Trik Convert File PDF ke Berbagai Format File

PDF atau Portable Data Formate adalah sebuah format berkas yang dibuat oleh Adobe System untuk keperluan data digital. PDF sendiri memiliki kekurangan yaitu file yang sudah berformat PDF tidak dapat di edit. Biasanya seseorang membuat sebuah file dari Ms.Word dan disimpan dengan format PDF. Buat kamu yang pengen convert file PDF ke berbagai format file, disini aku akan kasih tahu kamu triknya dengan menggunakan situs Zamzar.com

 

–  Ketik Zamzar pada halaman google

Gambar: Dokumentasi pribadi

 

 

Kamu pasti sering menggunakan google kan? Cara gampang, kamu bisa masukin keyword Zamzar di google. Kemudian setelah muncul di google, pilihlah link yang bertuliskan Zamzar-, adanya di bagian halaman pertama seperti gambar di atas ini.

 

–  Setelah masuk ke halaman utama ikutilah step-step untuk proses convert file

Gambar: Dokumentasi pribadi

 

 

Apa yang harus kamu lakukan selanjutnya? Tentunya setelah kamu berhasil masuk ke halaman Zamzar, kamu harus mengikuti step-step berikut ini untuk mengconvert file PDF ke berbagai format file yang kamu inginkan:

 

Step 1

Gambar: Dokumentasi pribadi

 

 

Pada step 1 kamu diharuskan untuk menekan tombol choose file. Setelah ditekan, akan masuk ke halaman file yang ingin kamu pilih. Pilihlah file yang akan kamu convert, maka file yang telah kamu pilih itu akan masuk ke zamzar untuk di convert.

 

Step 2

Gambar: Dokumentasi pribadi

 

 

Jika file yang kamu pilih sudah masuk ke Zamzar, kamu bisa lanjut ke step 2 dengan memilih jenis format file yang ingin kamu convert. Format file yang ada seperti doc, docx, ppt, xls, dll. Pemilihan format file bertujuan untuk mengubah file PDF ke format file sesuai dengan yang kamu inginkan

Baca juga: Hal Tak Terduga yang Dapat Membuat Seseorang Menjadi Lebih Pintar

 

Step 3

Gambar: Dokumentasi pribadi

 

 

Pada step 3 kamu diharuskan untuk memasukan alamat email. Nantinya setelah file berhasil di convert ke sebuah format  file yang kamu inginkan akan masuk ke emailmu berupa sebuah link. Dimana link tersebut digunakan untuk mendownload file yang formatnya telah berubah.

 

Step 4

Gambar: Dokumentasi pribadi

 

 

Setelah kamu  mengikuti dan melewati step 1- 3, barulah kamu masuk pada step 4. Pada step 4 kamu harus menekan tombol putih bertuliskan convert. Setelah tombol putih bertuliskan convert ditekan, maka file yang sudah masuk di Zamzar akan di convert sesuai dengan format yang kamu pilih tadi.

 

–  Buka email

Gambar: Dokumentasi pribadi

 

 

 

Sehabis file tersebut sudah berhasil di convert, bukalah email kamu. Pada bagian inbox email, klik nama pengirim Zamzar Conversions. Setelah masuk ke halaman, di bagian bawah tulisan Or click on the following link to download your converted file ada link berwarna biru, lalu klik linknya.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

–  Klik tombol download

Gambar: Dokumentasi pribadi

 

 

Setelah kamu klik link biru tersebut, kamu akan kembali ke halaman Zamzar. Pada bagian kanan ada tombol berwarna hijau bertuliskan download now, lalu diklik. Tombol yang bertuliskan download now fungsinya untuk mendownload file yang sudah berubah formatnya. Beberapa saat kemudian akan muncul tabel pilihan untuk buka berkas atau simpan berkas.

Trik ini beneran mempermudah kamu untuk mengconvert file PDF ke berbagai format file yang kamu inginkan loh. Semoga trik ini bisa bermanfaat buat kamu. Selamat Mencoba!

 

Baca juga

Share this!