7 Prinsip Hidup Mahasiswa yang Ingin Jadi Orang Sukses

Pemikiran mahasiswa sudah berbeda dengan pemikiran anak sekolah. Mahasiswa sudah memiliki pemikiran ingin jadi orang sukses di kemudian hari. Apakah kamu termasuk mahasiswa yang ingin jadi orang sukses? Pasti iya dong! Nah, mahasiswa yang ingin jadi orang sukses pastinya punya prinsip hidup yang menjadikan mereka menjadi orang sukses. Berikut prinsip hidup mereka:

1. Belajar tidak hanya menghafal tapi juga harus dipahami

Gambar: www.vemale.com

 

 

Cara belajar yang baik dan benar adalah belajar tidak hanya menghafal saja tapi harus dipahami juga. Ketika sedang dalam proses pembelajaran, kamu menghafal sebuah materi tapi juga sekaligus memahami materi pembelajar. Belajar hanya sekedar menghafal sangatlah percuma dan gak ada gunanya. Belajar hanya dengan menghafal tanpa dipahami hanya berguna untuk sesaat saja tapi untuk kedepannya tidak akan tahu apa-apa tentang materi pembelajaran yang dipelajari. Dengan menghafal saja berarti kamu cuman hafal doang tapi gak paham sama apa yang kamu pelajari. Sedangkan belajar dengan menghafal sambil memahami, berarti kamu gak cuman hafal doang tetapi juga memahami materi pembelajaran tersebut.

 

2. Tidak terlalu mengandalkan IP

Gambar: www.kotepoke.org

 

 

Emang sih, IP itu ada yang menganggap penting dan ada juga yang menganggap gak terlalu penting. Kamu harus lebih mengandalkan skill, baik hardskill maupun softskill karena dalam dunia kerja nanti, yang lebih diutamakan oleh perusahaan adalah skill. Yang dibutuhkan dalam proses bekerja adalah hardskill dan softskill bukan IP. IP yang dimiliki seseorang saat kuliah belum tentu menjamin keberhasilan mereka. Banyak kok orang yang IPnya rendah tapi punya skill dan banyak pula orang yang IPnya tinggi tapi gak punya skill. Lebih baik punya IP rendah tapi punya skill dibandingkan IP tinggi tapi gak punya skill. Jangan sampe deh kamu termasuk mahasiswa yang terlalu mengandalkan IP.

 

3. Mengasah skill sangatlah penting

Gambar: cbduk.wordpress.com

 

 

Skill memang sangatlah diperlukan. Sebagai mahasiswa yang ingin menjadi orang sukses, hardskill dan softskill bisa diasah tidak hanya melalui proses pembelajaran di kelas tetapi bisa dari pembelajaran di luar kelas. Tentunya skill bisa diasah dengan cara ikut kegiatan dikampus maupun diluar kampus dan ikut organisasi dikampus maupun di luar kampus. Dengan mengikuti berbagai kegiatan dan organisasi, kamu misa mengasah skill dari apa yang sudah kamu pelajari dari kegiatan dan organisasi. Ikut kegiatan dan organisasi di dalam maupun di luar kampus bisa menjadi nilai tambah saat nanti kamu melamar pekerjaan. Kegiatan dan organiasasi adalah bentuk untuk mendapatkan sebuah pengalaman dan ilmu.

Baca juga: Ini Penyebab Banyaknya Lulusan Sarjana yang Menjadi Pengangguran

 

4. Belajar bisa dilakukan tidak hanya dengan satu cara

Gambar: student.unud.ac.id

 

 

Belajar bisa kamu lakukan tidak hanya dengan satu cara saja tetapi belajar juga bisa dilakukan dengan banyak cara. Belajar bisa kamu lakukan dengan cara membaca, mendengarkan, melihat, menulis, berkomunikasi, dan bersosialisasi. Nah, sekarangkan udah zamannya teknologi digital, teknologi tersebut tentunya bisa kamu manfaatkan untuk menambah wawasan dan ilmu pengetahuan. Teknologi pembelajaran yang sudah ada berbentuk situs dan aplikasi. Media pembelajarannya bisa berbentuk e-book, video pembelajaran, dll.

 

5. Selalu memanfaatkan peluang yang ada di depan mata dan tidak penah menunda-nunda waktu

Gambar: baysidejournal.com

 

 

Mahasiswa yang ingin menjadi orang sukses selalu memanfaatkan peluang yang ada di depan mata. Ada peluang kenapa tidak dimanfaatkan. Ketika ada peluang yang datang di depan mata, jangan terlalu di pikirkan tapi langsung dimanfaatkan karena kesempatan atau peluang datangnya hanya sekali. Peluang di depan mata yang bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa adalah peluang lowongan pekerjaan, peluang beasiswa, dan peluang magang. Menyianyiakan peluang yang ada akan mendatangkan penyesalan di kemudian hari.

 

6. Tidak ada kata takut

Gambar: ebenezer-m.blogspot.co.id

 

 

Apapun yang terjadi, kamu sebagai mahasiswa yang ingin jadi orang sukses tidak ada kata takut. Kamu tidak akan takut dengan yang namanya takut kegagalan, takut salah, takut berbuat kesalahan, dll. Apapun yang terjadi, kamu harus berani mengambil keputusan, merasakan resiko, dan berani bertanggungjawab seperti kata orang “Berani berbuat, berani bertanggungjawab. Kata takut hanya diperuntukan untuk kamu yang tidak ingin menjadi orang sukses di kemudian hari.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

7. Harus berpikir luas

Gambar: www.blogarama.com

 

 

Ada 2 tipe cara berpikir yang dimiliki oleh manusia, yaitu; berpikir luas dan berpikir sempit. Terkadang saking orang tidak bisa berpikir lagi, pikiran mereka menjadi sempit. Hal ini tidak untuk kamu mahasiswa yang ingin jadi orang sukses. Kamu harus memiliki pikiran yang luas. Pikiran yang luas dengan aktif mengutarakan ide-ide, selalu berpikir hal yang baik-baik untuk masa depan yang cerah, dll. Orang yang berpikir sempit tidak aktif mengutarakan ide-ide, tidak terlalu memikirkan masa depan, dll.

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “7 Prinsip Hidup Mahasiswa yang Ingin Jadi Orang Sukses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *