Perhatikan Hal Penting yang Harus dilakukan Demi Kelancaran Acara Sekolah / Kampus

Membuat sebuah acara di sekolah / kampus tidaklah mudah. Harus ada persiapan dari awal yang mendukung agar acara yang diselenggarakan dapat berjalan dengan lancar. Akan tetapi ada juga penghalangnya yang membuat acara tersebut menjadi terhambat. Buat kamu yang pengen buat acara di sekolah / kampus, nih beberapa tips biar acara kamu jadi lancar jaya!

 

1. Tentukan Panitianya

Gambar: maretariana.wordpress.com

 

 

Panitia adalah yang berperan aktif dalam mengurus sebuah acara dari awal sampai akhir. Tanpa panitia, acara yang diselenggarakan tidak akan berjalan sesuai dengan yang diharapkan. Biasanya panitia dalam sebuah acara terdiri dari ketua panitia, wakil panitia, bandahara, sekretaris, keamanan, kebersihan, konsumsi, pencari dana, sesi acara, dll. Terlebih dahulu, tetapkanlah siapa saja yang akan menjadi panitia acara sekolah atau kampusmu melalui tahap seleksi. Seleksi merupakan tahap penentu penetapan panitia penyelenggara acara. Menjadi panitia harus memiliki softskill bertanggungjawab, aktif, dapat diandalkan, jujur, mampu bekerjasama, dll.

 

2. Pikirkan dan buat konsep acara yang semenarik mungkin

Gambar: slwtnblogblog.blogspot.co.id

 

 

Setelah selesai menentukan panitia acara, perlu adanya konsep acara yang ingin diselenggarakan. Pikirkan dan buat terlebih dahulu konsepnya mau seperti apa. Konsep yang dibuat harus yang semenarik mungkin yang kira-kira banyak orang yang mau berpartisipasi sekaligus acaranya gak membosankan. Setiap anggota panitia diwajibkan untuk mengutaran ide-idenya. Konsep acara bisa dilihat dari tema acara serta acaranya ada apa saja. Jika konsep yang dibuat semakin menarik, maka semakin banyak pula peminatnya yang ingin menghadiri acara tersebut.

Baca juga: Tips Anti Mahasiswa Abadi

 

3. Buat proposal

Gambar: waralabaku.com

 

 

Konsep dan susunan acara yang udah pasti menarik perlu diutarakan dalam sebuah proposal acara. Proposal dibuat sebagai bentuk minta restu dan kerjasama dari berbagai pihak, entah itu pihak sekolah atau kampus maupun pihak sponsor. Konsep menarik yang diutarakan di dalam proposal dijamin bikin acara kamu diterima sama pihak sekolah atau kampus serta dapet banyak sponsor. Dari konsep acara yang menarik, kamu dan panitia penyelenggara acara lainnya bisa mendapatkan dana yang cukup besar dari pihak sponsor.

 

4. Bekerja dengan kompak

Gambar: youthmanual.com

 

 

Setiap anggota kepanitiaan dari tahap persiapan sampai tahap pelaksanaan acara harus saling bekerja dengan kompak. Satu sama lain harus saling bahu-membahu tolong-menolong. Yang satu memerintahkan dan yang lainnya melaksanakannya secara bersama-sama. Tidak boleh satu anggotapun yang maunya menang sendiri. Harus ikut aturan mainannya agar acara dapat berjalan dengan lancar. Jika ada satu orang yang tidak mampu bekerja dengan kompak, maka acara akan terhambat.

 

5. Promosikan acaramu ke berbagai media

Gambar: dailysocial.id

 

Jangan lupa untuk memperkenalkan acaramu kepada masyarakat luas. Kamu beserta tim bisa melakukan promisi acaramu melalui berbagai media sosial yang ada seperti; Facebook, Twitter, Instagram, Path, dll. Buatlah promosinya dalam bentuk poster yang bisa diposting ke berbagai media sosial. Poster yang dibuat bisa juga ditempel di mading sekolah atau kampusmu. Selain promosi melalui sosial media atau tempel poster di mading, kamu bisa mempromosikan acaramu lewat iklan siaran radio dan iklan media cetak.  Dimana hal ini dapat memungkinkan acaramu banyak dilirik oleh masyarakat luas sehingga yang melihat promosi acaramu bisa datang ke acara yang kamu dan timmu selenggarakan asalkan acara tersebut memiliki konsep yang menarik.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Rajin-rajin mengadakan rapat dan evaluasi

Gambar: catatanis.wordpress.com

 

 

Dalam proses penyelenggaraan suatu acara di sekolah atau kampus perlu disertakan sebuah rapat kepanitiaan. Rajin-rajinlah mengadakan rapat kepanitiaan untuk membahas acara yang akan diselenggarakan. Buatlah jadwal pengadaan rapat kepanitiaan. Jadwal tersebut meliputi waktu rapatnya kapan saja, jam berapa, dan dimana tempat rapatnya. Pada hari H acara,  jangan lupa untuk mengadakan evaluasi tentang kekurangan dari acara tersebut dan bagaimana cara mengatasinya agar kekurangan tersebut tidak terjadi lagi. Lakukan evaluasi sehabis acara selesai.

Baca juga

Share this!