Daftar Jurusan Bidang Desain dan Mutimedia Beserta Perguruan Tingginya

Industri kreatif tidak hanya terdiri dari bidang musik dan perfilman saja tapi juga ada dalam bidang desain dan multimedia. Buat kamu yang punya passion dan minat terhadap bidang desain dan multimedia kamu memang cocok mengambil jurusan kuliah di beberapa bidnag dibawah ini. Berikut jurusan dalam bidang desain dan multimedia beserta rekomendasi perguruan tingginya:

 

1. Design Grafis dan DKV

Gambar: fachrozyaulia.blogspot.co.id

 

 

Design grafis merupakan pembelajaran tentang desain yang berkaitan dengan dunia grafis, skema, tata letak, ilustrator, dll. Jurusan ini lebih cendrung ke arah mendesain suatu yang berbentuk 2D. Karena sudah berbau grafis maka design grafis belajarnya dengan membuat poster, brosur, desain papan iklan, logo, dll. Tools yang digunakan untuk membuat sebuah design grafis adalah adobe photoshop, corel draw, adobe indesign, quark xpress, dll. Sementara jurusan DKV lebih mencakup ke arah desain 2D dan 3D. Jadi DKV lebih menyeluruh. Lulusan design grafis dan DKV bisa bekerja sebagai designer grafis, ilustrator, artis photoshop, animator, web design, dll. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan desaign grafis dan DKV antara lain ITB, Universitas Esa Unggul, Univeristas Bina Nusantara, Universitas Multimedia Nusantara, Institut Seni Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Unikom Bandung, Universitas Pelita Harapan, dll.

 

2. Periklanan

Gambar: jagoanreklame.com

 

 

Kamu tahu iklan kan? Iklan digunakan untuk mempromosikan sebuah produk lewat media TV, radio, media cetak, dan internet. Mengambil jurusan kuliah periklanan dapat bekerja sebagai spesialis hubungan masyarakat, manager promosi dan periklanan, content stategis, analisis media, dll. Keterampilan yang harus dimiliki dalam bidang periklanan adalah memiliki keterampilan berkomunikasi, mampu menganilis, detail, dll. Perguruan tinggi baik swasta maupun negeri yang menyediakan jurusan periklanan adalah Univeristas Al Azhar Indonesia, Univeristas Petra Kristen, UGM, dll. Sama dengan halnya jurusan design grafis dan DKV jurusan periklanan juga harus memiliki kemampuan mendesign.

 

3. Teknologi games

Gambar: www.truthaboutenergy.com

 

 

Suka main games? Berkecimpung dengan bidang games bisa kok. Kamu mesti ambil jurusan yang berhubungan dengan teknologi games. Jurusan yang berhubungan teknologi games yaitu games application technology, media digital dan games, design teknologi mainan, dll. Mata kuliah yang diajarkan dalam teknologi games mencakup desain, algoritma, engine game, 3D modelling, VR, sistem game, dll. Untuk membuat sebuah games kamu bisa menggunakan games maker, RPG maker, game salad, 3D Rad Engine, dll. Jurusan ini sangat cocok bagi kamu yang hobi bermain games dan pengen belajar membuat games sendiri karena jurusan games ini memiliki peluang kerja sebagai games developer, programmer game dan animasi, game designer, game producer, dll. Tertarik nih buat kuliah di bidang games? Kalau kamu tertarik kamu bisa mengambil jurusan games di Binus, ITS, Politeknik Elektro Negeri Surabaya, ITB, dll.

Baca juga: Ini Kegiatan yang Bisa Dilakukan Setelah Selesai SBMPTN!

 

4. Arsitek

Gambar: pro-rahasia.com

 

 

Jangan samakan arsitek dengan teknik sipil ya. Pekerjaan arsitek dengan teknik sipil itu berbeda. Arsitek bekerja dengan merencanakan bentuk bangunan serta menggambar design bagunanya. Tentunya untuk menjadi seorang arsitek harus bisa menggambar dan menghitung karena selain menggambar, arsitek juga bekerja dengan menghitung ukuran bangunan dan ruangan yang dibutuhkan. Peluang kerja lulusan arsitek adalah sebagai arsitek, desainer arsitektur, PNS Arsitekur, developer arsitektur,dll. Kamu bisa mengambil jurusan kuliah bidang arsitek di UNTAR, Universitas Timbul Nusantara, UMJ, UI, UPH, dll.

 

5. Desain interior dan eksterior

Gambar: pustakakendee.blogspot.co.id

 

 

Sebuah bangunan membutuhkan sebuah design. Selain ada arsitek yang mendesign bagunan, tapi ada orang bekerja dalam bidang desain interior dan desain ekterior. Desain interior pastinya mendesign bagian dalam ruangan yang terbagi menjadi 3 pekerjaan yaitu interior tetap, interior bergerak, dan interior decoratif. Desain interior harus memiliki imajinasi yang kuat terhadap tata letak yang cocok untuk setiap ruang, warna yang cocok untuk digunakan, aksesoris yang cocok untuk digunakan di ruang tersebut. Sementara desain eksterior bertugas untuk mendesign bagian luar sebuah gedung yang terdiri dari jendela, pagar, cat tembok rumah bagian luar,dll. Jurusan desain interior dan eksterior terdapat di Undip, ITB, UGM, UNS, dll. Pekerjaan dibidang desain interior dan eksterior adalah sebagai designer interior, designer eksterior, konsultan desain interior dan eksterior, dan penulis bidang desain interior dan eksterior.

 

6. Desain produk

Gambar: www.ceritadesain.com

 

 

Desain produk adalah pekerjaan yang berhubungan dengan mendesain sebuah produk. Lebih terfokus dalam mendesain sebuah kemasan produk. Tentunya kemasan yang dibuat harus kreatif, unik, menarik, dan lucu yang membuat tampilannya diminati oleh banyak orang. Belajar desain produk menggunakan alat bantu komputer. Kemudian juursan desain produk bisa termasuk ke dalam bagian design grafis dan DKV. Dimana sih juursan desain produk yang bagus? Kamu bisa menemukannya di beberapa perguruan tinggi seperti ITB, Universitas Paramadina, Universitas Trisakti, UPH, ITS, dll.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

7. Fashion design

Gambar:pathwaytoaus.com

 

 

Untuk jurusan yang kali ini jarang sekali yang minat. Fashion design bisa digeluti oleh kamu hawa dan kaum adam. Namun, kaum hawalah yang paling banyak meminati jurusan ini. Kalau kamu udah jago desainnya bisa sampai ke dunia internasional loh. Untuk menjadi seorang fashion designer harus bisa mendesain pakaian, mengetahui motif apa yang cocok, jenis bahan pakaian yang bagus dan berkualitas, dan fashion apa yang lagi ngetrend-ngetrendnya.

 

Baca juga

Share this!

3 thoughts on “Daftar Jurusan Bidang Desain dan Mutimedia Beserta Perguruan Tingginya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *