6 Soal Logika Anak SD. Coba Kamu Jawab, Bisa Gak?

Logika untuk anak SD terbilang mudah. Akan tetapi, tahukah kamu bahwa ternyata ada loh soal logika untuk anak SD yang disediakan oleh sekolah dengan tingkat yang bikin kita mikir keras? Coba kamu jawab soal berikut ini:

 

1. Angka tersembunyi dalam tempat parkir

Gambar: m.tempo.co

 

 

Sebuah sekolah di Hongkong yang sedang mengadakan ujian masuk penerimaan siswa baru memberikan soal lagika yang cukup memutar otak dan sedikit berpikir keras. Pada soal tersebut, siswa-siswa dihadirkan sebuah soal dimana ada angka yang berderet di tempat parkir. Angka tersebut tidak berurutan dan ada satu angka yang ditutupi oleh sebuah mobil. Tugas siswa adalah menebak berapa angka yang tersembunyi di mobil tersebut. Coba pikirin dan mainin logikamu, kira-kira jawabannya berapa? Tahu gak?

 

2. Pengurangan

Gambar: today.line.me

 

 

Jawaban yang satu ini bisa terbilang aneh. Dimana-mana 29 – 1 = 28 bukan 30. Kalau jawabannya 30 mestinya soalnya bukan 29 – 1 tetapi harusnya 29 + 1. Sekarang kamu coba pikirin kenapa 29 – 1 = 30. Hayoo bingung ya? Kira-kira kenapa ya jawabannya bisa begitu? Apa mungkin si guru salah memberikan pertanyaan? Atau mungkin siswanya yang salah memberikan jawabannya?

Baca juga: 7 Nasehat ala Albert Einstein Untuk Kamu yang Pengen Sukses

 

3. Sekotak cokelat

Gambar: brilio.net

 

 

Dalam soal ini, ada soal cerita bahwa seseorang mempunyai sekotak cokelat yang di dalam ada kotak cokelat lagi. Di dalam kotak cokelat tersebut ada cokelat isi caramel, isi kelapa, isi caramel dan kelapa, dan cokelat yang gak ada isinya. Terdapat 30 cokelat isi caramel, 25 cokelat isi kelapa, 10 coklat isi caramel dan kelapa, dan sisanya lagi coklat tanpa isi. Siswa SD di Amerika serikat disuruh menjawab kira-kira gambar yang benar sesuai dengan soal cerita itu yang mana. Kamu tahu jawabannya?

 

4. Nebak angka sama dengan

Gambar: obs.line-scdn.net

 

 

Pertanyaan ini diberikan kepada dua pihak yaitu anak SD dan seorang programmer. Tak disangka, anak SD jauh lebih cepat dan pandai dalam menjawab soal ini, hanya dibutuhkan waktu satu menit untuk menjawab soal ini. Programmer aja butuh waktu yang lumayan lama buat ngejawab, 1 jam waktu buat ngejawabnya. Masa programmer bisa kalah sih ama anak SD.

 

5. Arah bus berjalan

Gambar: obs.line-scdn.net

 

 

Ada sebuah soal dengan pertanyaan ” Ke arah mana bus ini berjalan?” Soal ini bikin pusing tujuh keliling. Gimana gak pusing tujuh keliling, pintu dan jendela tempat drivernya mengemudi gak ada di gambar dan gambaran roda berputar yang menunjukan arah juga gak ada.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Piramid angka

Gambar: brilio.net

 

 

Siswa kelas 3 SD di Singapora diberikan sebuah soal berupa piramida angka. Setiap kotak primida terisi oleh angka sementara ada kotak piramida yang tidak ada angkanya. Disitulah logika siswa kelas 3 SD tersebut mulai teruji. Siswa tersebut harus menjawab angka berapakah yang ada di dalam kotak piramida yang kosong tersebut. Dalam waktu beberapa menit saja mereka bisa langsung menebak jawabannya.

 

Kata kuncinya:

1. Pada soal nomor 1, angka yang tersembunyi adalah 87. Kok bisa begitu? Gimana caranya? Caranya sebenarnya gampang kok. Coba balik setiap angkanya. Angka yang muncul setelah dibalik adalah 86, … , 88, 89, 90, 91. Nah angkanya berurutan tuh. Berarti tinggal ditembak setelah angka 86 itu berapa. Sudah pasti jawabannya 87 dong.

 

2. Soal ke dua sebenarnya merupakan soal matematika dalam angka romawi tetapi tetap ditulis dalam angka biasa. 29 adalah angka romawi dari XXIV. Jika angka romawi I dihilangkan menjadi XXX. XXX adalah angka romawi dari 30.

 

3. Jawaban untuk soal nomor 3 Adalah B. Pemecahannya adalah Jumlah cokelat isi caramel 30 – 10 = 20, jumlah cokelat isi kelapa 25 – 10 = 15,  sisanya 5 cokelat tanpa isi, 50 – ( 20+15+10) = 5.

 

4. Siapa sangka ternyata pada soal nomor 4 ini dihitung jumlah bulatnya pada setiap angka. Yang ditanyakan 2518 =???, jawabannya adalah 2. Jadi misalnya ada angka 9018. Angka 9 bulatannya = 1, angka 0 bulatannya = 1, angka 1 bulatannya = 0, dan angka 8 bulatannya = 2. Jadi angka 9018 memiliki jumlah bulatannya 4.

 

5. Jawaban untuk soal nomor 5 tentang kemana arah bus ini berjalan adalah ke arah kanan. Posisi jendela dan pintu driver ada di arah berlainan.

 

6. Angka bawah kiri dan kanan saling berhubungan dengan angka yang atas. 263+ 198 = 461 dan angka atasnya 441. 461- 441 = 15. Coba angka selanjutnya. Cara menghitungnya juga sama kok. Hasil untuk kotak pramida D = 1345 dan E = 2440.

Udah tahukan jawabannya? Sebelum lihat kunci jawabannya pasti kamu mikir keras dan kebingungan buat ngejawabnya.

 

Baca juga

Share this!