Bingung Mau Pilih Universitas, Sekolah Tinggi, Institut, Akademi, atau Politeknik? Baca Dulu Yuk Penjelasannya!

Perguruan tinggi terdiri dari universitas, sekolah tinggi, institut, akademi, dan politek. Kamu bingung mau pilih yang mana? Apakah kamu udah tahu apa bedanya? Kalau belum, simak dulu yuk penjelasannya!

 

1. Universitas

Gambar: news.okezone.com

 

 

Universitas merupakan sebuah perguruan tinggi yang terdiri dari berbagai fakultas tertentu dan di dalam fakultas tersebut terdapat berbagai jurusan yang ada hubungannya dengan fakultas tersebut. Misalnya fakultas ekonomi terdapat jurusan akuntansi, manajemen, dan bisnis. Disiplin ilmu yang diberikan dan disampaikan lebih mengarahkan dan lebih terfokus pada masing-masing jurusan kuliah. Jadi, satu fakultas yang terdiri dari berbagai jurusan memiliki materi pembelajaran yang berbeda-beda untuk setiap jurusannya. Pada intinya, setiap jurusan materi pembelajaran yang diberikan dan disampaikan masih ada hubungannya dengan fakultasnya. Universitas memberikan rumpun ilmu dan keahlian terapan secara luas untuk semua fakultas dan jurusan yang ada.

 

2. Sekolah tinggi

Gambar: grnsworkart.blogspot.co.id

 

 

Sekolah tinggi memberikan rumpun ilmu dan keahlian terapan secara luas. Sekolah tinggi jelas berbeda dengan universitas.  Disiplin ilmunya hanya terfokus pada satu bidang saja. Hanya tersedia satu fakultas saja. Namun, memiliki berbagai jurusan. Misalnya, ada sebuah sekolah tinggi ilmu komputer. Otomatis sekolah tinggi tersebut fakultasnya hanya ada fakultas ilmu komputer dengan jurusan yang berhubungan dengan ilmu komputer.

Baca juga: 8 Daftar Orang yang Sangat Cerdas di Dunia

 

3. Institut

Gambar: isi-mtl.com

 

 

Instansi pendidikan yang satu ini hanya terfokus pada satu bidang ilmu saja. Bisa dibilang hampir mirip dengan sekolah tinggi. Akan tetapi, yang membedakannya adalah sekolah tinggi hanya memiliki satu fakultas dengan berbagai jurusan. Sedangkan, institut memiliki berbagai fakultas dengan berbagai jurusan yang berhubungan dengan suatu bidang ilmu. Sebagai contoh, Institut Teknologi Sepuluh November merupakan perguruan tinggi yang terfokus hanya pada bidang teknologi. Di Institut Teknologi Sepuluh November terdapat berbagai fakultas teknologi dengan berbagai jurusan yang berhubungan dengan teknologi.

 

4. Akademi

Gambar: akpar-pertiwi.ac.id

 

 

Akademi merupakan instansi pendidikan yang menggabungkan antara keahlian dengan penelitian. Akademi hanya berhubungan dengan keahlian terapan dan terdapat cabang keahlian. Misalnya, akademi TNI. Berarti kamu hanya belajar keahlian terapan yang berhubungan dengan TNI yang terdiri dari berbagai cabang TNI seperti TNI angkatan laut, TNI angkatan darat, dan TNI angkatan udara. Kalau kamu ngambilnya bidang TNI angkatan laut, berarti kamu cuman belajar mengenai keahlian angkatan laut.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

5. Politeknik

Gambar: pmdk.politeknik.or.id

 

 

Kamu tahu apa itu politeknik? Politeknik adalah perguruan tinggi yang berhubungan dengan teknik lanjutan. Politeknik terdiri menyediakan disiplin ilmu yang berhubungan dengan ilmu pengetahuan, teknik, dan teknologi. Perlu diketahui bahwa politeknik sendiri hampir sama dengan institut. Namun, politeknik lebih ke teknik lanjutan dari penelitian ilmiah. Ketika menempuh pendidikan ke politeknik, kamu akan belajar mengenai keahlian terapan tertentu terhadap teknik lanjutan.

Perbedaan universitas, sekolah tinggi, institut, akademi, dan politeknik ini bisa jadi pertimbangan buat kamu dalam memilih perguruan tinggi.

 

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *