Ingin lolos SBMPTN? Lakukan 8 Tips ini!

Artikel ini merupakan guest posting dari www.susantokun.com

Menjelang kelulusan, para siswa kelas 3 atau XII SMA/SMK berburu tips mudah untuk lolos SBMPTN. Perubahan sistem dan penilaian yang membuat kamu pusing sampai ketakutan karena cemas tidak bisa kuliah di Universitas impian. Sebenarnya, hal tersebut tak akan terjadi kalau kamu sudah mempersiapkannya secara matang sejak jauh-jauh hari. Memilih jurusan dan universitas jangan dilakukan menjelang SBMPTN karena kalau tergesa-gesa dan tidak terencana dengan baik, akan merugikan diri  sendiri loh. Nah berikut 8 tips agar kamu lolos SBMPTN :

 

1. Mengikuti Program Intensif di Sekolah atau Bimbel

Sebagian besar SMA biasanya mempersiapkan program intensif seperti pemantapan dan latihan ujian untuk para siswa yang akan mengikuti tes kelulusan maupun SBMPTN. Jika sekolah tidak menyediakan atau kita butuh belajar tambahan, ada banyak bimbel yang menyediakan program tersebut. Bimbel juga menyediakan kisi-kisi berupa soal latihan yang diprediksi akan muncul saat tes SBMPTN.

 

2. Mengerjakan Soal-Soal SBMPTN Serutin Mungkin

Practice makes perfect – inilah tips mudah lolos SBMPTN. Semakin sering kamu melatih diri dengan mengerjakan soal-soal SBMPTN, maka semakin familier pula dengan polanya. Di sisi lain, kamu pun jangan sampai memforsir diri, sebab otak bisa mengalami kelelahan kalau kamu tidak istirahat. Buatlah jadwal belajar agar lebih efektif dan apabila kamu konsisten dengan jadwal tersebut, maka SBMPTN dapat dilewati.

3. Jangan Meninggalkan Materi yang Belum Kamu Kuasai

Untuk kamu yang belum menguasai materi, jangan pernah meninggalkan materi tersebut. Apalagi kalau materi tersebut sering muncul dalam soal SBMPTN. Segera tanyakan kepada teman, guru, atau pengajar bimbel dan mintalah bantuan mereka sampai kamu matang memahami materinya. Jangan lupa untuk melatih diri kamu sampai tidak kesulitan lagi saat menemukan soal tersebut.

4. Mengajarkan Materi yang Tidak Dipahami oleh Teman

Tips berikut ini berbanding terbalik dengan tips sebelumnya. Kalau kamu di posisi orang yang ditanya, maka berilah ilmu yang kamu kuasai kepada teman yang belum memahaminya. Selain membantu, kamu juga bisa mengasah lagi materi tersebut. Temanmu mungkin juga menguasai hal yang tidak kamu pahami. Jadi kamu bisa melakukan pertukaran ilmu yang bermanfaat untuk lolos SBMPTN

 

5. Mengatur Tempat dan Waktu Terbaik untuk Belajar

Jika kamu susah untuk konsentrasi dan memahami soal, tips selanjutnya adalah mengatur tempat dan waktu untuk belajar. Hal ini dilakukan supaya kamu lebih fokus dalam mengerjakan soal-soal SBMPTN. Jauhkan juga elektonik selama kamu belajar karena akan menjadi pengganggu konsentrasimu.

 

6. Menemukan Motivasi untuk Menguatkan Diri Sendiri

SBMPTN adalah momen perjuangan yang tak jarang membuat mental dan rasa percaya diri menjadi goyah. Untuk mendongkraknya kembali, carilah motivasi kuat dari beberapa orang seperti senior yang sukses lolos ujian atau pengajar yang bersangkutan. Kamu juga dapat mencari kutipan-kutipan dari tokoh terkenal dan menempelkannya di ruang belajar.

 

7. Rutin Mengikuti Try Out dari Sekolah atau Bimbel

Try Out yang dilaksanakan sekolah atau bimbel memang belum tentu menentukan hasil akhir, tapi tidak sedikit siswa yang down karena nilai yang diperoleh jauh dari harapan. Nah, kamu jangan sampai kecewa karena nilai jelek tersebut. Terus asah kemampuan kamu dengan mengikuti Try Out sebagai salah satu tips mudah lolos SBMPTN.

 

8. Jangan Memberi Batasan Pada Jumlah Soal

Hal yang sebaiknya tidak kamu lakukan adalah pembatasan jumlah soal. Usahakan untuk tetap seimbang saat sedang mengerjakan latihan walaupun awalnya kita mengalami kesulitan. Jika dibatasi, ada kemungkinan nilai kamu jadi lebih kecil dari prediksi. Selain itu, hal tersebut secara tidak langsung menghalangi kamu untuk menguasai materi-materi yang mungkin saja muncul di soal-soal SBMPTN.

 

Sekilas memang terlihat gampang, bukan? Nah agar usahamu tidak sia-sia, jangan lupa untuk berdoa dan mempersiapkan mental sebelum tes sehingga kamu dapat lolos SBMPTN dengan mudah. Semoga berhasil!

Baca juga

Share this!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *