Mau Direkrut Perusahaan Setelah Magang? Simak Triknya disini!

Magang merupakan sebuah proses dalam menjalani pelatihan kerja di berbagai perusahaan, baik perusahaan swasta, perusahaan asing, maupun perusahaan milik pemerintah. Berapa lama waktu kamu untuk magang, perusahaanlah yang menentukannya. Setelah selesai magang, kamu bisa direkrut perusahaan untuk menjadi karyawan tetap atau malah sebaliknya. Sebenarnya, ada cara mudah loh supaya kamu direkrut perusahaan menjadi karyawan tetap setelah selesai magang. Begini Caranya:

 

1. Professional

Gambar: hudersnsc.blogspot.co.id

 

 

Professional merupakan suatu keahlian yang dibutuhkan dalam dunia kerja. Sebagai mahasiswa yang sedang menjalani masa-masa magang, kamu harus menjadi orang yang profesional. Professional dengan cara mampu bekerja sesuai dengan yang diharapkan oleh perusahaan, mampu menyelesaikan masalah, dan bertanggung jawab. Dengan menjadi orang yang professional, pihak perusahaan  menganggap bahwa kamu merupakan tipe orang yang memiliki cara kerja yang bagus.

 

2. Tetap menjaga kedisiplinan

Gambar: pancabudi.ac.id

 

 

Kamu harus tetap menjaga kedisiplinan selama masa magang. Terutama kedisiplinan waktu. Kedisiplinan muncul karena   kesadaran diri sendiri bukan karena diperintahkan oleh orang yang ada di sekitarmu. Kedisiplinan bisa dilakukan dengan cara datang tepat waktu, mampu menyelesaikan pekerjaan sesuai dengan deadline yang ditentukan, dan waktunya bekerja yah bekerja bukan melakukan hal-hal lain seperti bersosial media, bermain games, tidur, dll.

Baca juga: 6 Soal Logika Anak SD. Coba Kamu Jawab, Bisa Gak?

 

3. Bekerja secara perlahan dan teliti

Gambar: kompasiana.com

 

 

Apa yang kamu kerjakan tidak perlu dikerjakan secara terburu-buru, kerjakanlah perlahan tapi pasti. Perlahan tapi pasti yang dimaksud adalah bekerja secara perlahan-lahan dengan membawa hasil yang sesuai dengan apa yang diharapkan. Bekerja dengan terburu-buru menimbulkan efek negatif. Efek negatif yang kamu dapatkan adalah apa yang kamu kerjakan banyak yang salah sehingga hasil kerjamu menjadi buruk. Diusahakan deh saat pekerjaanmu telah selesai dikerjakan, periksa kembali apakah ada kesalahan yang kamu perbuat. Jika ditemukannya kesalahan, perbaiki segera.

 

4. Jadi relawan

Gambar: job-like.com

 

 

Menjadi relawan itu misalnya ada yang meminta bantuan ke kamu dalam hal apapun, secara tulus dan ikhlas bantulah pihak yang meminta bantuan ke kamu. Jangan segan dan takut untuk membantu orang yang ada di sekitar lingkungan kerjamu. Dengan memberikan bantuan, perkerjaan tersebut terasa menjadi lebih ringan.

 

5. Mampu bekerja di bawah tekanan

Gambar: blog.id.jobplanet.com

 

 

Mengalami permasalahan di lingkungan kerja pasti kamu hadapi. Akan ada tekanan-tekanan yang menjadikan kamu tertekan. Ketika kamu mendapatkan tekanan pekerjaan hadapilah dengan santai dan jangan baper. Misalnya, kamu kerjanya gak bener sehingga kamu diomelin sama atasanmu. Kemudian karena kamu terlalu baper, kamu pun malas untuk melanjutkan pekerjaanmu atau melanjutkan pekerjaan dengan rasa tertekan. Seharusnya hadapilah masalah-masalah tersebut dengan tangan dingin dan jangan terlalu dipikirkan.

 

6. Jaga keharmonisan di lingkungan tempat kamu magang

Gambar: solusisupersukses.com

 

 

Bentuklah sebuah keharmonisan di lingkungan tempat kamu magang,  baik dengan teman kerja maupun dengan pihak lain. Keharmonisan bisa tercipta dengan saling menghormati, menghargai, dan mengasihi satu sama lain. Jangan menciptakan suatu perilaku atau tindakan yang menimbulkan keributan atau kegaduhan di lingkungan tempat kamu magang berupa pertengkaran. Kalau kamu punya masalah dengan teman kerjamu, selesaikan masalah tersebut  jangan di dalam kantor tapi di tempat lain dan selesaikan masalah tersebut tanpa sebuah pertengkaran. Anggaplah orang di sekitarmu adalah keluargamu sendiri.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

7. Punya etika yang baik

Gambar: anggih91.wordpress.com

 

 

Etika bisa terbentuk karena keinginan dari dalam diri kita masing-masing. Tentunya, kamu harus punya dan harus bisa menunjukan etika yang baik dalam lingkungan kerja. Etika baik yang bisa kamu tunjukan seperti; berbicara sopan santun, saling menyapa satu sama lain, serta duduk dengan posisi yang benar. Etika dalam berpakaian juga harus diperhatikan bagi kamu wanita ataupun laki-laki. Berpakaian yang penting rapi dan sopan. Tapi jika perusahaan tersebut memberikan aturan  jenis pakaian apa yang harus kamu pakai, patuhilah aturan tersebut.

Harus benar-benar dilakukan ya kalau kamu pengen direkrut perusahaan menjadi karyawan tetap setelah magang!

 

Baca juga

Share this!