Hal yang Wajib di Lakukan Menjelang SBMPTN dan Simak Tata Tertibnya

Guys, bentar lagi ujian SBMPTN nih. Udah pada siap belum nih. Harus udah pada siap dong. Waktunya tinggal sedikit lagi untuk kamu mempersiapkan segala sesuatunya. Baik untuk kamu yang mengikuti ujian tertulis maupun ujian berbasis komputer sama-sama harus dipersiapkan. Yakin nih kamu udah siap ikut ujian SBMPTN? Coba lakukan hal-hal wajib ini menjelang ujian SBMPTN dan tentunya simak baik-baik tata tertib yang wajib kamu patuhi selama mengikuti proses ujian SBMPTN!

 

1. Pelajari kembali apa yang telah kamu pelajari

Gambar: video.quipper.com

 

 

Belajar tidak hanya sekali untuk dilakukan. Biasakanlah dirimu untuk belajar berkali-kali. Menjelang SBMPTN kamu wajib mereview kembali apa yang telah kamu pelajari selama ini lewat latihan soal SBMPTN di buku ataupun secara online. Mereview atau mengulang kembali bertujuan agar kamu tidak cepat lupa terhadap semua yang telah kamu pelajari. Reviewlah latihan SBMPTN secara terus menerus agar pada saat hari H ujian SBMPTN, kamu tidak merasa kesusahan dan kebingungan dalam menjawab soal-soal SBMPTN yang disediakan nanti. Soal-soal SBMPTN pada hari H tidak beda jauh dari latihan soal yang kamu pelajari selama ini. Peraturan mengerjakan soalnya udah pada tahu belum? Peraturan mengerjakan soal SBMPTN baik yang berbasis komputer mau tertulis adalah nilai dengan jawaban benar adalah +4, nilai dengan jawaban salah adalah -1, dan nilai untuk jawaban kosong adalah 0.

 

2. Survei  tempat

Gambar: www.masukuniversitas.com

 

 

Sebelum hari H setidaknya H-2 atau H-1 ujian SBMPTN cobalah untuk mengunjungi lokasi ujianmu. Mengunjungi lokasi ujian bertujuan untuk mengetahui lokasi ujiannya yang mana dan waktu yang dibutuhkan untuk tiba di lokasi berapa lama. Hitung-hitung untuk memperkirakan jam berapa kamu sudah harus berangkat dan tiba di lokasi ujianmu. Misalnya, waktu berkunjung ke lokasi kamu membutuhkan waktu satu jam. Berarti pada hari H kamu sudah bisa memperkirakan pada pukul berapakah kamu sudah harus berangkat dari rumah dan pada pukul berapakah kamu sudah harus tiba di lokasi,. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya datang terlambat.

 

3. Mempersiapkan alat tulis serta berkas-berkas yang dibutuhkan

Gambar: www.tokopedia.com

 

 

Baik ujian tertulis maupun ujian berbasis komputer keduanya sama-sama membutuhkan alat tulis. Persiapkan alat tulis dari hari sebelum ujian SBMPTN jangan pada saat hari H segala alat tulis baru mulai dipersiapkan. Periksa kembali apakah alat tulis yang kamu miliki itu sudah siap dan lengkap belum. Alat tulis yang wajib kamu miliki adalah pensil 2B, pulpen berwarna hitam, penggaris, penghapus, dan rawutan. Jika alat tulismu belum lengkap, segeralah untuk membeli alat tulis yang kamu butuhkan untuk dibawa pada saat hari H. Selain alat tulis kamu juga harus mempersiapkan berkas-berkas yang akan kamu bawa pada saat hari H. Kalau alat tulismu dan berkas-berkas yang dibutuhkan sudah siap dan lengkap lebih baik langsung dimasukan ke dalam tasmu di malam harinya supaya keesokan harinya pada saat hari H kamu tinggal periksa kembali ada yang kurang dan ada yang ketinggalan apa gak.

 

4. Jagalah kesehatanmu

Gambar: www.muslimdaily.net

 

 

Yang paling penting dan paling utama hal yang harus kamu jaga adalah kesehatanmu. Gak mau kan udah mau ujian SBMPTN tiba-tiba kamu sakit dan gak konsentrsi beuat ngerjain soalnya. Yang paling fatal sakit ampe gak bisa datang buat ikut ujian SBMPTN. Tips agar kesehatan kamu tetap terjaga selama menjelang SBMPTN dan masa-masa SBMPTN yaitu; makan makanan yang bergizi seperti sayur-sayuran dan buah-buahan, hindarilah makan makanan yang mengandung minyak berlebih, istirahatlah yang cukup, perbanyak minum air putih, jangan lupa olahraga, jangan sampai telat makan, dan yang tidak kalah penting adalah minum vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh kamu biar gak cepet lelah dan sakit. Ingat, kalau belajar harus selalu ingat waktu. Jangan belajar dengan waktu yang berlebihan ya!

Baca juga: Kebiasaan Ini Ternyata Tindakan Korupsi di Kalangan Pelajar dan Mahasiswa

 

5. Berdoa dan minta restu orangtuamu

Gambar: www.naz2khtar.blogfa.com

 

 

Usaha tidak akan berbuah manis tanpa sebuah doa. Keberhasilan Tuhan yang memberi dan kegagalan Tuhan juga yang memberi. Buat apa berusaha keras tanpa dibantunya sebuah doa. Berdoalah sebelum dan sesudah belajar serta berdoalah sebelum mengerjakan soal ujian. Tidak hanya usaha dan doa yang dapat memberikan keberhasilan untuk kamu tapi restu dari orangtuamu pasti menyimbangi usaha dan doa yang kamu lakukan. Sebelum berangkat ke lokasi ujian jangan lupa untuk berdoa dan minta restu orangtua baik restu kepada ibumu, restu kepada Bapakmu, atau restu kepada Bapak Ibumu. Apapun keinginan kamu di dalam doa pasti akan dikabulkan oleh Tuhan asalkan berdoanya dengan rajin, tekun, dan dengan iman yang sepenuh hati yang paling dalam.

 

Tata tertib yang harus dipatuhi oleh peserta SBMPTN:

 

1. Datang ke lokasi ujian minimal 30 menit sebelum ujian dimulai

Gambar: haniefsuryop.blogspot.co.id

 

 

Tata tertib pertama yang wajib kamu patuhi selama ujian SBMPTN adalah kamu wajib datang ke lokasi ujian minimal 30 menit sebelum waktu ujian yang ditentukan berjalan. Biasakan dirimu untuk mendisiplinkan waktu yang ada. Jangan waktu yang mengatur kamu tapi kamu yang harus bisa mengatur waktu dengan baik. Tidak bisa mengatur waktu sama dengan tindakan korupsi waktu. Bagaimana supaya gak datang terlambat? Bangunlah pagi-pagi. Habis bangun jangan melakukan kegiatan yang lain yang justru membuat kamu semakin datang terlambat. Kalau gak bisa bangun pagi nyalain jam waker dengan suara yang kencang biar kamu bisa langsung bangun tanpa harus dibangunin orang rumah. Akibat yang akan kamu rasakan jika kamu datang terlambat adalah kamu tidak diberikan perpanjangan waktu. Selesai tidak selesai jawaban sudah harus dikumpulkan ke pegawas. Kalau mau terlambat, terlambat tuh yang sewajarnya aja deh. Tapi usahakan untuk tidak datang terlambat.

 

2. Wajib membawa berkas-berkas dan alat tulis yang dibutuhkan

Gambar: www.e-sbmptn.com

 

 

 

 

Yang kedua pada hari H kamu harus membawa berkas-berkas yang dibutuhkan seperti ijazah, surat keterangan lulus, kartu tanda peserta, kartu ujian,  serta yang tidak kalah penting adalah wajib membawa alat tulis. Jika kamu tidak membawa kartu peserta ujian dan berkas-berkas lainnya kamu wajib melapor pada pihak ujian. Satu lagi nih, kalau kamu gak bawa alat tulis kamu wajib mencari alat tulis yang dibutuhkan sampai dapat. Garis keras dilarang untuk meminjam alat tulis ke peserta lainnya. Jika ternyata ada peserta lain yang tidak membawa alat tulis, kamu juga tidak boleh meminjamkannya kepada peserta tersebut karena ada larang untuk tidak saling pinjam meminjam alat tulis.

 

3. Dilarang membawa kalkulator, tabel periodik, handphone , dan berbagai bentuk catatan ke dalam ruang ujian

Gambar: elektronikgadget.com

 

 

Anda benda-benda yang dilarang untuk kamu bawa ke dalam ruang ujian. Benda-benda tersebut antara lain; kalkulator, tabel periodik , handphone, dan berbagai bentuk catatan. Yang diperbolehkan kamu bawa ke dalam ruang ujian adalah kartu tanda peserta, kartu ujian,  dan alat tulismu. Hal ini dimaksudkan dan bertujuan untuk menhindari suatu tindakan yang tidak diinginkan seperti tindakan contek menyontek. Kamu gak perlu menyiapkan lembaran kertas untuk coret-coretan karena kamu akan disediakan lembaran kertas coretan untuk hitung-menghitung nanti. Jika dilanggar, kamu akan diberikan sanksi dengan barang yang kamu bawa ke dalam ruangan akan diambil oleh pengawas ujian dan kalau ketahuan menyontek akan didiskualifikasikan sebagai peserta ujian SBMPTN.

 

4. Dilarang membuka soal ujian sebelum ada aba-abanya

Gambar: www.merdeka.com

 

 

Setelah masuk kedalam ruang ujian kamu juga dilarang untuk tidak membuka lembar soal dan langsung mengerjakan soal tersebut. Kamu baru diperbolehkan untuk membuka dan mengerjakan soal ketika ada aba-aba yang menandakan bahwa kamu sudah diperbolehkan untuk membuka dan mengerjakan soal ujian tersebut. Lebih baik tunggu aba-abanya aja dulu daripada kamu diomelin ama pengawas dan kena sanksi.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

5. Dilarang masuk dan keluar dari ruang ujian sebelum ada aba-abanya

Gambar: oto.okezone.com

 

 

Nah, ada larangan untuk tidak masuk dan keluar dari ruang ujian sebelum ada perintah atau aba-aba yang menandakan bahwa kamu sudah diperbolehkan untuk memasuki dan keluar dari ruang ujianmu. Hal yang memperbolehkan kamu untuk keluar dari ruang ujian adalah ketika kamu ingin izin untuk pergi ke toilet atau WC, selain itu tidak diperbolehkan. Sebaiknya selama kamu ada di dalam ruang ujian dan kamu sudah selesai mengerjakan soal ujian, untuk kamu yang mengerjakan soal ujian tertulis periksalah kembali jawaban yang kamu berikan itu. Periksa apakah masih ada jawaban yang kosong atau masih ada jawaban yang salah. Jangan lupa untuk selalu teliti membaca soal yang diberikan, teliti membaca cara pekerjaan soal, dan teliti juga dalam membaca peraturan soal yang diberikan. Kesalahan sedikit bisa berakibat fatal.

SBMPTN itu peraturannya ketat banget loh. Kalau ada peraturan yang kamu langgar bisa langsung dikenai sanksinya. Tata tertib SBMPTN tidak hanya ada itu saja masih ada yang lainnya juga. Untuk mengetahui tata tertib SBMPTN lebih lanjut silahkan klik di www.sbmptn.ac.id!

 

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Hal yang Wajib di Lakukan Menjelang SBMPTN dan Simak Tata Tertibnya

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *