6 Tips Memilih Ekstrakurikuler yang Tepat

Ekstrakurikuler merupakan kegiatan wajib sekolah yang harus kamu ikuti. Mau gak mau kamu tetap harus ikut ekstrakurikuler karena udah wajib. Ekstrakurikuler merupakan kegiatan non akademis yang bisa dijadikan sebagai nilai tambah bagi kamu. Selama ini ekstrakurikuler yang kamu pilih sudah tepat belum? Harus tepat ya dalam memilih ekstrakurikuler! Nih, aku punya beberapa tips memilih ekstrakurikuler yang tepat untuk kamu! Disimak ya!

 

1. Pilih sesuai dengan hobi, minat, bakat, dan kemampuan kamu

Gambar: monalisasimatupang.blogspot.co.id

 

 

Pertama-tama dalam memilih sebuah ekstrakurikuler, kamu harus memilih jenis ekstrakurikuler yang sesuai dengan hobi, minat, bakat, dan kemampuan yang kamu miliki. Ekstrakurikuler bertujuan untuk menyalurkan dan mengembangkan hobi, minat, bakat, dan kemampuan yang kamu miliki. Pemilihan ekstrakurikuler yang sesuai, maka hobi, minat, bakat, dan kemampuanmu semakin tersalurkan dan bisa berkembang untuk dipakai ke masa yang akan datang. Buat apa punya hobi, minat, bakat, dan kemampuan gak disalurkan dan dikembangkan

 

2. Sesuaikan dengan jadwal kegiatan lainnya

Gambar: slideshare.net

 

 

Setelah memilih jenis ekstrakurikuler yang sesuai dengan hobi, minat, dan bakatmu, kamu juga harus bisa mensesuaikan antara jadwal ekstrakurikuler dengan jadwal kegiatan lainnya. Hal ini patut dilakukan agar kedepannya kamu bisa ikut terus ekstrakurikuler tanpa bentrok sama kegiatan lainnya sehingga ekstrakurikuler bisa menjadi hal yang harus diprioritas bagi kamu pada hari itu juga. Kalau jadwalnya bentrok sama kegiatanmu yang lain, yahhh mau gak-gak mau kamu harus pilih ekstrakurikuler lain yang gak bentrok sama jadwalmu yang lain dan tetap harus sesuai dengan hobi, minat, dan bakatmu.

 

3. Cari tahu lebih dalam tentang kegiatan ekstrakurikuler tersebut

Gambar: teorisekolah.com

 

 

Oh yah, selain itu kamu juga harus cari tahu lebih dalam tentang ekstrakurikuler tersebut loh. Mencari tahu tentang kegiatannya ngapain aja, pembimbingnya siapa, pernah ada mencapai prestasi apa,  dan membutuhkan pengeluaran biaya apa tidak. Mencari tahu lebih dalam tentang kegiatan ekstrakurikuler tersebut supaya kamu tidak merasa terbebankan dan tidak merasa bosan pada saat mengikuti ekstrakurikuler tersebut.

Baca juga: Berikut Trik Menguasai Pelajaran yang Gak Kamu Sukai!

 

4. Hindari jenis ekstrakurikuler yang dapat menurunkan nilai dan prestasimu

Gambar: catatangurupemula.blogspot.co.id

 

 

Tidak dianjurkan bagi kamu untuk memilih jenis ekstrakurikuler yang menjerumuskan kamu pada akibat nilai pelajaran dan prestasimu menurun. Ada loh beberapa ekstrakurikuler yang bisa membuat nilai pelajaran dan prestasimu menurun karena waktu kamu yang seharusnya digunakan untuk belajar malah kamu gunakan untuk ikut ekstrakurikuler dan bahkan sama sekali gak punya waktu untuk belajar. Apalagi pada saat ekstrakurikulermu diikutsertakan dalam perlombaan, jadwal latihanmu pasti semakin padat dan waktu kamu untuk belajar semakin sedikit. Sebaiknya dihindari deh memilih ekstrakurikuler yang dapat menurunkan nilai pelajaran dan prestasimu. Sayang tahu nilai pelajaran dan prestasimu menjadi menurun hanya gara-gara ekstrakurikuler.

 

5. Jangan ikut-ikutan temen

Gambar: informasitips.com

 

 

Mengikuti ekstrakurikuler dibutuhkannya sebuah kemampuan yang ada di dalam diri kamu. Dilarang keras memilih ekstrakurikuler hanya karena ikut-ikutan temen. Ekstrakurikuler yang dipilih dan diikutsertakan hanya karena ikut-ikutan temen belum tentu sesuai dengan kemampuan serta hobi, minat, dan bakat yang kamu miliki. Percuma saja ikut esktrakurikuler berdasarkan ikut-ikutan temen, toh hobi, minat, bakat, dan kemampuanmu sama sekali tidak bisa tersalurkan dan tidak bisa berkembang sesuai dengan apa yang kamu inginkan dan harapkan.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Kalau bingung sebaiknya konsultasi sama orangtua atau guru

Gambar: gadis.co.id

 

 

Kalau kamu bener-bener bingung mau pilih ekstrakurikuler mana yang akan kamu ikuti lebih baik minta saran sama orangtua atau gurumu dengan cara konsultasi dengan mereka. Konsultasi bertujuan untuk mencari jawaban atas kebingungan yang kamu alami dalam memilih ekstrakurikuler yang bisa kamu ikuti. Gak ada salahnya kok kalau kamu konsultasi terlebih dahulu daripada saking bingungnya dan kamu terpaksa buat ngasal pilih ekstrakurikuler.

Udah ngertikan gimana caranya milih ekstrakurikuler yang tepat? Kalau kamu udah tahu pengen pilih dan ikut ekstrakurikuler apa, jangan lupa untuk minta izin sama orangtua kamu karena ekstrakurikuler yang kamu pilih belum tentu diizinin sama orangtua kamu.

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “6 Tips Memilih Ekstrakurikuler yang Tepat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *