Yang Mau Dapat Beasiswa Silahkan Baca Ini!

Biaya pendidikan baik biaya sekolah maupun biaya kuliah kalau dipikir-pikir sangatlah mahal. Inilah alasan utama para pelajar dan mahasiswa mengincar beasiswa dalam negeri maupun luar negeri. Hal ini memiliki tujuan agar calon peserta didik dapat menempuh pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi lagi dengan biaya yang terbilang terjangkau. Terkadang untuk mencari dan menemukan beasiswa terbilang lumayan susah. Berikut trik mencari dan menemukan informasi beasiswa:

 

1. Buat list beasiswa apa yang diinginkan

Gambar: www.tipspengembangandiri.com

 

 

Langkah yang pertama kamu bisa membuat sebuah to do list untuk menentukan beasiswa apa yang kamu inginkan. Buat list sebanyak 3-5 point. Point pertama adalah beasiswa pertama yang kamu inginkan yang berisikan jenjang beasiswanya, dan lokasinya. Lakukan dengan hal yang sama terhadap point ke dua sampai seterusnya. Perbanyaklah point-point to do listnya untuk cadangan karena beasiswa yang ingin kamu dapatkan kan gak mungkin cuma satu doang. Siapa tahu ketika sedang mencari informasi beasiswa yang sesuai dengan list yang telah kamu buat, ada yang gak cocok sama kebutuhan dan keinginan kamu.

 

2. Cari informasi beasiswa di Internet

Gambar: studihukum.wordpress.com

 

 

Abis buat list ngapain? Yah, apalagi kalau bukan mencari informasi-informasi tentang beasiswa yang ada di list yang sudah kamu catat tadi. Mencari informasi beasiswa bisa kamu cari di internet terlebih dahulu dengan mencantumkan beasiswa jenjang apa dan dimana lokasinya. Contohnya; beasiswa S2 Korea periode 2017-2018. Setelah mencantumkan kata kuncinya, Google secara cepat akan memberikan informasi beasiswa yang sesuai dengan kata kunci yang kamu cantumkan namun beda sumbernya. Atau bisa jadi kamu mencari informasi beasiswa dengan mengunjungi situs atau menggunakan aplikasi pencarian beasiswa. Beasiswa apapun yang kamu inginkan pasti ada.

Baca juga: Daftar Jurusan Bidang Desain dan Mutimedia Beserta Perguruan Tingginya

 

3.  Langganan informasi  beasiswa

Gambar: www.beasiswapascasarjana.com

 

 

Informasi beasiswa itu kan banyak. Ada info beasiswa dari Pemerintah, dari perusahaan, dll. Agar kamu bisa lebih update lagi mencari dan menemukan berbagai informasi beasiswa, kamu bisa berlangganan informasi beasiswa. Caranya, masukan alamat emailmu pada situs atau aplikasi pencarian informasi beasiswa. Setelah berhasil, setiap hari kamu akan mendapatkan berbagai informasi beasiswa baik beasiswa dalam negeri maupun luar negeri yang akan dikirimkan ke alamat emailmu.

 

4. Ikut event beasiswa

Gambar: ae.sttkd.ac.id

 

 

Langkah ini cocok kamu lakukan buat kamu yang lagi ada waktu kosong, lagi gak ngapa-ngapain, dan bingung mau ngapain. Yuk, ikutan event pencarian beasiswa. Setiap tahunnya bakal ada yang menyelenggarakan event-event pencarian beasiswa bagi para pelajar dan mahasiswa yang sedang mencari informasi beasiswa. Di event tersebut tidak hanya ada beasiswa dalam negeri tapi ada juga beasiswa luar negeri. Beasiswa yang disediakan sebanyak ratusan bahkan bisa mencapai ribuan beasiswa. Beberapa event pencarian beasiswa tidak hanya menyediakan informasi beasiswa tapi ada beberapa event yang juga menyelenggarakan acara seminar dan talkshow yang bisa kamu ikuti. Event-event ini bisa kamu temukan di jadwalevent.web.id dan weeindonesia.com.

 

5. Gabung di  komunitas atau forum pencari dan penyedia informasi beasiswa

Gambar: komunita.id

 

 

Menjalin sebuah relasi dan jaringan janganlah diperlukan untuk menambah informasi dan pengetahuan. Tentunya untuk mencari dan menemukan beasiswa yang kamu inginkan harus menggunakan berbagai cara dan kerja keras. Terutama kamu bisa gabung di komunitas atau forum pencari dan penyedia lowongan kerja. Komunitas atau forum pencari penyedia lowongan bisa kamu cari dan bergabung lewat media sosial seperti group facebook, group line, group WA, dll. Dari bergabung di komunitas atau forum tersebut kamu bisa mendapatkan update informasi beasiswa serta bertukar informasi beasiswa.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

6. Konsultasi ke lembaga konsultan  pendidikan

Gambar: www.ican-education.com

 

 

Zaman sekarang beasiswa ada yang palsu loh. Jangan kira semua informasi beasiswa yang kamu dapatkan adalah murni beasiswa asli. Serem kan kalau kamu udah dapat beasiswa dan mendaftarkan dirimu untuk ikut program beasiswa tapi tiba-tiba ternyata beasiswa tersebut adalah beasiswa palsu. Dirimu sudah tertipu dan tersolimi dengan beasiswa tersebut. Sebisa mungkin kalau kamu takut untuk tertipu terhadap beasiswa tersebut sebaiknya cari informasi beasiswa dari situs resminya. Kamu juga bisa datang ke sebuah lembaga resmi konselor pendidikan untuk konsultasi beasiswa apa yang kiranya cocok dan bagus untuk kamu. Sekiranya sudah cocok dengan beasiswa tersebut  jangan lupa untuk meminta dibuatkan surat rekomendasi asal kamu mendapatkan informasi beasiswa tersebut. Biasanya untuk studi ke luar negeri secara jalur beasiswa maupun non beasiswa selalu dan pasti dimintai surat rekomendasi.

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Yang Mau Dapat Beasiswa Silahkan Baca Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *