Tips dan Trik Menghadapi Ujian SBMPTN

Besok ujian SBMPTN serentak dilaksanakan di beberapa tempat loh. Yang sudah siap mana suaranya? Takut gagal pasti ada kok. Kamu harus yakin kalau kamu bakal lolos SBMPTN. Nih, tips dan trik menghadapi ujian SBMPTN!

 

1. Review ulang apa yang telah kamu pelajari

Gambar: www.vix.com

 

Setelah melakukan pendaftaran yang kamu lakukan gak jauh-jauh dari belajar materi soal SBMPTN dengan ikut bimbel SBMPTN atau mengerjakan soal-soal latihan SBMPTN. Setelah kamu belajar, tentunya perlu dilakukan review materi soal latihan pada H-2 dan H-1 ujian SBMPTN. Review kembali setiap waktu tapi harus ingat beri jeda untuk istirahatnya. Setidaknya 15- 3o menit waktu istirahat setelah kamu mereview. Beri target waktu berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mereview setiap materi pembelajarannya. Mereview tidak hanya bisa kamu lakukan di rumah saja, bisa kamu lakukan dimana saja asalkan tempatnya tidak membuat kamu merasa terganggu.

 

2. Kenali kembali materi mana yang membuat kamu merasa kekurangan dan kesulitan

Gambar: blog.ruangguru.com

 

 

Selama kamu belajar pasti ada beberapa materi yang membuat kamu merasa kekurangan dan kesulitan bukan? Maka dari itu, kenali kembali materi mana yang membuat kamu merasa kekurangan dan kesulitan. Setelah itu, pada saat mereview cari bagaimana pemecahan masalah pada bagian materi yang sulit. Pelajari dan pahami pemecahan masalahannya. Kemudian, latihan soal kembali. Pasti kamu akan menemukan jenis soal yang sama seperti dengan soal yang membuat kamu merasa kesulitan. Ketika menemukan soal seperti itu lagi, kamu sudah bisa menjawab soal tersebut berdasarkan cara pemecahan masalah yang telah kamu pelajari dan kamu pahami.

 

3. Bawa materi soal SBMPTN untuk dipelajari sebelum masuk ruang ujian

Gambar: www.tokopedia.com

 

 

Jangan lupa ya besok bawa materi soal SBMPTN. Bukan sebagai bahan buat kamu nyontek tapi untuk kamu pelajari sebelum mulai ujian selagi ada waktu. Agar kamu punya waktu buat belajar lagi sebelum masuk ke ruang ujian dan ujian dimulai usahan pada hari H kamu harus bangun dan datang pagi hari untuk mencegah datang terlambat dan kamu pun mempunyai waktu yang cukup untuk belajar lagi. Manfaatkan waktu yang ada untuk belajar lagi deh. Gak perlu melakukan aktifitas lain yang kurang bermanfaat seperti ngobrol atau jalan-jalan di lokasi. Mendingan belajar aja. Belajar jauh lebih penting soalnya.

Baca juga: Hal yang Wajib di Lakukan Menjelang SBMPTN dan Simak Tata Tertibnya

 

4. Baca soal dengan baik dan teliti

Gambar: foto.okezone.com

 

 

Setelah masuk ke dalam ruang ujian kamu dilarang untuk membuka soal ujian sebelum ada aba-aba yang memperbolehkan kamu untuk membuka soal ujian baik ujian tertulis maupun ujian berbasis komputer. Ketika ada aba-aba untuk membuka soal, periksalah terlebih dahulu soal ujianmu dan lebar jawabannya apakah kertasnya ada yang luntur atau sobek, nomor soalnya ngaco apa tidak, dll. Ini berlaku untuk ujian tertulis.Tidak hanya itu, baca dengan baik dan teliti ketentuan dan peraturan mengerjakan soal ujiannya baik tertulis maupun berbasis komputer. Tumbuhkan minat membaca selama ujian berlangsung. Pokoknya selama kamu ingin mengerjakan soal baca baik-baik soalnya dan pahami apa yang dimaksud dari soal tersebut. Jangan lupa untuk teliti dalam menjawab soal di lembar jawaban dan dikomputernya. Jangan sampe deh jawabannya A yang kamu jawab malah C. Pelan-pelan kalau mau lingkarin bulatannya, gak boleh sampai keluar garis atau ampe robek kertasnya.

 

5. Fokus selama mengerjakan soal

Gambar: elshinta.com

 

 

Fokus fokus dan fokuslah selama mengerjakan soal ujian. Hindari bengong-bengong selama mengerjakan tugas. Kalau ada hal yang gak penting yang memecahkan fokus kamu biarin aja. Kerjain aja dulu soal-soalnya. Berhadapan dengan soal yang membuat kamu merasa kesulitan jangan terlalu banyak mikir mendingan loncatin aja soalnya, lanjut ngerjain soal berikutnya. Gak usah ragu-ragu dalam menjawab soal ujiannya. Bengong-bengong, kebanyakan mikir, dan ragu-ragu menjawab soal membuat waktu ujian menjadi terbuang sia-sia.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

6. Periksa kembali semua jawabanmu

Gambar: cbtsbmptn2017.bisnislink.com

 

 

Yakin nih dah selesai ngerjain soalnya? Jangan sombong dulu, mentang-mentang dah selesai ngerjain soal langsung dikumpulin soalnya. Sembari menunggu waktu ujian berakhir, manfaatkan waktu yang masih ada untuk periksa kembali lembar jawabanmu. Siapa tahu masih ada jawaban yang salah atau jawaban yang masih kosong. Terapkan kebiasaan untuk selalu memeriksa jawabanmu. Tidak hanya untuk ujian SBMPTN tapi untuk semua jenis ujian yang kamu hadapi. Telitilah saat memeriksa jawaban, jangan terburu-buru dan gegabah. Untuk ujian berbasis komputer, di bagian monitor diberi tahu tanda mana soal yang sudah dijawab dan mana soal yang belum dijawab. Setelah mengklik jawaban di layar monitor kamu tetap bisa mengganti jawabannya.

Mudahkan untuk melakukan ini. Tips dan trik ini berlaku untuk kamu yang mengikuti ujian SBMPTN baik tertulis maupun berbasis komputer. Semangat buat kamu para pejuang SBMPTN!

Baca juga

Share this!

One thought on “Tips dan Trik Menghadapi Ujian SBMPTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *