6 Jenis Musik yang Cocok Sebagai Teman Belajar

Musik bisa menjadi teman untuk belajar untuk pelajaran apapun itu. Memang sih belajar sambil mendengarkan musik memang sangat bermanfaat untuk keefektifan belajar. Buat kamu yang suka belajar atau bisa belajar sambil mendengarkan musik, udah pada tahu belum jenis musik apa aja yang cocok diperdengarkan? Yuk, disimak!

 

1. Musik barok

Gambar: fathiiyahzulfahnea.blogspot.co.id

 

 

Kamu tahu apa itu musik barok? Kedengarannya membingungkan ya! Musik barok adalah jenis musik klasik yang diubah pada saat zaman Barok. Musik barok hampir sama dengan musik klasik. Biasanya musik barok digunakan untuk acara teater musik barok, untuk lagu Gereja, dan untuk acara opera. Menurut penelitian Dr. Lozano, musik barok sangat bermanfaat dan efektif untuk proses pembelajaran karena musik barok merupakan jenis musik yang paling dapat membawa ketenangan pikiran untuk proses pembelajaran. Dengan mendengarkan musik barok saat belajar, otak dan pikiranmu menjadi tenang dan terbuka sehingga otakmu menjadi lebih mudah untuk berpikir secara cepat dan mudah.

 

2. Musik klasik cocok untuk belajar matematika

Gambar: m.viva.co.id

 

 

Musik yang paling baik dan bagus untuk otak manusia adalah musik klasik. Musik klasik merupakan musik yang paling diutamakan untuk diperdengarkan dalam proses belajar. Tahukah kamu, bahwa musik klasik mempunyai manfaat untuk memperkuat ingatan dan  memperkuat konsentrasi sehingga pada saat sedang belajar kamu bisa lebih konsentrasi belajar dan apa yang telah kamu pelajari itu selalu kamu ingat. Jadi, jika pikiranmu bisa mulai fokus dan konsentrasi kamu pun merasa lebih mudah untuk menghafal dan memahami pelajaran yang kamu pelajari. Jadinya kamu terhindar deh dari yang namanya kelupaan. Irama di dalam musik klasik menghasilkan otak yang tenang. Musik klasik lebih cocok untuk diperdengarkan untuk belajar matematika.

Baca juga: 8 Channel YouTube yang Bisa Bikin Kamu Makin Pinter

 

3. Musik instrumen

Gambar: www.youtube.com

 

 

Musik instrumen juga asyik nih buat belajar. Ketika belajar, tidak disarankan loh mendengarkan musik yang ada lirik lagunya. Kenapa begitu? Mendengarkan musik yang ada liriknya membuat pikiran kamu jauh lebih tertuju ke liriknya daripada ke materi pembelajaran. Ketika kamu mendengarkan musik yang ada liriknya otomatis telingamu yang mendengarkan liriknya membawa liriknya  ke dalam otak sehingga pikiranmu mengarahnya ke lirik lagunya. Yah sebaiknya dengerin musik instrumen aja deh. Otak manusia terdiri dari otak kiri dan otak kanan. Otak kiri ada hubungannya bagi pikiran bawah sadar, sedangkan otak kanan ada hubungannya dengan pikiran sadar. Musik instrumen sangat berpengaruh positif untuk pikiran bawah sadar. Maka dari itu, mendengarkan musik instrumen sambil belajar dapat merangsang dan meningkatkan stimulasi otak serta merangsang dan meningkatkan daya nalar. Musik instrumen sangat cocok untuk semua jenis pelajaran.

 

4. Musik alam

Gambar: www.youtube.com

 

 

Musik ini memang termasuk jenis musik yang cocok diperdengarkan sambil belajar. Iramanya memberikan dan membawa kegairahan yang menyenangkan. Entah kenapa, saat musik ini diperdengarkan pikiran dan perasaan menjadi senang dan tenang sehingga pikiran yang sedang lelah, stress, dan tertekan menjadi berkurang dan lepas. Pikiran yang terlepas dari rasa lelah, stress, dan banyak pikiran membuat kita lebih cepat dan mudah untuk berpikir. Musik alam yang diperdengarkan bisa berupa suara kicauan burung, suara air, dll. Jangan kan bermanfaat untuk belajar, orang yang sedang bertapa aja sambil dengerin jenis lagu ini. Musik ini emang cocok diperdengarkan untuk belajar semua matapelajaran.

 

5. Musik R&B untuk belajar pengetahuan alam, pengetahuan sosial, dan sastra

Gambar: padantyaae.blogspot.co.id

 

 

Irama dalam musik R&B menciptakan rasa semangat di dalam pikiran dan perasaan manusia. Irama musik R&B  membuat denyut jantung dan denyut darah berjalan dengan lancar sehingga musik inilah mempuat pikiran dan perasan menjadi semangat. Musik R&B ini sendiri sangat bagus loh untuk kinerja otak kiri. Dengan memperdengarkan musik R&B, maka kemampuan kerja otak kiri akan semakin meningkat. Otak kiri itu ada hubungannya sama fungsi menyelesaikan berbagai pemecahan masalah. Musik R&B itu sendiri cocok diperdengarkan untuk belajar pengetahuan alam, pengetahuan sosial, dan sastra

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Musik Rock untuk belajar seni dan bahasa

Gambar: rizkiape.blogspot.co.id

 

 

Etsss, siapa bilang musik rock gak bagus dan gak baik diperdengarkan ketika belajar?Justru musik rock itu bagus dan baik  untuk meningkatkan kemampuan otak kanan. Kemampuan otak kanan ada hubungannya dengan kreativitas. Mendengarkan musik rock dapat merangsang dan meningkatkan kreativitas. Musik rock bisa diperdengarkan ketika kamu belajar tentang seni dan bahasa. Seni dan bahasa membutuhkan sebuah kreativitas. Oh ya, mendengarkan musik rocknya jangan dengan irama yang terlalu cepat dan nadanya terlalu keras.

Jadi, musik yang selama ini kamu perdengarkan untuk belajar sudah benar belum nih? Jenis musik sangat berpengaruh loh untuk keefektifan proses belajar! Ketika belajar sambil mendengarkan musik, tidak disarankan mendengarkan dengan volume yang terlau keras dan dengan waktu yang terlalu lama.

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “6 Jenis Musik yang Cocok Sebagai Teman Belajar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *