Perhatikan disini Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin!

Menjadi pemimpin harus berasal dari diri sendiri dan bisa dilatih secara mandiri. Pemimpin tidak hanya berbicara saja tapi harus ada campur tangannya terhadap lingkungan sekitar. Pemimpin yang baik dan hebat menciptakan hasil yang baik dan hebat pula. Berikut kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang pemimpin agar terciptanya hasil yang baik!

 

1. Mengatur dan membimbing

Gambar: indonesiana.tempo.co

 

 

Tugas yang paling utama dan paling penting untuk dilakukan oleh seorang pemimpin adalah mengatur dan membimbing. Tentunya seorang pemimpin harus memiliki kemampuan mengatur dan membimbing bawahannya dengan baik. Mengatur dengan memberikan peengarahkan kepada masing-masing anggota ke dalam hal yang seharusnya untuk dilakukan. Kemudian membimbing masing-masing anggota bagaimana cara yang baik, benar, dan tepat untuk melakukan sesuatu yang dikerjakan oleh setiap masing-masing anggotanya. Tidak hanya bisa mengatur dan membimbing bawahannya tapi sebagai pemimpin kamu juga harus bisa mengatur dan membimbing dirimu sendiri. Mengatur kapan kamu harus bertindak, mengatur apa yang boleh dan tidak boleh kamu lakukan dll. Jadi, yang kamu atur dan bimbing bukan saja bawahan kamu tapi juga dirimu sendiri karena yang bekerja adalah kamu dan bawahanmu.

 

2. Berjiwa optimis

Gambar: www.sepositif.com

 

 

Jiwa optimis adalah jiwa yang memiliki keyakinan terhadap segala sesuatu yang akan dikerjakan secara senang untuk mendatangkan harapan yang baik. Ciri-ciri pemimpin yang memiliki jiwa optimis adalah pemimpin yang tidak pernah ragu-ragu dan selalu percaya diri terhadap keputusan dan terhadap apa yang ia kerjakan. Di mata para pemimpin apapun itu resiko yang terpenting harus optimis bukan pesimis. Pesimis adalah tindakan mudah menyerah dan tidak percaya diri terhadap segala keputusan dan pekerjaan yang ia lakukan. Pesimis sama dengan tanda tak mampu sedangkan. Pemimpin yang berjiwa optimis selalu yakin bahwa dia bisa melakukannya.

 

3. Peka terhadap lingkungan sekitar

Gambar: rahmamia.wordpress.com

 

 

Dimulai dari perkara kecil dan berujung pada perkara besar yang akan dihadapi di lingkungan sekitar secara sadar maupun tidak secara sadar. Sebagai pemimpin, kamu harus memiliki kemampuan peka terhadap lingkungan sekitar kamu. Jika terjadi sebuah permasalahan (perkara), kamu harus langsung peka kemudian merespon permasalahan tersebut. Merespon harus dimulai dari permasalahan kecil. Jika tidak ada respon sama sekali maka kamu akan dinyatakan sebagai pemimpin yang tidak peka sama sekali. Permasalahan kecil saja tidak ada kepekaan dan respon apalagi kalau terjadi permasalah yang besar sekalipun. Dari masalah kecil bisa menjadi masalah besar dan menjadi masalah yang sangat besar.

Baca juga: 9 Dokumen yang Harus Dipersiapkan untuk Studi Ke Luar Negeri

 

4. Mampu berkomunikasi dengan baik

Gambar: anuvrat.info

 

 

Seorang pemimpin harus memiliki kemampuan dalam berkomunikasi. Kemampuan berkomunikasi haruslah yang baik secara teknis maupun non teknis. Komunikasi yang baik bisa dilihat dari cara penyampaiannya mudah dimengerti atau tidak , gaya bahasanya berantakan apa tidak, bahasa yang digunakannya sopan atau tidak, dll. Tidak hanya pemimpin, orang lain yang memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik pasti tahu betul bagaimana cara memberikan penyampaian yang baik dan benar itu seperti apa, gaya bahasa yang seharusnya seperti apa, cara berbicara yang sopan itu seperti apa, dll. Jangan sampai apa yang dibicarakan tidak dimengerti oleh pendengarnya dan terjadi salah paham.

 

5. Bisa membangun tim yang baik

Gambar: danangsigitpamungkas.wordpress.com

 

 

Lingkungan sekitarmu adalah tim kamu. Untuk itu bangunlah timmu sebaik mungkin. Tim yang baik adalah hasil dari campur tangan pemimpin yang baik pula. Tim kerja dibentuk oleh para pemimpin karena pemimpinlah yang mempunyai kekuasa terhadap timnya. Membangun tim yang baik dengan cara saling bekerjasama dan menjaga kekompakan satu sama lain serta saling melengkapi kelebihan dan kekurangan satu sama lain. Penyebab tim yang kurang baik tidak hanya dari kesalahan anggota timnya tapi pemimpinnya juga pasti melakukan kesalahan yang menimbulkan tim yang kurang baik.

 

6. Kreatif

Gambar: wartakesehatan.com

 

 

Kreatif adalah kemampuan yang tentunya harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Kreatif dalam hal mengutarakan ide, memecahkan berbagai permasalahan, dan melaksanakan pekerjaan. Kemampuan yang kreatif dibutuhkan untuk memajukan pekerjaan. Kemampuan kreatif yang dimiliki seorang pemimpin tidak hanya perbuatannya tapi pikiran dan perkataannya juga harus kreatif.

 

7. Mawas diri

Gambar: selaseptian020.blogspot.co.id

 

 

Menurut kamus bahasa indonesia mawas diri adalah tindakan melihat diri sendiri secara jujur alias sadar terhadap diri sendiri. Sikap mawas diri dilakukan dengan melihat apa yang salah terhadap diri kita. Sikap mawas diri lebih identik dengan tindakan intropeksi diri. Seketika kamu berbuat kesalahan atau terjadi sebuah masalah kamu harus mengintropeksi diri kenapa bisa begini kenapa bisa begitu. Renungkanlah dan cari solusinya untuk perbaikinya agar menjadi lebih baik lagi. Kemampuan mawas diri diperlukan agar kamu tidak melakukan kesalahan yang sama. Pemimpin yang mawas diri akan selalu mengintropeksi diri setelah mengerjakan segala sesuatu dan setelah terjadi sebuah kesalahan demi tidak melakukan perbuatan yang sama.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu hanya di edumor.com!

 

8. Social skill

Gambar: spotlightsocialskills.com

 

 

Social skill adalah kemampuan dalam menjalani hubungan antara kamu dengan lingkungan sekitarmu. Social skill dilakukan dengan menggunakan teknik berperilaku yang positif antara lain modelling, bermain peran, dan umpan balik terhadap apa yang dikerjakan. Pemimpin harus memiliki social skill untuk diri sendiri dan untuk sekitarnya. Jika kamu ingin terciptanya lingkungan yang positif kamu pun sebagai pemimpin harus memiliki social skill yang positif juga.

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Perhatikan disini Kemampuan yang Harus Dimiliki Seorang Pemimpin!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *