Mau Kuliah di Luar Negeri? Baca Ini!

Bisa berkuliah di luar negeri merupakan mimpi yang ingin diwujudkan oleh kebanyakan orang. Salah satu hal yang menjadikan banyak orang ingin kuliah di luar negeri adalah ingin menikmati dan mendapatkan sistem pendidikan terbaik. Untuk kamu yang pengen kuliah di luar negeri, simak dulu negara terfavorit pelajar Indonesia untuk melanjutkan pendidikan plus Universitas terbaik di negara tersebut!

 

1. Inggris

Gambar: onlyyoungdrivers.co.uk

 

 

Inggris merupakan salah satu negara terfavorit yang paling banyak diminati dan diincar oleh pelajar Indonesia. Setiap tahunnya banyak sekali pelajar Indonesia yang mendaftarkan diri untuk menempuh pendidikan di sana baik lewat jalur beasiswa maupun non beasiswa. Untuk kamu yang ingin kuliah di Inggris, Universitas terbaik yang bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk melanjutkan pendidikan menurut Times Higher Education adalah University of Warwick, University of Bristol, London School of Economics and Political Science, University of Manchester, The University of Edinburgh, King’s College London, Imperial College London,University College London, University of Oxford, dan University of Cambridge. Bisa menjadi salah satu negara yang paling banyak diminati dan diincar oleh pelajar Indonesia karena Inggris kaya akan sejarah dan warisan dunia,  kaya akan seni dan budaya, merupakan negara multibudaya, banyak melahirkan pemikir dunia, dll.

 

2. Amerika

Gambar: humanistchaplaincies.org

 

 

Berdasarkan Okezone.com, Universitas terbaik di Amerika adalah Brown University, Columbia University, Cornell University, Dartmouth College, Duke University, Harvard University, Princeton University, Stanford University, University of Pennsylvania, dan Yale University. Berdasarkan Institut Pendidikan internasional, Amerika Merupakan salah satu negara dengan kualitas sistem pendidikan terbaik di dunia. Mengapa Amerika menjadi negara terfavorit untuk menempuh pendidikan oleh pelajar Indonesia? Hal ini dikarenakan selain mempunyai sistem pendidikan yang terbaik di dunia,  Amerika menyediakan dan mempunyai  berbagai program pendidikan yang fleksibel dan multifungsi. Negara Amerika sendiri sama seperti dengan negara Inggris yang merupakan negara multibudaya atau multiculture.

 

3. Australia

Gambar: 7continentslist.com

 

 

Negara yang identik dengan binatang kangguru ini juga merupakan negara favorit pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan. Buat yang pengen kuliah di Australia, Australia memiliki sistem pendidikan yang mengajarkan setiap mahasiswanya untuk mandiri dalam ujian dan mengerjakan tugas. Universitas di Australia memiliki cara canggih untuk memeriksa keaslian ujian dan tugas yang kamu kerjakan tersebut. Australia bisa dikatakan sebagai salah satu negara yang memiliki kemampuan ekonomi yang tinggi, memiliki sistem pendidikan yang tinggi, dan menyediakan lapangan kerja yang luas untuk kamu yang baru lulus kuliah. Penasaran ada apa aja Universitas terbaik di Australia? Seperti yang dilansir pada academicindonesia.com, Universitas terbaik di Australia adalah The University of Melbourne, University of Queensland, Australia National University, University of New South Wales, University of Sydney, University of Adelaide, University of Western Australia, Monash University, Macquarie University, dan Curtin University.

 

4. Jerman

Gambar: berlin-international-college.de

 

 

Jerman merupakan sebuah negara yang ada di benua Eropa. Jerman merupakan salah satu negara di Eropa yang paling diminati dan diincar oleh pelajar Indonesia untuk menempuh pendidikan di benua Eropa, sama seperti dengan Inggris. Universitas di Jerman merupakan Universitas top class dalam bidang pengetahuan, teknik, seni,  perfilman, dan musik. Menariknya lagi kalau kamu kuliah di Jerman, kartu pelajar yang kamu miliki bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan banyak potongan harga. Universitas terbaik yang ada di Jerman seperti yang dilancir pada idntimes.com adalah Technische Universitat Munchen, Ruprecht-Karls-Universitat Heidelberg, Ludwig-Maximilians-Universitat Munchen, Kit Karlsruher Institut Fur Technologie, Freie Universitat Berlin, Humboldt-Universitat Berlin Zu, Universitat Freiburg, Rheinisch-Westfalische Technische Hochschule Aachen, Georg-August-Universitat Gottingen, dan Eberhard Karls Universitat Tubingen.

Baca juga: Pengen Biayai Kuliah Sendiri? Bisa kok, Ini Caranya!

 

5. Singapura

Gambar: 10minuteswith.com

 

 

Singapura merupakan salah satu pusat pendidikan di Asia Tenggara. Bagi kamu yang diterima kuliah di singapura, kamu akan mendapatkan bantuan pendidikan dari Pemerintah Singapura sebesar 70% dan setelah lulus kuliah, kamu harus bekerja selama 3 tahun. Berdasarkan QS Best Student Cities, Singapura merupakan negara dengan sistem pendidikan terbaik nomor 6 di dunia. Buat kamu yang pengen kuliah di Singapura, Universitas terbaiknya yang dilansir di galedu.com yaitu; National University of Singapore, Nanyang Technologycal University, Singapore Management University, Singapore University of Technology and Design, Singapore Institute of Technology, Singapore Institute of Management University, Management Development Institute of Singapore, Kaplan Singapore, Lasalle College of Arts, and James Cook University Singapore.

 

6. Malaysia

Gambar: postgraduate.my

 

 

Menurut berkuliah.com, biaya kuliah di Malaysia hampir sama seperti biaya kuliah di Indonesia. Biaya hidupnya pun juga lebih murah dari biaya hidup di Indonesia. Oh ya, Malaysia sama seperti Singapura sebagai salah satu pusat pendidikan di Asia Tenggara. Di Malaysia, terdapat lebih dari 100.000 warga negara Indonesia yang menempuh pendidikan disana untuk setiap tahunnya. Universitas terbaik yang ada di Malaysia yaitu Universiti Malaya, Universiti Kebangsaan Malaysia, Universiti Sains Malaysia, Universiti Technology Malaysia, Universiti Putra Malaysia, International Islamic University Malaysia, Universiti Technology Petronas, Multimedia University, Universiti Malaysia Sarawak, Universiti Teknologi Mara, Universiti Utara Malaysia, Universiti Malaysia Perlis, dan Universiti Malaysia Sabah.

 

7. Jepang

Gambar: jpss.jp

 

 

Berdasarkan liputan6.com, Universitas terbaik di Jepang adalah The University of Tokyo, Osaka University, Kyoto University, Hokkaido University, dan Waseda University. Jepang merupakan negara yang maju dalam bidang teknologi. Jepang cocok bagi kamu yang ingin menempuh pendidikan dalam bidang teknologi. Apalagi Jepang merupakan salah satu negara dengan sistem pendidikan terbaik di dunia yang menduduki top 100 World Universities.  Untuk kuliah di Jepang kamu harus bermodalkan kemampuan berbahasa Jepang. Kalau kamu gak punya kemampuan untuk berbahasa Jepang, kamu mesti mengikuti kursus berbahasa Jepang untuk kuliah di Jepang selama 1 tahun.

 

8. Belanda

Gambar: academicindonesia.com

 

 

Ehhh, ternyata Belanda juga termasuk negara Eropa favorit pelajar Indonesia loh. Hal ini dilancir di halam republika.co.id yang menyatakan bahwa Belanda masih termasuk salah satu negara favorit pelajar Indonesia di benua Eropa untuk menempuh pendidikan. Tahukah kamu bahwa dunia pendidikan yang ada di Belanda telah di akui oleh dunia. Jurusan-jurusan yang tersedia di Universitas yang ada di Belanda terdiri dari jurusan agrikultur, jurusan kesehatan, jurusan perhotelan, jurusan hukum, jurusan matematika, jurusan komunikasi, dan jurusan seni. Negara yang identik dengan kincir angin dan bunga tulip ini memiliki universitas terbaik yang dilansir di academicindonesia.com adalah Universiteit Leiden, Universiteit Utrecht, Universiteit van Amsterdam, Rijksuniversiteit Groningen, Technische Universiteit Delft, Vrije Universiteit Amsterdam, Universiteit Twente, Erasmus Universiteit Rotterdam, Technische Universiteit Eindhoven, dan Radboud Universiteit Nijmegen.

Cari sekolah / perguruan tinggi di Edumor.com!

 

9. China

Gambar: chool.cucas.edu.cn

 

 

Pematah mengatakan “Tempuhlah pendidikan sampai ke negeri Cina”. Buat kamu yang pengen kuliah dengan menggunakan bahasa mandarin, Cina merupakan negara yang paling cocok untuk kamu menempuh pendidikan.  Berdasarkan kampuscenter.com, Universitas terbaik di China adalah Tsinghua University, Peking University, Fudan University, dan Shanghai Jiao Tong University. Pada tahun 2014, china menjadi tuan rumah mahasiswa internasional dengan jumlah 377,054 mahasiswa internasional. China termasuk negara yang maju dalam bidang ekonomi global. Mengapa China termasuk salah satu negara yang difavoritkan oleh pelajar di seluruh dunia termasuk pelajar Indonesia? Hal ini dikarenakan seluruh Universitas yang ada di China memberikan dan menyediakan biaya kuliah yang terjangkau, biaya hidupnya juga terjangkau, memiliki mutu pendidikan yang baik, mempunyai kesempatan berbisnis  karena negara China merupakan salah satu negara yang jago dalam hal berbisnis, mampu belajar bahasa mandarin serta kebudayaannya, dan kemajuan teknologi yang semakin dan pesat.

Hey, kamu tertarik sama yang mana nih?

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Mau Kuliah di Luar Negeri? Baca Ini!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *