Tips dalam Memilih Jurusan dan Perguruan Tinggi yang Tepat untuk SBMPTN

Kamu termasuk calon mahasiswa yang ingin ikut SBMPTN? Pendaftaran SBMPTN sudah mulai dibuka hingga 5 Mei 2017 loh. Jangan lupa daftar ya! kamu udah memilih jurusan dan PTNnya belum? Ini sekedar tips untuk kamu yang masing bingung milih jurusan dan PTN untuk SBMPTN!

 

1. Pilih maksimal 3 jurusan dan PTN yang kamu tunjukan

Gambar: www.zenius.net

 

 

Dalam mempertimbangkan serta memilih jurusan dan PTN di SBMPTN, tentukan maksimal  3 jurusan dan PTN yang ingin kamu tujukan. Jika ingin pilih 2 atau 3 jurusan dan PTN, urutan pertama harus jurusan dan PTN yang paling ingin kamu pilih. Jangan sampai jurusan dan PTN yang paling ingin kamu pilih itu adanya di nomor urutan ke dua atau ke tiga. Untuk kamu yang memilih lebih dari 1 jurusan , salah satu jurusan yang kamu pilih harus ada di wilayah PTN yang sama, sedangkan kalau kamu memilih hanya 1 jurusan, wilayah PTNnya bebas. Pemilihan jurusan dan PTN akan kamu isi pada lembar pendaftaran. Sebelum pada tahap pengisian, biar kamu gak bingung dan lupa lagi sebaiknya catat di kertas jurusan dan PTN apa saja yang kamu pilih. Jika kamu pilihnya 2 atau 3 Jurusan dan PTN, catat di kertas secara beruturan.

 

2. Cari tahu PTN di SBMPTN apa yang banyak jumlah alumni sekolahmu

Gambar: salmanedukasi.com

 

 

Jumlah alumni  PTN di SBMPTN adalah salah satu faktor yang menentukan kelulusan kamu. Supaya kamu bisa lulus SBMPTN dan masuk di PTN pilihan kamu, terlebih dahulu kamu harus cari tahu kira-kira di sekolah kamu itu PTN di SBMPTN apa yang banyak jumlah alumni sekolahmu dari tahun ke tahun. Misalnya, dari tahun ke tahun jumlah alumni yang berhasil lolos di PTN Universitas Indonesia berjumlah 10 orang alumni  dan PTN UNJ berjumlah 3 orang alumni setiap tahunnya. Berarti PTN yang paling harus dijadikan patokan buat kamu memilih adalah PTN Universitas Indonesia.

 

3. Fokuskan memilih PTN yang tidak menyediakan ujian mandiri pada daftar SBMPTN

Gambar: www.masukuniversitas.com

 

 

Mengikuti SBMPTN belum tentu bisa menjadikan kamu lulus SBMPTN karena pesertanya banyak, soal ujiannya susah, dan proses seleksi yang begitu ketat. Rasa ketakutan gagal lulus SBMPTN pasti ada. Sebaiknya sebagai saran untuk kamu, ketika memilih PTN di SBMPTN lebih baik fokuskan diri kamu untuk memilih PTN yang tidak menyediakan jalur mandiri pada daftar SBMPTN. Ketika ternyata kamu gagal lulus SBMPTN, kamu bisa mengikuti jalur atau ujian mandiri di PTN pilihan kamu di luar SBMPTN. Waktu pendaftaran dan ujian mandiri dilaksanakan tergantung dengan PTN yang kamu pilih.

Baca juga: 7 Prinsip Hidup Mahasiswa yang Ingin Jadi Orang Sukses

 

4. Kenali passing grade jurusan di sebuah PTN

Gambar: www.masukkuliah.com

 

 

Passing grade adalah presentase nilai suatu jurusan di sebuah PTN. Setiap PTN yang terdiri dari banyak jurusan, masing-masing jurusannya memiliki passing grade yang berbeda-beda. Kenalilah passing grade terhadap jurusan di suatu PTN yang kamu pilih. Disarankan memilih jurusan di suatu PTN yang nilai passing gradenya kecil. Mengapa begitu? Karena semakin kecil nilai passing grade terhadap suatu jurusan di PTN, maka daya saingannya semakin mudah. Daya saing bisa dikatakan mudah jika memiliki nilai passing grade hingga 40% dan daya saing bisa dikatakan susah jika memiliki nilai passing grade di atas 50%. Dilihat dari nilai passing gradenya, kamu sudah bisa memperkirakan jurusan dan PTN mana yang layak untuk kamu pilih.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

5. Kenali reputasi PTN

Gambar: elearning.unsri.ac.id

 

 

Masing-masing  PTN di seluruh wilayah di Indonesia memiliki reputasi yang berbeda-beda. Reputasi sebuah  PTN bisa dilihat dari akreditasinya dan peringkat PTN. Hal ini untuk memastikan keunggulan yang dimiliki oleh PTN tersebut. Keunggulan ini misalnya, UGM merupakan universitas negeri terbaik  di Indonesia peringkat pertama. Reputasi sebuah perguruan tinggi bisa dilihat di halaman website Ban-PT.

Gak mudah loh untuk memilih jurusan dan Perguruan tinggi SBMPTN. Perlu dipertimbangkan secara matang. Akan tetapi, hasil tes dan nilai rapot lebih diutamakan dalam menentukan kelulusan. Masuk PTN itu jauh lebih susah dibandingkan masuk PTS. Gagal SBMPTN? Tenang, masih ada jalur mandiri atau kamu bisa cari  dan daftar PTN pilihan kamu di www.edumor.com!

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Tips dalam Memilih Jurusan dan Perguruan Tinggi yang Tepat untuk SBMPTN

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *