Ini Kegiatan yang Bisa Dilakukan Setelah Selesai SBMPTN!

Tepat pada hari ini calon mahasiswa Indonesia menempuh ujian SBMPTN 2017. Setelah ujian berakhir pasti ada banyak waktu kosong bagi kamu untuk menunggu pengumuman kelulusannya. Takut dan deg-deggan ya? Pasti itu. Sembari menunggu pengumuman kelulusan SBMPTN yuk lakukan kegiatan-kegiatan ini!

 

1. Renungkan kekurangan dan kesalahan yang kamu lakukan menjelang dan pada saat ujian SBMPTN berlangsung

Gambar: adeandinii.blogspot.co.id

 

 

Sikap mawas diri harus kamu miliki dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Setelah selesai ujian SBMPTN, takalah renungkanlah apa yang sudah kamu lakukan menjelang dan pada saat ujian SBMPTN berlangsung. Renungkan kesalahan-kesalahan dan kekurangan apa yang kamu alami selama menjelang SBMPTN dan pada saat ujian SBMPTN. Merenung bertujuan agar kamu bisa memperbaiki segala kesalahan dan kekurangan yang kamu lakukan baik secara sengaja maupun tidak sengaja supaya kedepannya menjadi lebih baik lagi.

 

2. Berdoa

Gambar: www.annida-online.com

 

 

Jangan lupa untuk terus ingat Tuhan. Berdoalah dengan mengucapkan syukur bahwa kamu telah selesai menghadapi lika-liku SBMPTN dan selesai menghadapi ujian SBMPTN. Doa-doa aja supaya hasilnya tidak mengecewakan. Walaupun dikecewakan kamu masih bisa melakukan hal lain yang bisa membuat kamu menjadi lebih sukses lagi di kemudian hari. Berdoa juga tidak hanya mengucap syukur karena sudah selesai ujian SBMPTN tapi berdoalah ketika menunggu pengumuman kelulusan diumumkan dan berdoalah jika kamu lolos atau gagal.

Baca juga: Tips dan Trik Menghadapi Ujian SBMPTN

 

3. Cari informasi perguruan tinggi lain buat berjaga-jaga kalau gagal SBMPTN

Gambar: bicaraperpustakaan.com

 

 

SBMPTN jangan dijadikan patokan bagi kamu untuk masuk ke PTN incarakan kamu. Masih ada cara-cara lain untuk kamu masuk ke PTN incaran kamu. Setelah selesai ujian SBMPTN pasti ada kebimbangan, keraguan, dan ketakutan yang melanda. Kira-kira lulus atau gak yah. Selow aja. Sembari menunggu pengumunan SBMPTN, kamu bisa memanfaatkan waktu yang ada untuk mencari-cari informasi perguruan tinggi lain buat berjaga-berjaga kalau ternyata kamu gak lolos SBMPTN. Kamu bisa cari perguruan tinggi negeri lain yang menyediakan jalur mandiri atau cari informasi perguruan tinggi swasta. Sebelum mendaftarkan diri, datangi kampus tersebut untuk nanya-nanya informasi lebih jelasnya. Sudah paham dengan info-infonya tahan dulu untuk langsung mendaftarkan dirimu tapi dipertimbangkan dahulu. Kalau cocok yah daftar, kalau gak cocok cari lagi yang lain.

 

4. Setelah mencari dan mendaftar ke perguruan tinggi lain jangan lupa untuk belajar

Gambar: blog.sukawu.com

 

 

Kalau udah mendaftarkan diri ke perguruan tinggi lain janganlah lupa sama jadwal penting selanjutnya terutama jadwal tesnya kalau kamu ikut ujian masuk tertulis. Buat semua jadwal-jadwal penting dari perguruan tinggi tersebut dengan menggunakan Google Calender atau menggunakan media lainnya yang bisa kamu manfaatkan untuk membuat jadwal penting. Perlu loh biar gak kelupaan. Sebelum waktunya ujian tertulis, persiapkan dirimu baik-baik untuk belajar persiapan masuk perguruan tinggi jalur mandiri maupun perguruan tinggi swasta. Bahan ajar dan materi yang bisa kamu gunakan untuk belajar seperti; soal-soal latihan SBMPTN, soal-soal latihan tryout, soal-soal latihan UN, soal-soal latihan masuk perguruan tinggi, dan bisa juga belajar dari soal-soal latihan waktu zaman kamu sekolah. Tidak hanya belajar dari latihan soal saja tapi harus memperbanyak ilmu pengetahuan lainnya seperti; teknologi, hukum, politik, dll karena dalam ujian nanti akan ada soal tambahan mengenai pengetahuan-pengetahuan umum.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

5. Liburan dan refreshing

Gambar: www.youngnesia.com

 

 

Gak usah pusing dan terlalu memikirkan hasil kelulusan SBMPTN. Terlalu pusing dan terlalu dipikirin bisa jadi stress loh lama-lama. Yakin aja kalau kamu pasti lolos SBMPTN. Waktu kan masih panjang dan banyak nih, lepaskan beban pikiranmu dengan pergi liburan dan refreshing. Pergi liburan gak usah yang jauh-jauh yang penting bisa menghilangkan beban pikiranmu dan biayanya sesuai dengan budget. Refreshing juga bisa kok kamu lakukan bagi kamu yang males pergi berlibur. Bahkan refreshing itu biayanya jauh lebih murah daripada pergi liburan. Refreshing bisa dilakukan dengan bermain games, jalan-jalan ke mall, dan nongkrong bareng teman / pacar / keluarga kamu.

Tetap semangat dan harus yakin bahwa kamu bisa lolos SBMPTN tahun ini. Gagal pun masih ada banyak kesempatan buat kamu.

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Ini Kegiatan yang Bisa Dilakukan Setelah Selesai SBMPTN!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *