6 Pertimbangan dalam Memilih Tempat Bimbel yang Tepat untuk Anak Anda

Kebanyakan orangtua memutuskan untuk memasukkan anaknya ke tempat bimbel karena berbagai alasan. Ada yang beralasan karena nilai pelajaran anaknya jelek, ada yang berasalan anaknya tidak bisa belajar sendiri, dan ada yang beralasan orangtua sibuk tidak bisa mengajarkan anaknya. Pemilihan tempat bimbel harus dipertimbangkan demi kemajuan proses pembelajaran anak anda. Berikut hal yang biasanya orangtua pertimbangkan dalam memilih tempat bimbel yang tepat:

 

1.  Memiliki tenaga pengajar yang profesional

Gambar: lesmatematikaakong.wordpress.com

 

 

Dalam memilih tempat bimbingan belajar hal yang paling diutamakan adalah pengajarnya. Pengajar sangatlah berpengaruh dalam kemajuan proses pembelajaran. Pilih tempat bimbingan belajar yang memiliki guru pengajar yang profesional. Profesional dalam cara mengajar dan menyampaikan materi pembelajar terhadap anak didiknya. Perlu cari tahu profil lengkap si tenaga pengajarnya. Banyak tempat bimbingan belajar yang menjadikan anak didiknya tidak memiliki kemajuan dalam proses pembelajaran hanya karena tenaga pengajar yang kurang profesional. Ciri-ciri tenaga pengajar yang profesional adalah mampu mengajarkan setiap anak didiknya sampai anak tersebut benar-benar bisa dan memahami materi pembelajaran yang disampaikan, mampu menerapkan metode pembelajaran yang menyenangkan agar anak didiknya tidak merasa bosan, selalu menerapkan sikap disiplin belajar untuk setiap anak didiknya, dll. Hal ini bisa dicari tahu dari orang-orang sekitar yang sedang atau pernah ikut bimbingan belajar di situ apakah tempat bimbingan belajar tersebut bagus atau tidak.

 

2. Selalu memberikan bukti kemajuan belajar

Gambar: pegeplus.blogspot.co.id

 

 

Sebagai orangtua yang memasukan anaknya ke suatu tempat bimbingan belajar, anda harus memastikan bahwa tempat bimbingan belajar tersebut memberikan bukti kemajuan belajar  berupa rekap nilai seperti rapot di sekolah. Bukti kemajuan belajar sangat diperlukan agar anda sebagai orangtua bisa melihat dan menganalisa kemajuan belajar anak anda. Biasanya di tempat bimbingan belajar itu memberikan bukti kemajuan belajar kurang lebih 6 bulan sekali. Bukti kemajuan belajar bisa diberikan secara online maupun secara offline. Nilai kemajuan belajar bisa berupa nilai latihan soal, nilai pekerjaan rumah (PR), serta nilai ujian.

 

3. Jumlah anak didik setiap kelasnya

Gambar: peluangusahaterkini.com

 

 

Jumlah anak didik setiap kelasnya juga sangat berpengaruh dengan kemajuan belajar anak anda. Maka dari itu, tanyakan pada tempat bimbingan belajar tersebut berapa jumlah anak didiknya untuk setiap kelasnya. Tidak disarankan memilih tempat bimbingan belajar yang jumlah anak didiknya terlalu banyak setiap kelasnya. Jika jumlah anak didik yang terlalu banyak di setiap kelasnya, bisa mengganggu proses belajar dan konsentrasi anak anda menjadi terpecah. Sarannya sih jumlah anak didik di setiap kelasnya sebanyak 10- 15 orang sudah cukup kok.

 

4. Sistem dan metode pembelajaran yang efektif

Gambar: konsultasibisnis.com

 

 

Di tempat bimbingan belajar harus memiliki sistem dan metode pembelajaran yang bagus. Sistem dan metode pembelajaran baru bisa dikatakan bagus jika dalam proses pembelajaran setiap pertemuannya diberikan tugas untuk dikerjakan di rumah dan ketika pertemuan selanjutnya tugas tersebut diperiksa dan dibahas kembali oleh si tenaga pengajar serta selalu diberikan latihan soal setiap pertemuan. Intinya sistem pembelajarannya sebisa mungkin seperti sistem pembelajaran yang ada di sekolah yang setiap harinya memberikan latihan soal untuk dikerjakan pada hari itu juga dan kemudian diberikan pekerjaan rumah (PR) untuk latihan soal sendiri di rumah. Tentunya juga harus ada ujian sebulan sekali untuk mengetes seberapa besar dan seberapa jauh kemampuan anak anda dalam memahami materi pembelajaran yang pernah diajarkan. Kemudian, nilai-nilai yang terkumpul bisa dijadikan sebagai bahan bukti kemajuan proses pembelajaran anak anda.

Baca juga: 8 Jurusan Yang Banyak Diminati Calon Mahasiswa

 

5. Nama bimbingan belajar yang cukup terkenal

Gambar: www.kariraceh.com

 

 

Nama bimbingan belajar juga merupakan hal yang harus anda pertimbangkan dalam memilih tempat bimbingan belajar yang tepat untuk anda. Nama tempat bimbingan belajar yang cukup terkenal memiliki kualitas pembelajaran yang bagus. Akan tetapi, nama tempat bimbingan belajar yang kurang terkenal belum tentu bisa menjamin kualitas pembelajaran. Kebanyakan orangtua memilih tempat bimbingan belajar yang namanya cukup terkenal di lingkungan sekitar dibandingkan tempat bimbingan belajar yang namanya kurang dikenal.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Fasilitas pendukung

Gambar: mitraanaksemarang.com

 

 

Fasilitas juga dibutuhkan oleh anak anda saat bimbingan belajar. Tentunya fasilitas pendukung yang sesuai dengan kebutuhan si anak. Fasilitas pendukung tidak perlu yang mewah. Harus disesuaikan juga dengan budget yang ada miliki.  Jika ada mempunyai budget yang besar, yah kenapa tidak anda memilih tempat bimbingan belajar dengan fasilitas yang wowww. Fasilitas pendukung bisa memberikan kenyamanan tersendiri untuk anak anda.

Pemilihan tempat bimbel yang tepat wajib untuk dilakukan demi kemajuan proses pembelajaran anak anda. Sebelum memutuskan perlu dipertimbangkan terlebih dahulu.

Baca juga

Share this!

3 thoughts on “6 Pertimbangan dalam Memilih Tempat Bimbel yang Tepat untuk Anak Anda

  1. Pingback: - Edumor Blog

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *