7 Rekomendasi PTN yang Menyediakan Jalur Mandiri

Masuk ke sebuah perguruan tinggi negeri menjadi suatu alasan penting bagi sebagian calon mahasiswa. Semua orang menganggap masuk ke perguruan tinggi negeri sangatlah susah. Enaknya kuliah di perguruan tinggi negeri adalah biaya kuliahnya murah dan terjangkau. Maka dari itu banyak calon mahasiswa yang berbondong-bondong mengikuti SNMPTN, SBMPTN, dan jalur mandiri . Ketika kamu harus gagal diterima di sebuah PTN lewat jalur SNMPTN maupun SBMPTN salah satu cara agar kamu tetap bisa masuk PTN adalah ikut jalur mandiri (SMPTN). Buat kamu yang pengen ikut jalur mandiri, berikut rekomendasi PTN yang menyediakan jalur mandiri yang layak untuk kamu daftarkan:

 

1. Universitas Indonesia

Gambar: mdinuad.blogspot.co.id

 

 

Perguruan tinggi negeri Universitas Indonesia yang berada di Depok, Jawa Barat menyediakan seleksi mandiri. Seleksi mandiri yang diberikan lewat jalur tertulis yang diberi nama SIMAK. Untuk selesksi mandiri, terdiri dari SIMAK UI Pararel dan Vokasi. Simak Pararel difokuskan bagi kamu lulusan SMA/SMK  dan lulusan D3 yang ingin melanjutkan studi ke jenjang S1 diberi nama S1 pararel lulusan D3 dan S1 Ekstensi Pararel Lulusan D3 . Sedangkan, SIMAK Vokasi untuk studi jenjang D3. Program studi seleksi mandiri lewat jalur SIMAK S1 pararel SMA/SMK ada 31 program studi, jalur SIMAK S1 Pararel Lulusan D3 ada 10 program studi, jalur SIMAK S1 Ekstentsi Pararel D3 ada 4 program studi, dan SIMAK Vokasi ada 11 program studi. Bagi kamu yang ingin ikut seleksi ini, pendaftarannya pada tgl 10 April-8 Mei 2017 dan ujian tertulis pada tanggal 21 Mei 2017.

Klik disini untuk penjelasan lebih lanjutnya!
Klik disini untuk lihat program studi SIMAK Pararel dan Vokasi!

 

2.Universitas Negeri Sebelas Maret

Gambar: mesin.ft.uns.ac.id/

 

 

Pada tanggal 30 Mei sampai 15 Juni 2017, Universitas Negeri Sebelas Maret menyelenggarakan pendaftaran seleksi mandiri PTN.  Proses seleksinya berdasarkan dari nilai SBMPTN. Program studinya terdiri dari program studi Saintek, Soshum, dan campuran. Namun, kamu juga bisa memilih program studi selain Saintek, Soshum, dan campuran. Program studi yang tersedia yaitu; pendidikan jasmani, kesehatan, dan rekreasi, pendidikan kepelatihan olahraga, kriya seni, seni rupa murni, DKV, desain interior, pendidikan seni rupa, dll. Pengumuman kelulusannya akan diberitahukan pada tanggal 22 Juni 2017.

Klik disini untuk info lebih lanjutnya!

 

3. UGM

Gambar: en.wikipedia.org

 

 

Buat kamu yang tertarik ikut jalur mandiri di UGM dicatet ya tanggalnya. Pendaftarannya pada tanggal 28 April sampai 16 Mei 2017  secara online. Setelah melakukan pendaftaran kamu harus melakukan pembayaran pada tanggal 29 April sampai 17 Mei 2017, kemudian cetak kartu ujian pada tanggal 18 Mei 2017, ikut tes pada tanggal 21 Mei 2017, dan pengumuman kelulusannya pada tanggal 16 Juni 2017. Seleksi yang kamu ikut sertakan adalah UTUL. Peserta yang ikut merupakan lulusan SMA/SMK tahun 2015-2017. Lokasi ujiannya tidak hanya di satu lokasi saja tapi ada di 4 kota. Jenis program studinya sama seperti program studi SBMPTN.

Klik disini info lebih lanjutnya!
Klik disini untuk melakukan pendaftaran!
Baca juga: 5 Cara belajar yang Tepat ala Albert Einstein

 

4. UNSOED

Gambar: www.unsoed.ac.id

 

 

Ada seleksi mandiri PTN yang diselenggarakan oleh Universitas Negeri Jedral Soedirman. Kamu bisa ikut jalur SPMB Mandiri. Jalur ini terdiri dari jalur reguler dan jalur international jenjang sarjana dan ada juga jenjang diplomanya kok. Kamu bisa pilih jenis seleksi SPMB Mandirinya. Ada jalur tertulis dan jalur non tertulis. Untuk ujian non tertulis, kamu sebagai peserta harus termasuk peserta SBMPTN 2017 dan memilih satu program studi di Universitas Negeri Jendral Soedirman. Untuk yang mengambil ujian tertulis, program studinya harus jenjang diploma dan sarjana international. Proses seleksinya menggunakan nilai SBMPTN. Bagaimana dengan pendaftarannya? Kamu bisa melakukan pendaftaran pada tanggal 5 Juni sampai 19 Juni 2017 untuk SPMB non tertulis. SPMB tertulis pendaftarannya mulai tanggal 10 Juli sampai 17 Juli 2017 dan ujian tertulisnya pada tanggal 22 Juli 2017.

Klik disini untuk lihat info lebih lanjutnya!

 

5. ITS

Gambar: alalabeng.wordpress.com

 

 

PKM adalah program kemitraan dan mandiri yang diselengarakan oleh Institut Sepuluh November dalam rangka penyelenggaran proses seleksi mandiri PTN. Ada program kemitraan dan mandiri yang bisa kamu ikut. Program kemitaraan untuk kamu lulusan SMA/SMK yang direkomendasikan suatu industri. Sedangkan program mandiri untuk umum. Jenis tesnya ada dua yaitu; tes tertulis untuk pilihan program studi desain produk dan industri serta tes non tertulis dengan memilih program studi Saintek, Soshum, dan Campuran. Tes non tertulis hanya dilihat berdasarkan nilai SBMPTN. Pesertanya harus ikut ujian SBMPTN 2017 terlebih dahulu untuk tes non tertulis. Pendaftarannya dilakukan secara online pada tanggal 16 Mei sampai 4 Juli 2017 secara online. Yang ikut ujian tertulis bisa mengikuti ujiannya pada tanggal 6 juli-7 juli 2017 di kampus ITS.

Klik disini untuk lihat info lebih lanjutnya!
Klik disini untuk melakukan pendaftaran!

 

6. UB

Gambar: ub.ac.id

 

 

Kamu bisa mengikuti jalur mandiri tanpa tes di Universitas Brawijaya.  Memiliki syarat lulusan SMA/ SMK yang terdaftar di SBMPTN. Selama proses seleksi, hanya dilihat nilai SBMPTNnya saja. Kelompok program studinya hanya Saintek dan Soshum saja tidak ada kelompok program studi campuran. Sekedar info, bagi kamu yang ikut tes Saintek ataupun Soshum SBMPTN tentunya kelompok program studi yang kamu pilih di jalur mandiri ITS harus sama dengan kelompok program studi SBMPTN. Karena di ITS tidak ada kelompok program studi campuran, maka kamu yang ikut tes program campuran SBMPTN bisa memilih kelompok program studi Saintek ataupun Soshum di jalur mandiri ITS. Jangan lupa untuk menyerahkan ijazah atau surat keterangan lulus dari pihak sekolah kamu.

Klik disini untuk lihat info lebih lanjutnya!
Klik disini untuk lihat program studinya!

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

7. UNAIR

Gambar: spesialis1.orthopaedi.fk.unair.ac.id

 

 

Ujian mandiri di Univeristas Airlangga adalah ujian mandiri masuk PTN tanpa harus mengikuti tes tertulis alias ikut tes non tertulis. Yang dilihat adalah nilai SBMPTNnya. Jadi, kamu harus terdaftar dan ikut serta dalam SBMPTN 2017. Kelompok program studinya sama seperti yang lainnya. Kamu yang mengambil program studi IPA pada saat SBMPTN boleh mengambil program studi IPS di jalur mandari Universitas Airlangga. Akan tetapi, berarti kamu masuk ke dalam kelompok program studi campuran. Tetap harus menyerahkan ijazah atau surat keterangan lulus dari pihak sekolah kamu ya! Peserta jalur mandiri ini terdiri dari WNI lulus Indonesia maupun lulusan luar negeri dan WNA juga boleh ikutan mendaftar.

Klik disini untuk lihat info lebih lanjutnya!
Klik disini untuk melakukan pendaftaran!

Adakah universitas favorit pilihan kamu? Kalau kamu tetap gak lulus juga salah satu jalur alternatifnya adalah daftar ke PTS.  Untuk cari perguruan tinggi favorite kamu, silahkan kunjungi www.edumor.com!

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “7 Rekomendasi PTN yang Menyediakan Jalur Mandiri

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *