Serba-Serbi Jurus Kuliah dalam bidang Kesehatan

Jurusan kesehatan merupakan jurusan perkuliah yang paling banyak peminatnya baik di perguruan tinggi swasta maupun perguruan tinggi negeri. Prospek kerja untuk lulusan kesehatan cukup menjanjikan loh. Buat kamu yang mempunyai passion serta minat dengan hal-hal yang berhubungan dengan kesehatan, slihkan simak disini jurusan kuliah dalam bidang kesehatan beserta nama perguruan tingginya!

 

1. Kedokteran

Gambar: blog.ruangguru.com

 

 

Kedokteran merupakan jurusan yang paling banyak diminati di suatu perguruan tinggi baik swasta maupun negeri. Untuk masuk ke jurusan ini sangatlah susah. Hanya orang-orang beruntung yang dapat masuk ke jurusan ini. Jurusan kedokteran memiliki daya saing yang sangat besar. Waktu perkuliahannya pun bisa sangat lama tergantung jenis kedokterannya yaitu dokter umum atau dokter spesialis. Dokter spesialis waktu kuliahnya lebih lama dari pada dokter umum. Apa yang dipelajari selama kuliah kedokteran? Selama menjalani kuliah kedokteran kamu akan mempelajari tentang biologi, fisika, kimia, obat-obatan, bahasa latin, dll. Peluang kerja pada jurusan kedokteran adalah dokter umum, dokter spesialis, pemilik rumah sakit, manajer rumah sakit, dokter publik, dan dokter peneliti. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan kedokteran antara lain; UI, UGM, Ukrida, Trisakti, Universitas Brawijaya, Universitas Hassadunin, Univeristas Diponegoro, Universitas Sebelas Maret, Universitas Lampung, dll.

 

2. Keperawatan

Gambar: kukabarin.blogspot.co.id

 

 

Dalam menjalankan tugasnya dokter memiliki seorang perawat sebagai asistennya. Buat kamu para cewe kamu bisa mengambil jurusan keperawatan. Yang dipelajari selama perkuliah gak jauh-jauh dari ilmu bagaimana cara merawat pasien yang sedang sakit. Apa yang dipelajari pada jurusan keperawatan tidak sesusah dengan apa yang dipelajari pada jurusan kedokteran. Pelajaran tentang merawat pasien yang sakit terdiri dari cara menyuntik, cara memandikan pasien, cara mengecek tensi darah, dll. Bidang jurusan keperawatan terdiri dari dua bidang yaitu ilmu keperawatan dan profesi keperawatan. Peluang kerjanya adalah sebagai perawat di rumah sakit dan di instansi kesehatan lainnya seperti di klinik, di puskesmas, dan di posyandu. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan keperawatan antara lain; Universitas Sumatera Utara, Universitas Riau, UNPAD, UIN Syarief Hidayatullah, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Universitas Patria Artha Makassar, dll.

 

3. Bidan

Gambar: www.hipwee.com

 

 

Ada yang tahu apa bedanya bidan sama dokter? Bidan sama dokter itu berbeda ya. Bidan lebih ke merawat ibu dan anak. Sementara dokter lebih ke menyembuhkan pasien mulai dari bayi sampai orang tua. Pembelajarannya lebih terarah ke kesehatan ibu yang baru melahirkan serta anaknya. Tugas-tugas seorang bidan adalah membantu ibu yang sedang melahirkan dan merawat kesehatan ibu dan anak yang baru dilahirkannya. Selain sebagai tenaga medis yang membantu ibu yang melahirkan serta merawatnya, seorang bidan juga berperan seperti layaknya seorang perawat di rumah sakit, di klinik, di puskesmas, dan di posyandu. Peluang kerjanya adalah sebagai bidan dan spesialis perawat klinis. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan bidan antara lain; sekolah kebidanan RS.Fatmawati, Universitas Muhammadiyah Jakarta, UI, Akademi kebidanan Muhammadiyah Rumah Sakit Islam Jakarta, Midwifery Academy Bandung, dll.

Baca juga: Perhatikan disini Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin!

 

4.ilmu gizi

Gambar: www.kompasiana.com

 

 

Jurusan ilmu gizi memiliki peluang kerja sebagai pegawai BPOM, ahli gizi, konsultan gizi, dan badan ketahan pagan. Setiap perusahaan yang memproduksi makanan dan minuman pasti memiliki seorang ahli gizi. Mendengar kata ilmu gizi sudah dipastikan bahwa ilmu gizi adalah ilmu yang berhubungan dengan pagan alias makanan. Akan tetapi jurusan ilmu gizi tidak hanya terfokus pada pagan saja tapi terfokus pada hal apa saja yang dibutuhkan oleh tubuh manusia, dll. Bidang ilmu gizi harus mengerti dengan materi pembelajaran yang berhubungan biologi dan kimia. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan ilmu gizi antara lain; sekolah tinggi ilmu kesehatan Alma Ata Yogyakarta, Universitas Dhyana Pura, Universitas Esa Unggul, dll.

 

5. Farmasi

Gambar: unycommunity.com

 

 

Orang yang membuat obat dan meracik obat disebut dengan farmasi. Jurusan farmasi tentunya berhubungan dengan obat-obatan baik obat kimia maupun obat herbal. Untuk mengambil jurusan farmasi, kamu harus bisa mengerti materi pembelajaran yang berhubungan dengan matematika, biologi, fisika, dan kimia. Lulusan farmasi tidak hanya bekerja sebagai farmasi yang membuat dan meracik obat tapi lulusan farmasi juga bisa bekerja sebagai aptoteker, departemen kesehatan, peneliti bahan-bahan kimia, kosmetika, dll. Sebagai lulusan farmasi, kamu juga harus bisa membaca tulisan dokter loh. Tapi tenang aja, pada saat kuliah nanti kamu juga akan diajarkan bagaimana cara membaca tulisan dokter. Selain mempelajari tulisan dokter, jurusan farmasi mempelajari jenis-jenis obat dan kegunaannya, kandungan yang ada di obat, bagaimana cara membuat dan meracik obat, dll. Perguruan tinggi dengan jurusan farmasi antara lain; Universitas Pancasila, ITB, UI, UGM, Univeristas Tanjung Pura, Univeristas Pulawarman, dll.

 

6. Ilmu kesehatan masyarakat

Gambar: www.jurusankuliah.net

 

 

Jurusan ini ada hubungannya dengan sosial antara kamu dengan masyarakat sekitar. Bekerja di bidang ilmu kesehatan masyarakat kerjanya selalu kerja di lapangan dan bertemu dengan masyarakat luas. Ilmu kesehatan mempelajari bagaimana cara mencegah penyakit, apa penyebab penyakit, bagaimana cara menjaga kesehatan, pokoknya hal-hal lain yang berhubungan dengan kesehatan dan lingkungan. Pada saat kerja praktek, kamu akan melakukan penyuluhan ke berbagai daerah dan pelosok untuk menerapkan kesehatan dan kebersihan yang sebagaimana mestinya dilakukan terhadap diri sendiri dan terhadap lingkungan sekitar. Jurusan ilmu kesehatan masyarakat memiliki peluang kerja sebagai badan penyuluhan masyarakat, ahli statistik kesehatan, ahli gizi masyarakat, petugas keselamatan dan kesehatan kerja, administrator kesehatan, dll. Perguruan tinggi dnegan jurusan ulmu keseharan masyarakat antara lain; Universitas Hasadunin, Universitas Airlangga, Univeristas Siliwangi, Universitas Cenderawasih, dll.

 

7. Radiologi

Gambar: www.zetizen.com

 

 

Radiologi adalah suatu bagian terpenting dari kesehatan yang bertugas dan berperan aktif untuk memeriksa bagian organ dalam tubuh untuk mendiagnosis suatu penyakit yang terdapat di bagian tubuh manusia yang diperiksa. Proses radiologi adalah sinar cahaya yang merupa teknologi akan memfoto bagian tubuhmu yang ditunjukan. Kemudian hasilnya akan keluar berupa foto film berwarna hitam yang ada bagian organ tubuhmu tadi. Setelah itu, hasil dari foto film tersebut akan diserahkan ke dokter untuk didiagnosa penyakitnya. Peluang kerja untuk lulusan radiologi ini adalah sebagai seorang tenaga radiografer di berbagai instansi kesehatan. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan radiologi antara lain; D4 Teknik Radiologi Poltekkes Kemenkes RI Jakarta, ATRO STIKES Cirebon, ATRO Universitas Baiturrahmah Padang, dll.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

8. Rekam medis

Gambar: kukau.blogspot.co.id

 

 

Jurusan ini mempelajari tentang cara mengurusi dan mengelola data-data pasien, mempelajari kode-kode rekam medis, pokonya yang berhubungn dengan data pasien yang berobat di sebuah instansi kesehatan. Menjadi seseorang yang bekerja di bagian rekam medis harus dapat menjaga kerahasian data pasien dan harus teliti. Mata kuliah yang dipelajari di jurusan rekam medis adalah administrasi kesehatan, biostatistika, bahasa inggris kesehatan, basis data, ilmu penyakit dan lab kesehatan, dll. Bagian rekam medis sangat dibutuhkan untuk setiap instansi kesehatan yang ada. Lulusan jurusan rekam medis adalah sebagai tenaga rekam medis di instansi kesehatan. Perguruan tinggi yang menyediakan jurusan rekam medis antara lain; Politeknik Negeri Jember, Poltekkes Kemenkes Semarang, Universitas Dhyana Pura Bali, Universitas Esa Unggul Jakarta, dll.

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Serba-Serbi Jurus Kuliah dalam bidang Kesehatan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *