, OneNote, Power Point, dan galery. Tinggal foto dokumennya, bisa dokumen yang berupa tulisan maupun foto. Setelah discan, langsung aja save dokumennya. Kekurangannya, aplikasi ini gak bisa buat ngasih filter dokumen yang udah discan. Plus kalau mau edit dokumennya harus buka dokumen yang udah keubah formatnya baru bisa edit.  Sekali ngesave bisa save ke semua format dokumen. Kalau kamu pilih untuk save ke semua format dokumen, otomatis dokumenmu ada di semua format file dan bisa pilih mau buka diformat yang mana.

 

5. Image to Excel

Gambar: www.verypdf.com

 

 

Selain scan dokumen dalam bentuk Word, PDF, JPG, dan Powerpoint. Kamu bisa scan dokumen dalam bentuk Excel. Kamu mesti cobaan aplikasi satu ini, namanya image to Excel. Untuk melakukan proses scaning kamu harus tekan tombol tambah. Lalu ada pilihan mau scan pake kamera gadgetmu atau scan dari galery foto. Jika sudah dipilih, dokumenmu langsung diproses untuk masuk ke dalam format Excel. Jeleknya aplikasi ini, kamu mesti banget nunggu waktu yang cukup lama agar dokumen tersebut berformat excel. Tidak hanya itu sih sebenarnya. Aplikasi ini kalau mau diupdate harus bayar. Downloadnya doang yang gratis tapi kalau mau diupdate mesti bayar sebesar Rp 29.000,00. Dokumen yang bisa discan berbentuk gambar dan text.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

6. Evernote

Gambar: www.championsofsmallbusiness.co.uk

 

 

Gak kalah menarik dari aplikasi lainnya. Evernote adalah salah satu aplikasi scan dokumen yang multifungsi. Aplikasi ini menyediakan fitur scan dokumen yang di foto kemudian bisa dikasih keterangan penjelasan tulisan, ada fitur untuk scan dokumen dari galery gadgetmu, fitur scan tulisan tangan dan tandatangan, fitur scan suara, dll. Untuk fitur scan dokumen dengan cara foto, kamu gak perlu tekan tombol untuk memulai scan dokumennya. Tinggal arahkan kameramu ke dokumenmu, dalam hitungan detik dokumenmu langsung terscan dengan sendirinya.

Zaman udah canggih jangan berpikir manual terus dong. Manfaatkan teknologi untuk kebutuhan sehari-harimu. Gak nyangka dan baru kepikirankan bahwa ternyata ada aplikasi untuk scan dokumen dalam bentuk text maupun gambar? Perlu dicoba nih buat meringan kegiatan sekolah, kuliah, dan bekerja kamu!

 

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Rekomendasi Aplikasi Scanner Dokumen untuk Keperluan Sekolah, Kuliah, dan Bekerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *