6 Langkah Membuat Karya Ilmiah, Makalah, atau Skripsi dengan Mudah dan Cepat

Biasanya membuat karya ilmiah, makalah, atau skripsi merupakan tugas akhir yang harus diselesaikan oleh siswa dan mahasiswa di sekolah dan kampus. Supaya kamu bisa sukses membuat karya ilmiah, makalah, atau skrispi, kamu perlu mengikuti beberapa langkah. Langkah-langkah tersebut terdiri dari sebagai berikut:

 

1. Tentukan topiknya terlebih dahulu

Gambar: iwantrisna.com

 

 

Pembuatan sebuah karya ilmiah, makalah, atau skripsi dibutuhkannya suatu topik. Karya ilmiah, makalah, atau skrispi dibuat berdasarkan penelitian yang kamu lakukan. Isi larya ilmiah, makalah, dan skripsi mengfokuskan pada analisis topik yang kamu bahas, permasalahan yang terjadi, dan memberikan solusi terbaik agar masalah tersebut dapat segera terselesaikan. Pertama-tama tentukan terlebih dahulu topik yang ingin kamu bahas di dalam karya ilmiah, makalah, dan skripsi yang kamu buat. Pilihlah topik yang benar-benar mudah kamu pahami dan kuasai supaya kamu bisa cepat menyelesaikannya. Jika topik tersebut tidak kamu pahami dan kuasai, maka kamu akan merasa kesulitan sehingga kamu tidak bisa menyelesaikannya dengan tepat waktu.

 

2. Analisa objek, permasalah, dan solusi yang harus dilakukan

Gambar: bca.co.id

 

 

Dalam pembuatan karya ilmiah, makalah, dan skripsi dibutuhkannya suatu informasi yang akurat dan sesuai dengan faktanya. Setelah kamu menentukan topik pembahasannya, lakukan analisa terhadap suatu objek. Pelajari analisa-analisa objek yang kamu bahas. Setelah berhasil menganalisa, kamu harus cari tahu permasalahannya berdasarkan hasil analisa tadi. Yang terakhir, pikirkan solusi terbaik dari permasalahan yang kamu analisa. Analisa suatu objek, permasalahan dari hasil analisa, dan solusi terbaik dari permasalahan harus jelas, detail, dan lengkap agar kamu bisa dengan mudah menjelaskannya ke dalam bentuk karya ilmiah, makalah, atau skripsi.

 

3. Kumpulkan berbagai macam bahan atau paduan pendukung topik

Gambar: id.techinasia.com

 

 

Untuk mendukung pembahasan topik yang telah kamu pilih, perlunya mengumpulkan berbagai macam bahan atau paduan pendukung topik yang kamu pilih dan kamu bahas. Kumpulkanlah sumber sebanyak-banyaknya yang dapat mendukung pembahasan topik. Sumber-sumber yang bisa kamu dapatkan dari berbagai macam buku, jurnal, maupun internet. Jauhkan pengumpulan bahan dan paduan pendukung topik yang berasal dari blog karena isinya belum tentu akurat dan sesuai dengan faktanya. Diusahakan carilah sumber yang berasal dari pendapat para peniliti atau pendapat para ahli. Kalau kamu bingung mau cari sumbernya dimana, kamu bisa cek di pembahasan sebelumnya yang berjudul  7 Situs Mempermudah Pengerjaan Karya Ilmiah, Makalah, atau Skripsi

Baca juga:  Trik Convert File PDF ke Berbagai Format File

 

4. Tarik kesimpulan, kritik, dan saran

Gambar: historyterminal.wordpress.com

 

 

Setelah selesai menganalisa objek, permasalahan, dan mencari solusi terbaik kamu harus menarik kesimpulannya. Kesimpulan merupakan garis besar dari hasil analisa. Yang namanya kesimpulan isinya sudah pasti sedikit. Tentukan kira-kira kesimpulan yang cocok dan nyambung dari hasil analisa itu seperti apa. Selain kesimpulan, berikan kritik dan saran yang membangun terhadap hasil analisa tersebut agar menjadi lebih baik lagi.

 

5. Buat coretan berupa kerangka pembuatan karya ilmiah, makalah, atau skripsi

Gambar: masjaki.com

 

 

 

Biar kamu gak merasakan kesusahan saat penyusunan karya ilmiah, makalah, atau skripsi, sebelum itu buatlah coretan berupa kerangka pembuatan karya ilmiah, makalah, atau skripsi yang ingin kamu buat. Kerangka yang dibuat mulai dari Bab I  yang isinya mengenai Pendahuluan, berlanjut pada Bab II yang isinya mengenai Landasan Teori mengenai topik yang kamu pilih dan kamu bahas, kemudian buat kerangka Bab III yang isinya mengenai Pembahasan, Bab IV Implementasi (jika ada), dan Bab V yang isinya Kesimpulan serta Kritik dan Saran. Dalam setiap kerangka bab yang kamu buat, berikan penjelasan yang sesingkat-singkatnya berupa sub bab.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Susun hasil kerangkanya dalam bentuk karya ilmiah, makalah, atau skripsi secara lengkap, detail,  jelas, dan benar

Gambar: hipwee.com

 

 

Setelah kerangka dibuat, susunlah hasil kerangkanya dalam bentuk karya ilmiah, makalah, atau skrispi. Disusunnya harus berurutan mulai dari Bab I, Bab II, Bab III, Bab IV, Bab V, dan Daftar Pustaka. Untuk cover, Halaman Pengesahan, Kata Pengantar, Daftar Isi, dan Abstrak bisa dibuat belakang aja saat Bab I – Daftar Pustaka telah selesai disusun. Isi dalam setiap bab yang sudah mulai disusun harus dijelaskan secara lengkap, detail, jelas, dan benar. Untuk mempermudah kamu, susunlah bab per bab. Setelah satu bab selesai, janganlah lupa untuk diberikan kepada guru atau dosen pembimbingmu agar bisa dicek apakah yang kamu buat itu ada yang salah atau tidak. Jika ada kesalahan, lakukan revisi secepatnya sesuai arahan guru atau dosen pembimbingmu. Jika ternyata tidak ada yang direvisi, lanjutkan mengerjakan bagian selanjutnya. Lakukan bimbingan secara terus-menurus demi kelancaran pembuatan karya ilmiah, makalah, atau skripsimu.

 

Baca juga

Share this!