Tips Mencatat Penjelasan Guru agar Mudah Dihafal dan Dipahami

Mencatat adalah kegiatan yang mempermudah kamu untuk mengingat materi matapelajaran yang disampaikan oleh gurumu dari buku, dari papan tulis, atau dari proyektor. Terkadang, apa yang dicatat belum tentu bisa dengan muda dihafal dan dipahami. Mau tahu caranya? Berikut Tipsnya!

 

1. Mencatat dengan menggunakan Sticky Note

Gambar: hype.idntimes.com

 

 

Sticky note merupakan sebuah lembaran kertas berukuran kecil yang bisa ditempel dimana saja dengan beraneka macam warna. Untuk mencatat materi matapelajaran di sekolah, kamu bisa memanfaatkan sticky note sebagai media pencatatan. Setiap materi pembelajaran kamu mencatat di sticky note secara singkat berupa inti sarinya saja. Gunakan warna yang berbeda-beda untuk setiap inti sari yang kamu catat. Setelah mencatat di sticky note, catatan yang kamu buat bisa ditempel di buku, di meja belajar, di lemari, di komputer, dan diberbagai tempat lainnya.

 

2. Menggambar catatan dengan mind map

Gambar:  dunianyaanakkita.blogspot.co.id

 

 

Mind map atau yang biasa bisa disebut sebagai peta pemikiran juga bisa kamu gunakan untuk mencatat materi pembelajaran di sekolah. Isi di dalam mind map berupa rangkaian jaringan hubungan terhadap sebuah materi pembelajaran. Dalam setiap rangkaian jaringan bisa dimasukan penjelasan penting yang dibuat dengan sangat singkat . Kamu bisa menggambar mind map dengan pensil warna untuk setiap rangkaian jaringan. Buatlah tampilan mind map yang kreatif dan menarik agar kamu mudah dan cepat menghafalnya.

Baca juga: UN & USBN, Baca disini Perbedaannya!

 

3. Mencatat dengan sistem Cornell

Gambar: wikihow.com

 

 

Sistem Cornerll, apa itu? Sistem Cornell adalah sebuah sistem pencatatan matapelajaran dengan membagi sebuah kertas menjadi 3 bagian. Bagian pertama untuk mencatat sebuah bagian materi, bagian kedua mencatat penjelasan dari bagian pertama, dan bagian ketiga mencatat kesimpulannya. Contohnya; Bagian pertama tertulis bagaimana cara meningkatkan kemampuan otak, bagian kedua tertulis penjelasan cara-cara meningkatkan  kemampuan otak, dan bagian ketiga tertulis kesimpulan dari cara-cara meningkatkan kemampuan otak. Cara membuat sistem Cornell yaitu dengan membuat sebuah garis vertical di tengah kertas dan sebuah garis horizontal di bagian bawah kertas.

 

4. Mencatat dengan menggunakan diagram

Gambar: rislah.com

 

 

Mencatat materi matapelajaran di sekolah yang disampaikan oleh guru berdasarkan buku pelajaran, penjelasan guru di papan tulis atau proyektor. Kamu bisa meringkas materi pembelajaran dengan menggambar sebuah diagram yang isinya ringkasan dari point-point penting yang kamu baca atau dengarkan tadi. Buatlah diagram yang saling disambung-sambung dari point pertama sampai point terakhir. Diagram yang kamu buat bisa berbentuk kotak, lingkaran, segitiga, dll.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

5. Mencatat dengan format dinamis

Gambar: jnynita.com

 

 

Ada cara yang lebih mudah lagi nih. Kamu bisa mencatat materi matapelajaran dengan format dinamis. Format dinamis yang dimaksud adalah mencatat sebuah materi berupa sebuah kata kuncinya saja kemudian penjelasannya diberikan dengan menggunakan simbol atau tanda untuk digabungkan dengan kata kunci tersebut.

Mencatat materi matapelajaran dengan cara seperti ini bisa mempermudah kamu untuk menghafal dan memahami matapelajaran tersebut. Dibuatnya gak membutuhkan waktu yang lama kok.

 

Baca juga

Share this!

3 thoughts on “Tips Mencatat Penjelasan Guru agar Mudah Dihafal dan Dipahami

  1. Нeⅼlо! Ӏ coulpd hɑve swotn Ӏ’νe been to thjs blog before but after browsing hrough some
    of the post I realized it’s nnew tо me. Anyhow, I’m definitеly
    һappy I found іt аnd I’ll Ƅe bookmarking and checking back оften!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *