Berikut Trik Menguasai Pelajaran yang Gak Kamu Sukai!

Malas belajar merupakan permasalahan yang harus dihadapi dalam proses belajar. Berbagai alasan yang mendasar yang menyebabkan malas belajar. Terutama hal yang membuat seseorang malas belajar adalah matapelajaran yang tidak sukai karena merupakan matapelajaran yang sulit untuk dipelajari. Seharusnya, apapun matapelajarannya harus kamu sukai karena ada manfaatnya yaitu menambah pengetahuanmu. Ada matapelajaran yang gak kamu sukai? Mau tetap bisa menguasai matapelajaran tersebut? Simak triknya ini:

 

1. Belajar sambil mendengarkan musik

Gambar: sermud.com

 

 

Mempelajari matapelajaran yang tidak disukai membuat kamu merasa bosan dan malas untuk belajar. Agar rasa bosan dan malasmu bisa dihindari, kamu bisa belajar sambil mendengarkan musik. Perlu diketahui bahwa belajar sambil mendengarkan musik membuat suasana yang membosankan menjadi menyenangkan sehingga gairah semangat belajar menjadi bertambah. Musik yang diperdengarkan untuk menambah semangat belajar terhadap matapelajaran yang tidak kamu sukai adalah jenis musik yang kamu sukai dan tentunya tidak membuat kamu merasa terganggu. Musik yang baik untuk diperdengarkan saat belajar adalah jenis musik instrumental dan klasik karena alunan musiknya yang tidak mengganggu suasana belajar. Hindarilah mendengarkan musik yang terdapat suara orang yang menyanyikannya karena musik seperti itu malahan membuat kamu lebih fokus sama kata-kata yang ada diucapkan tersebut daripada fokus ke pelajaran yang kamu pelajari.

 

2. Gunakan berbagai variasi belajar

Gambar: britishcouncilfoundation.id

 

 

Belajar bisa kamu lakukan dengan menggunakan berbagai macam variasi belajar. Variasi belajar bisa dengan cara belajar dari tutorial, belajar dengan cara membuat catatan dengan tampilan yang menarik, atau belajar online. Pilihlah variasi belajar yang kamu senangi dan harus bisa membuat kamu merasa mudah memahaminya.

Baca juga: 9 Hal yang Cuman Ada di Masa Sekolah Plus Bikin Kangen Masa Sekolah

 

3. Tambah waktu belajar

Gambar: gadis.co.id

 

 

Menambah waktu belajar yang dimaksud disini bukan menambah waktu belajar matapelajaran di sekolah ya! Tapi jam belajar keseharian kamu. Kamu bisa menambah waktu belajarmu agar bisa cepat kamu kuasai dan pahami. Jam belajar yang kamu tambahkan jangan terlalu lama. Jam belajar yang terlalu lama malahan membuat apa yang sudah dikuasai dan dipahami menjadi lupa dengan sekejab dan juga tidak bagus bagi kesehatanmu. Disela-sela waktu belajar beri sedikit waktu untuk istirahat.

 

4. Belajar kelompok

Gambar: sensei7-1.blogspot.co.id/

 

 

Kamu bisa ajak temen kamu untuk belajar bareng-bareng dimanapun dan kapanpun. Belajar bersama-sama membantu kamu untuk memecahkan permasalahan materi matapelajaran yang gak kamu sukai karena matapelajarannya sulit. Belajar kelompok ada teman yang menjadi mentor atau pembimbing untuk mengajari kamu sehingga matapelajaran yang tadinya sulit dan menjadi beban buat kamu ujung-ujungnya menjadi mudah dipelajari dan menjadi matapelajaran yang menyenangkan untuk dipelajari. Teman belajar kelompokmu juga harus terdiri dari teman-teman yang menyenangkan untuk diajak belajar agar suasana belajar menjadi lebih menyenangkan. Belajar berkelompok merupakan alternatif belajar yang menyenangkan.

 

5. Nikmati proses belajar

Gambar: lynur.com

 

 

Belajar yang efektif dan mendapatkan hasil yang efektif perlu sebuah proses. Hasil belajar yang efektif didapatkan dari proses belajar yang efektif. Nikmati saja proses belajarnya walaupun matapelajaran tersebut tidak kamu sukai karena matapelajarannya sulit atau memang guru pada matapelajaran tersebut yang membuat kamu tidak suka pada matapelajar tersebut. Dalam proses belajar terhadap matapelajaran yang tidak kamu sukai berikan mind set atau pemikiran bahwa matapelajaran tersebut adalah matapelajaran yang menyenangkan dan matapelajaran yang harus kamu sukai.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Cari celah untuk memecahkan permasalahan pada matapelajaran

Gambar: squline.com

 

 

Sebenarnya, semua matapelajaran itu gak sulit untuk dipelajari kok. Yang membuat matapelajaran menjadi sulit untuk dipelajari karena kamu gak tahu celah-celah untuk mempelajari matapelajaran tersebut. Carilah celah-celah berupa solusi untuk memecahkan permasalahan matapelajaran yang tidak bisa kamu pecahkan. Sebagai contoh, kamu kesulitan untuk menjawab soal matematika tentang aljabar, salah satu solusinya adalah cari pemecahannya dengan belajar dari buku, belajar dari internet, atau nanya sama temen sehingga permasalahan yang terjadi dapat terpecahkan.

Tugas dan kewajibanmu sebagai seorang pelajar adalah belajar dengan sungguh-sungguh. Mau pelajaran yang kamu sukai ataupun pelajaran yang tidak kamu sukai tetap harus dipelajari.

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “Berikut Trik Menguasai Pelajaran yang Gak Kamu Sukai!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *