Hal-hal yang Dirasakan Oleh Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja

Mahasiswa strong secara fisik dan mental adalah tipe mahasiswa yang kuliah sambil bekerja. Mereka harus melakukan dua kegiatan dari pagi sampai malam demi masa depan mereka. Apa sih alasan banyaknya mahasiswa yang ingin kuliah sambil bekerja? Kuliah sambil bekerja adalah sebuah keputusan yang harus diambil untuk menambah penghasilan, untuk membiayai hidup sendiri, ingin hidup lebih mandiri lagi, ingin menambah ilmu pengetahuan dan wawasan, memperluas jaringan, dll. Menjadi mahasiswa yang kulaih sambil bekerja sangatlah susah dan penuh dengan beban pikiran. Mahasiswa yang kuliah sambil bekerja harus kuat mental dan fisiknya. Berikut adalah hal yang dialami oleh mahasiswa yang kuliah sambil bekerja:

 

1. Bagaimana cara membagi waktunya

Gambar: www.qerja.com

 

 

Kegiatan kuliah sambil bekerja tidak semua orang bisa menjalaninya. Ketika kamu memutuskan kuliah sambil bekerja, mau tidak mau harus membagi waktu antara kuliah dengan bekerja. Waktu bekerja lebih lama daripada waktu kuliah. Sembari kuliah sambil bekerja agar tugas kuliahmu tidak terabaikan karena padatnya pekerjaan yang harus diselesaikan hari ini juga kamu bisa membawa tugas kuliahmu ke tempatmu bekerja. Pada jam istirahat kantor kamu bisa memanfaatkan waktu istirahatmu sambil mengerjakan tugas kuliahmu. Ketika tugas kantormu menumpuk dan harus dengan cepat diselesaikan, kerjakan segera mungkin jangan ditunda-tunda. Jangan lakukan aktivitas lainnya yang kurang penting. Dilakukan dengan cepat namun harus teliti. Dengan demikian pekerjaan kantormu bisa diselesaikan dalam waktu yang cepat sehingga kamu bisa mengerjakan tugas kuliahmu disisa waktu bekerja yang ada. Kalau memang ternyata tugas kantormu itu numpuk banget, kamu bisa mengerjakan tugas kuliahmu setiap sebelum pelajaran di kampus dimulai atau sehabis pulang kuliah.

 

2. Lebih memprioritaskan kuliah atau pekerjaan?

Gambar: www.kaskus.co.id

 

 

Disuruh kuliah atau bekerja memang susah karena dua-duanya sama-sama penting dan berharga buat kamu. Gak kerja gak dapet penghasilan, gak kuliah gak dapet ilmu dan nilai. Serba salah deh kalau udah kuliah sambil kerja. Kebanyakan mahasiswa yang kuliah sambil bekerja lebih memperioritaskan pekerjaannya ketimbang kuliah. Hal ini dikarena mereka yang udah ngerasain bekerja merasa bahwa bekerja itu lebih enak daripada kuliah. Tapi ini beneran loh. Saking enaknya sama kerja kebanyakan mahasiswa bagaikan mahasiswa kupu-kupu. Dateng ke kampus cuman kuliah doang. Sepulang kuliah gak belajar lagi atau gak ngerjain tugas kuliah langsung tidur. Hal yang paling sulit dialami oleh mahasiswa yang kuliah sambil kerja adalah harus lembur dan waktu kuliah jadi terabaikan.

Baca juga: Pengen Studi Ke Luar Negeri Tapi Kemampuan Bahasa Inggrismu Minim? Bisa Kok, Ini Caranya!

 

3. Harus mengorbankan waktu bersenang-senang

Gambar: invoke.com

 

 

Akibat kuliah sambil bekerja harus rela berkorban. Kamu yang ngerasain kuliah sambil kerja pasti harus rela mengorbankan waktu bersenang-senang kamu untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah kamu di hari libur. Yang kuliah gak sambil bekerja mah enak-enak aja bisa punya waktu yang cukup banyak untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah sedangkan yang kuliah sambil bekerja waktu untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah sangatlah sedikit. Punya waktu itupun sehabis pulang kuliah atau bahkan di hari liburnya. Mau gak mau hari liburmu digunakan untuk belajar dan mengerjakan tugas kuliah bukannya untuk bersenang-senang. Terkadang iri banget ya liat teman-teman lainnya habis pulang kuliah bisa nongkrong-nongkrong dan di hari libur mereka bisa seneng-seneng. Sedihnya kita yang kuliah sambil kerja gak bisa merasakan seperti mereka yang kuliah gak sambil bekerja.

 

4. Harus tanggung jawab sama pekerjaan kantor dan tugas kuliah

Gambar: www.humr.cz

 

 

Jadi serba salah nih. Kuliah sama kerja sama-sama punya tanggung jawab yang besar. Waktu kerja pekerjaan kita harus diselesaikan dengan cepat, rapi, dan teliti sesuai dengan deadline yang telah ditentukan. Gak selesai bisa diomelin bos atau bahkan disuruh lembur sampai pekerjaan kita selesai. Giliran waktunya kerja udah selesai dan harus mengutamakan kuliah, punya tanggung jawab lagi buat menjalani perkuliahan dan mengerjakan tugas kuliah. Beginilah keseharian mahasiswa yang kuliah sambil kerja harus tanggung jawab terlebih dahulu sama pekerjaanmu kemudian setelah tanggung jawab pekerjaanmu selesai tanggung jawablah dengan belajar dan mengerjakan tugas kuliahmu hari itu juga, jangan pas hari H tugas dikumpulin baru kamu ngebut ngerjainnya.

 

5. Bagaimana cara mencapai target yang kamu inginkan

Gambar: www.rodewayinncarlsbad.com

 

 

Kamu punya target kuliah apa? Lalu target pekerjaanmu apa? Kuliah dan bekerja punya target yang berbeda-beda. Target kuliah yang harus dicapai adalah meningkatkan IP, cepet-cepet skripsi, dan cepet lulus kuliah. Sementara target kerja adalah bisa menyelesaikan semua pekerjaan tepat pada waktunya dan lain-lainnya. Mencapai target yang paling susah adalah kuliah.  Gimana caranya IP bisa meningkat, bisa cepet skripsi, dan bisa cepet lulus sementara kita lebih fokus ke kerjaan dari pada kuliah. Beban otak terbagi dua. Otak sebelah kanan buat kerja, otak kiri buat kuliah. Saat waktunya kerja otak kita lebih terfokus sama kerjaan dan tugas kuliahpun gak kepikiran. Ketika kuliah otakpun fokusnya ke kuliah tapi gak kepikiran sama tugas kuliah.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

6. Galau antara pengen berhenti kuliah atau berhenti kerja aja

Gambar: www.gudangmakalah.com

 

 

Mahasiswa yang punya dua kegiatan sekaligus dalam sehari pasti galau dan capek banget.  Pagi-pagi harus bangun pagi dan berangkat kerja, sorenya pulang kerja dan lanjut kuliah lagi sampai malam harinya. Gimana gak capek tuh dalam sehari dari pagi sampai malam aktivitas gak selesai-selesai. Udah galau dan capek belum lagi pusing karena ada masalah pekerjaan dan kuliah yang harus dijalani dalam kehidupan sehari-hari. Rasanya pengen mikir mendingan berhenti kuliah atau berhenti kerja aja. Galau gak tuh ketika mesti milih antara berhenti kuliah atau berhenti kerja. Berhenti kuliah sayang uang dan sayang ilmu. Kalau berhenti kerja mau dapet penghasilan dari mana. Ya gak tuh?

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Hal-hal yang Dirasakan Oleh Mahasiswa yang Kuliah Sambil Kerja

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *