UN & USBN, Baca disini Perbedaannya!

Untuk masuk ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi, siswa tingkat akhir harus mengikuti UN dan USBN. Sebelum mengikuti ujian, apakah kamu sudah tahu apa perbedaan antara UN dan USBN? Kalau belum, simak dulu penjelasannya di bawah ini:

 

UN:
1. Diselenggarakan serentak di seluruh wilayah Indonesia

Gambar: tendasejarah.com

 

 

UN atau yang biasa dikenal dengan Ujian Nasional setiap tahunnya pasti diselenggarakan oleh Pemerintah Indonesia untuk seluruh sekolah dari tingkat dasar sampai menengah atas/menengah kejuruan, baik sekolah swasta maupun sekolah negeri di seluruh wilayah Indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk jenjang kelas 6, 9, dan 12. Terlebih dahulu sekolah yang mengikuti UN adalah SMA/SMK, kemudian SMP, dan yang terakhir adalah SD.

 

2.  Terdiri dari matapelajaran wajib untuk setiap jenjangnya

Gambar: infodinas.com

 

 

Tidak semua matapelajaran masuk ke dalam UN. Matapelajaran UN  ditentukan oleh Pemerintah Pusat. Setiap jenjang matapelajaran yang di UN kan berupa matapelajaran wajib. Untuk jenjang SD, matapelajaran yang masuk UN adalah Matematika, Bahasa Indonesia, dan IPA. Pada jenjang SMP, matapelajaran yang masuk UN adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan IPA. Untuk jenjang SMA jurusan IPS , matapelajaran yang masuk UN adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Sosiologi, Geografi, dan Ekonomi, sedangkan jenjang SMA jurusan  IPA matapelajaran yang masuk UN adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, Biologi, Fisika, dan Kimia. Untuk jenjang SMK, matapelajaran yang masuk UN adalah Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris, Matematika, dan teori kejuruan. Di tahun 2017, siswa jenjang SMA boleh memilih satu matapelajaran sesuai penjurusan.

 

3. Soal UN dibuat oleh Pemerintah Pusat dan hanya berbentuk pilihan ganda

Gambar: urip.wordpress.com

 

 

Setiap matapelajaran yang masuk UN Pemerintah Pusatlah yang membuat soalnya. Soal yang dibuat oleh Pemerintah Pusat berdasarkan  Badan Standard Nasional Pendidikan. Jumlah soal yang diberikan juga berbeda-beda, ada yang 40 soal dan ada yang 50 Soal. Semua soal UN dari jenjang SD sampai SMA/SMK berbentuk pilihan ganda dan dijawab pada lembar LJK.

Baca juga: 6 Pekerjaan Berpenghasilan Besar untuk Anak Muda

 

USBN:
1. Diselenggarakan berdasarkan ketentuan masing-masing daerah di seluruh wilayah Indonesia.

Gambar: id.pinterest.com

 

 

Selain ada UN juga ada USBN. Apa itu USBN? USBN adalah kepanjangan dari Ujian Sekolah Berstandard Nasional. Jadi siswa-siswa jenjang SMP sampai SMA/SMK akan mengikuti ujian sekolah seperti biasa akan tetapi berstandard nasional. USBN sendiri tidak seperti UN yang waktu penyelenggaraannya serentak di seluruh wilayah Indonesia. Waktu penyelenggaraan USBN ditentukan oleh masing-masing daerah di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Masing-masing daerah di seluruh wilayah Indonesia memiliki jadwal penyelenggaraan USBN yang berbeda-beda.

 

2. Matapelajaran yang masuk USBN terdiri dari matapelajaran muatan lokal untuk setiap jenjangnya

Gambar: blogkopinet.web.id

 

 

Berbicara soal matapelajaran, matapelajaran USBN berbeda dengan matapelajaran UN. Setiap jenjang sekolah matapelajaran yang masuk USBN terdiri dari matapelajaran muatan. Matapelajaran muatan lokal merupakan matapelajaran tambahan. Untuk jenjang SMP matapelajaran yang masuk USBN adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan IPS. Jenjang SMA matapelajaran yang masuk USBN adalah Pendidikan Agama, PPKN, Sejarah, dan 3 matapelajaran sesuai jurusan. Jenjang SMK matapelajaran yang masuk USBN adalah Pendidikan Agama, PPKN, dan Komputer.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

3. Soal dibuat oleh Pemerintah Provinsi dan Pemerintah Kota/Kabupaten berbentuk pilihan ganda dan esai

Gambar: es.slideshare.net

 

 

Dalam penyelenggaraan USBN, Pemerintah Provinsi dan Kota mengambil peran dan bertugas dalam pembuatan soal USBN. Sementara Pemerintah Pusat juga ikut membantu membuat beberapa soal esai. Untuk jenjang SMP, soal USBN dibuat oleh Pemerintah Kota/Kabupaten, sementara jenjang SMA/SMK soal USBN dibuat oleh Pemerintah Provinsi. Sebenarnya, soal USBN sebagian juga ada yang dibuat oleh guru tetap berdasarkan Badan Standard Nasional Pendidikan. Berbeda dengan soal UN, soal USBN terdiri dari soal pilihan ganda dan soal esai. Soal pilihan ganda tetap dijawab pada lembar LJK, sementara soal esai dijawab pada lembar jawaban yang disediakan berupa lembar folio.

Udah tahu kan apa bedanya UN dan USBN? Yang bentar lagi mau USBN dan UN selamat berjuang ya! Persiapkan dirimu dengan matang dan semoga lulus.

 

Baca juga

Share this!

2 thoughts on “UN & USBN, Baca disini Perbedaannya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *