Hal Tak Terduga yang Dapat Membuat Seseorang Menjadi Lebih Pintar

Kepintaran bisa diperoleh oleh semua orang. Berbagai cara bisa kamu lakukan untuk menjadi orang yang lebih pintar lagi. Caranya adalah dengan berusaha semaksimal mungkin. Namun ada juga orang yang pintar karena faktor genetik alias faktor keterunan. Ternyata, dalam kehidupan nyata kita ada loh hal tak terduga yang menjadikan seseorang menjadi lebih pintar. Kira-kira apa ya? Simak disini!

 

1. Kesetrum

Gambar: info-berita-terkini.blogspot.co.id

 

 

Ada yang gak jago matematika? Pasti ada banyak kok yang gak jago matematika karena matematika merupakan pelajaran yang paling sulit sehingga sebagian orang tidak menyukai pelajaran matematika. Buat kamu yang pengen jadi pintar matematika, ternyata kesetrum itu bisa bikin kamu jadi pintar matematika loh. Bingung ya kenapa bisa begitu? Ada sebuah penelitian di Oxford University yang menyatakan bahwa kesetrum listrik dengan tegangan kecil memang bisa membuat pintar matematika. Penelitian ini dicoba ke beberapa mahasiswa Oxford University.  Para peneliti mencoba memberikan setrum listrik yang diarahkan ke bagian otak  mahasiswa. Aliran listrik yang diberikan dari bagian kanan ke kiri. Ternyata hasilnya mahasiswa tersebut lebih cepat memahami teka-teki yang diberikan. Jika diberi setruman listrik dari arah kiri ke kanan, malahan memperlambat pemahaman  teka-teki. Gimana? Kamu berani coba gak?

 

2. Kidal

Gambar: hellosis.com

 

 

Kidal merupakan suatu kebiasaan yang dilakukan dengan menggunakan tangan kiri untuk melakukan segala pekerjaan, mengambil benda, menulis, menggambar, dll. Kebiasaan kidal ini disebabkan karena seseorang sudah terlatih dan merasa nyaman menggunakan tangan kiri untuk beraktifitas. Kidal biasanya terjadi pada saat seseorang masih kecil tanpa disadari menggunakan tangan kiri lalu sama orangtuanya tidak dilarang atau tidak diajarkan untuk menggunakan tangan kanan. Ada saja yang sengaja untuk mengkidalkan diri. Hal ini juga ada hubungannya dengan faktor gangguan perkembangan. Dibalik orang kidal, tenyata kebanyakan orang kidal adalah orang yang pintar. Chris McManus, profesor psikolog dari University College London menyatakan bahwa terbiasanya menggunakan tangan kiri membuat kinerja otak seseorang menjadi lebih terstruktur dan lebih menggunakan otak kanan dan otak kiri untuk beraktifitas dan berpikir. Lain halnya dengan seseorang yang terbiasa menggunakan tangan kanan, kinerja otaknya lebih cenderung menggunakan otak kiri untuk beraktifitas dan berpikir.

Baca juga: Perhatikan Hal Penting yang Harus dilakukan Demi Kelancaran Acara Sekolah / Kampus

 

3. Ngomong sendiri

Gambar: bloginformasi-copas.blogspot.co.id

 

 

Melihat orang ngomong sendiri udah berpikir bahwa orang tersebut adalah orang stress atau orang gila. Etsss, tunggu dulu, orang yang suka ngomong sendiri itu belum tentu dia itu stress atau gila. Ada faktanya berdasarkan percobaan Daniel Swigley dan Gary Lupyan. Daniel Swigley dan Gary Lupyan merupakan seorang psikolog, dimana mereka mencoba 20 orang untuk mencari benda di sebuah supermarket. 2o Orang tersebut mencari benda sambil berbicara sendiri dan seketika akhirnya mereka berhasil menemukan benda yang dicari. Berdasarkan bukti yang mereka teliti bahwa berbicara sendiri bisa menambah memori yang ada dipikiran. Ketika seseorang berbicara sendiri, maka yang terlintas dipikiran mereka adalah ucapan yang mereka ungkapkan untuk mengaktifkan suatu gambaran yang sedang mereka pikirkan. Ada psikolog lain yang bernama Linda Sapadin yang mengatakan bahwa seseorang yang berbicara sendiri dapat membantu mengatur pikiran  dalam memecahkan berbagai masalah. Jadi, kalau ada orang yang lagi ngomong sendiri jangan langsung berpikir bahwa orang tersebut sedang stress atau orang gila.

 

4.  Anak sulung

Gambar: idjuragan.blogspot.com

 

 

Berdasarkan penelitian Ekonom dari Universitas Edinburgh, anak sulung ternyata bisa lebih pintar dari adik-adiknya karena memiliki IQ dan keterampilan yang lebih tinggi. Hal ini terjadi karena faktor pengaruh orangtuanya. Orangtua lebih tegas dalam mendidik, memberi tekanan-tekanan, dan menuntut kepada anak sulung mereka dibandingkan kepada anak tengah atau anak bungsu karena mereka beranggapan bahwa anak sulung harus dapat memberikan contoh dan teladan yang baik untuk adik-adiknya. Adanya faktor dari orangtua yang membuat mereka harus menjadi anak yang lebih pintar dan lebih sukses. Namun, kebanyakan orang beranggapan bahwa anak sulung tidak selalu menjadi anak yang lebih pintar dan ada juga yang beranggapan bahwa anak sulung memang lebih pintar.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

5. Bad Mood

Gambar: holistix.wordpress.com

 

Setiap orang memiliki bad mood yang suka berubah-ubah, terkadang marah, sedih, kecewa, dll. Bad mood disebabkannya oleh suatu keadaan yang menjadikan seseorang tiba-tiba bad mood. Entah itu karena dikecewakan, dimarahin, dikasih hal-hal negatif, dll. Tahukan kamu bahwa ternyata bad mood itu bisa buat kamu makin pintar dan kreatif loh? Seseorang peneliti bernama Joe Forgas yang mengungkapkan bahwa bad mood mampu meningkatkan kinerja otak dalam hal menangkap berbagai informasi dan penyesuaian diri terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini dilakukan dengan cara memerintahkan beberapa orang untuk menonton film pendek. Mereka pun diberikan sebuah soal. Ternyata oh ternyata, semakin mood mereka terpengaruh oleh film tersebut, maka semakin sedikit kesalahan dalam menjawab pertanyaan yang diberikan. Mood yang dipengaruhi dapat menjadikan seseorang mudah memecahkan berbagai permasalahan, lebih obyektif dalam melihat masalah, dll.

Percaya gak nih sama fakta-faktanya? Sebenarnya yang membuat kamu pintar adalah usaha yang kamu lakukan. Kepintaran gak bisa diperoleh tanpa sebuah keras.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Hal Tak Terduga yang Dapat Membuat Seseorang Menjadi Lebih Pintar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *