Tips Anti Mahasiswa Abadi

Keseharian sebagai mahasiswa harus dijalani selama kurang lebih 4 tahun. Setiap mahasiswa memiliki cita-cita ingin cepat lulus. Namun, ada saja penghalang yang membuat kelulusan mereka menjadi terhambat. Bisa dikatakan sebagai mahasiswa abadi. Buat kamu yang gak pengen jadi mahasiswa abadi, berikut tipsnya:

 

1. Penuhilah jumlah SKS, nilai, dan IP yang ditentukan

Gambar: ubaya.ac.id

 

 

SKS atau Satuan Kredit Semester wajib diambil setiap semesternya. SKS yang kamu ambil tergantung dengan IP yang kamu miliki. Semakin tinggi IP kamu, semakin banyak SKS yang bisa kamu ambil. Agar kamu mempunyai IP yang tinggi dan bisa mengambil jumlah SKS yang banyak jawabnya adalah kamu harus rajin belajar supaya nilaimu bagus. Mendapatkan nilai yang bagus bisa memperoleh IP yang tinggi. Nilai yang bisa kamu peroleh untuk mendapatkan IP yang tinggi adalah nilai A dan B untuk setiap mata kuliah. Selain itu jangan harap kamu bisa mendapatkan IP yang tinggi. Nilai C merupakan nilai paling mentok yang boleh kamu peroleh di setiap semesternya. Mendapatkan nilai D dan E harus perbaikan atau ngulang mata kuliah yang sama.

 

2. Ikutilah Semester Pendek

Gambar: fsr.isi.ac.id

 

 

Apa sih semester pendek itu? Emang fungsi semester pendek itu apa? Banyak mahasiswa yang mempertanyakan mengenai semester pendek. Semester pendek berfungsi untuk memperbaiki nilai mata kuliah yang jelek. Akan tetapi, ada beberapa kampus yang mengadakan semester pendek hanya untuk menambah jumlah SKS. Jika ada mata kuliah yang nilainya jelek ( D dan E) sebaiknya ikutilah semester pendek. Kalau kamu gak ikut semester pendek, nantinya pada semester tertentu kamu harus mengulang mata kuliah yang sama. Itu membuat waktu lulus kuliahmu menjadi lebih lama lagi.

 

3. Jangan menunda mengerjakan skripsi

Gambar: hipwee.com

 

 

Kamu mahasiswa akhir? Ada skripsi kan? Kalau kamu udah mengajukan topik skripsi kepada dosen pembimbingmu, jangan menunda-nunda untuk mengerjakannya. Kerjakan dengan cara dicicil. Dicicil dikit demi sedikit juga bakalan cepet selesai. Ingat, jangan lupa untuk selalu ikut bimbingan skripsi supaya kamu bisa tahu mana bagian yang salah dan bagaimana solusi memperbaikinya. Revisi bukanlah masalah. Hadapilah revisi dengan sepenuhi hati. Ikuti ajaran dosen pembimbingmu terhadap revisi skripsimu supaya kamu gak revisi berkali-kali. Buat kamu yang skripsinya gak cuman bikin tulisan tapi juga bikin project mesti dicicil juga. Bagi waktu antara membuat tulisan dengan membuat project.

Baca juga: 6 Fakta Alasan Mahasiswa Kena DO

 

4. Bagi waktu antara kuliah dengan berorganisasi / UKM / bekerja

Gambar: hipwee.com

 

 

Mahasiswa aktif punya segelintir kegiatan selain kuliah seperti; ikut organisasi kampus atau organisasi di luar kampus, UKM, maupun bekerja. Jadwal yang padat membuat mahasiswa lebih fokus ke kegiatan organisasi / UKM / bekerja. Waktu untuk mengerjakan tugas kuliah menjadi semakin sedikit dan terabaikan. Pintar-pintarlah membagi waktu antara kuliah dengan berorganisasi /UKM /bekerja. Harus tahu waktu juga.

 

5. Rajin-rajinlah masuk kuliah

Gambar: icampusindonesia.com

 

 

Malas masuk kuliah atau bolos kuliah yang paling disukai oleh kebanyakan mahasiswa. Apakah kamu termasuk didalamnya? Jangan sampe deh kamu jadi mahasiswa yang jarang masuk kuliah karena males. Usahakan untuk masuk kuliah walaupun rasa malas menghampiri kamu. Absen yang banyak bolongnya bisa berpengaruh bagi nilai kamu. Nilaimu akan semakin menurun jika kamu sering gak masuk kuliah tanpa alasan. Gak masuk kuliah karena sakit atau ada keperluan mendadak yang disertai surat izin masih sah-sah saja. Sayang kan kalau nilaimu jadi jelek dan harus memperbaiki nilai atau ngulang mata kuliah hanya gara-gara sering gak masuk kuliah.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Aktif bertanya di dalam maupun di luar kelas

Gambar: trivia.id

 

 

Memahami pembelajaran tidak hanya dari bahan pembelajaran yang digunakan melainkan harus aktif bertanya. Bertanyalah tentang materi pembelajaran yang kurang kamu pahami. Bertanya bisa kepada teman-teman sekelas / kakak kelas / dosen di dalam maupun di luar kelas. Tanpa bertanya ilmu yang seharusnya bertambah malah menjadi berkurang dan kamu gak tahu apa-apa karena rasa keingintahuanmu dipendam terus. Lebih baik utarakan saja rasa keingintahuanmu. Dengan bertanya, kamu bisa menemukan jawaban yang sesungguhnya. Bertanya adalah solusi terbaiknya.

Selamat mencoba tips ini! Semoga kamu gak jadi mahasiswa abadi ya!

Baca juga

Share this!