9 Dokumen yang Harus Dipersiapkan untuk Studi Ke Luar Negeri

Dokumen merupakan hal yang paling terpenting untuk dimiliki dan dipersiapkan untuk studi ke luar negeri. Setiap universitas memiliki syarat yang harus dipenuhi untuk studi disana. Jika, ada dokumen yang kurang atau tidak terpenuhi bisa berakibat fatal. Sudahkah kamu memiliki dan mempersiapkan dokumen-dokumen untuk studi ke luar negeri. Di bawah ini adalah dokumen-dokumennya:

 

1. Ijazah dan transkrip nilai

Gambar: www.transferiority87.com

 

 

Ijazah dan transkip sangatlah dibutuhkan untuk kamu yang ingin kamu studi di luar negeri baik lewat jalur beasiswa maupun non beasiswa. Ijazah dan transkrip nilai yang dibutuhkan adalah ijazah dan transkrip nilai yang sudah dalam bentuk bahasa inggris karena bahasa inggris adalah bahasa utama yang digunakan di luar negeri. Kamu perlu memfoto copy ijazah dan transkrip nilai tersebut dan juga jangan lupa untuk meminta dilegalisir. Legalisir bertujuan sebagai alat pengesahan dari ijazah dan transkrip nilai yang telah difoto copy. Dengan adanya legalisir, sudah dinyatakan bahwa ijazah dan transkrip nilai yang telah difoto copy dianggap asli. Kalau ijazah dan transkrip nilai yang sudah difoto copy namun tidak dilegalisir tidak bisa dipastikan bahwa foto copy ijazah dan transkrip nilainya berasal dari ijazah dan transkrip nilai yang asli.

 

2. LOA

Gambar: www.graham-leach.com

 

 

Apa itu LOA? Apakah kamu pernah dengar LOA? LOA merupakan singkatan dari Letter of Acceptance. LOA adalah surat yang diberikan kepada kamu yang menyatakan bahwa kamu telah berhasil diterima untuk melakukan studi di Universitas yang kamu tunjukan. LOA yang bisa kamu dapatkan adalah LOA Conditional yang kemudian akan berubah menjadi LOA Unconditional. Apa itu LOA Conditional dan LOA Unconditional? LOA Conditional adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa kamu telah diterima di sebuah univeristas dan kamu masih belum memenuhi segala persyaratan yang diminta oleh universitas tersebut. Sedangkan, LOA Unconditional adalah surat keterangan yang menyatakan bahwa kamu telah diterima di sebuah universitas dan kamu sudah memenuhi segala persyaratan yang diminta oleh universitas tersebut. LOA bisa berlaku untuk studi lewat jalur beasiswa, bisa untuk studi lewat jalur non beasiswa.

 

3. Essay dan CV

Gambar: www.apptiled.com

 

 

Bagi yang mengikuti program beasiswa untuk kuliah di luar negeri, kamu harus mempersiapkan essay dan CV. Essay dan CV yang kamu buat harus menggunakan bahasa inggris. Essay yang dibuat isinya mengenai kontribusi apa yang akan kamu lakukan, mengapa kamu ingin mendapatkan beasiswa tersebut, dll. Untuk CV yang kamu buat dibuatnya seperti kamu membuat CV untuk laamaran pekerjaan. Namun, dalam CV beasiswa kamu harus mencantumkan karya-karya yang pernah kamu buat dan dipublikasikan ke internet.

 

4. TOEFL dan IELTS

Gambar: vpromo.blogspot.co.id

 

 

TOEFL dan IELTS adalah nilai kemampuan berbahasa asing kamu. Untuk menempuh studi di luar negeri kamu harus memiliki nilai TOEFL sebesar minimal 500. Nilai IELTS yang harus kamu miliki adalah 6.0-90. Kamu bisa mempersiapkan bukti nilai TOEFL dan IELTS berbentuk sertifikat. Biasanya setelah kamu mengikuti tes TOEFL dan IELTS, kamu akan mendapatkan sertifikat yang disertakan dengan nilainya. Sertifikat tersebut perlu difoto copy dan diregalisir oleh pihak tempat kamu tes TOEFL dan IELTS. Untuk beberapa negara ada yang tidak membutuhkan nilai TOEFL dan IELTS sebagai syarat untuk menempuh pendidikan di sana.

Baca juga: Info Beasiswa Kuliah di Luar Negeri Periode 2017

 

5. Paspor dan Visa

Gambar: fjb.m.kaskus.co.id

 

 

Mau ke luar negeri baik untuk jalan-jalan, studi, maupun tinggal disana harus membutuhkan paspor dan visa. Tidak semua negara tujuan membutuhkan visa. Negara-negara yang membutuhkan visa seperti negara-negara yang ada di benua Afrika, Amerika, Eropa, dan Australia. Tapi di benua Asia juga ada yang membutuhkan Visa seperti Jepang, Hongkong, dll. Paspor dan visa yang dibutuhkan adalah paspor dan visa yang masa berlakunya masih aktif. Jika masa aktifnya sudah habis, tentunya kamu harus melakukan perpanjangan paspor dan visa. Pembuatan paspor dan visa tidak membutuhkan waktu yang lama. Membuatnya sudah bisa online kok.

 

6. Akte Kelahiran

Gambar: infolikeyou.blogspot.co.id

 

 

Suatu universitas pasti membutuhkan data diri kamu. Data diri yang kamu miliki adalah akte kelahiran kamu. Akte kelahiran yang perlu kamu persiapkan adalah akte kelahiran asli dan foto copy akte kelahiran kamu. Akte kelahiran ini harus diterjemahkan ke dalam bahasa inggris. Kemudian, setelah ditranslate harus di foto copy dan di legalisir juga untuk memastikan keasliannya.

 

7. Surat rekomendasi

Gambar: www.indbeasiswa.com

 

 

Buat untuk penerima beasiswa, kamu diharuskan untuk mempersiapkan surat rekomendasi. Surat rekomendasi ini berasal dari pihak-pihak yang memberikan kamu beasiswa di sebuah universitas di negara yang kamu tunjukan. Surat rekomendasi bisa berasal dari lembaga penyedia beasiswa pemerintah dan perusahaan-perusahaan penyediaan beasiswa studi ke luar negeri. Surat rekomendasi dibutuhkan agar pihak univeristas bisa mengetahui kamu mendapatkan beasiswa tersebut dari mana.

 

8. Surat keterangan kesehatan dan surat berkelakukan baik

Gambar: www.cumikriting.com

 

 

Jangan sampai terjadi apa-apa pada saat kamu studi di sana. Ada beberapa universitas yang mengharuskan kamu memiliki dan mempersiapkan surat keterangan kesehatan dan surat berkelakuan baik. Surat keterangan kesehatan bisa kamu peroleh dari dokter harus di rumah sakit tidak boleh di klinik, puskesmas, dan posyandu. Tentunya surat keterangan kesehatan harus yang asli tidak boleh dibuat-buat. Surat keterangan kesehatan harus disertai dengan hasil pemeriksaan kesehatan dari rumah sakit. Selain surat keterangan kesehatan, kamu juga perlu mempersiapkan surat berkelakuan baik. Surat berkelakuan baik ini berasal dari kantor kepolisian dan dari RT dan RW tempat kamu tinggal.

Cari sekolah / perguruan tinggi terbaik di sekitarmu di edumor.com!

 

9. KTP

Gambar: www.cermati.com

 

 

Sebagai warga negara Indonesia yang baik dan sudah berumur minimal 17 tahun sudah harus memiliki KTP sebagai keterangan yang menyatakan bahwa kamu adalah benar-benar penduduk Indonesia. Persiapkan KTP kamu dan juga tidak boleh ketinggalan untuk difoto copy sebanyak 2-3 lembar.

Dokumen ini pada saat kamu bawa ke negara tujuan, bawalah dokumen aslinya jangan cuman foto copyan aja. Hal ini diperlukan untuk bejaga-jaga kalau dokumen aslinya diminta.

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “9 Dokumen yang Harus Dipersiapkan untuk Studi Ke Luar Negeri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *