6 Fakta Alasan Mahasiswa Kena DO

Pemecatan gak cuman terjadi di dunia kerja, tetapi di dunia kuliah juga ada. Dalam dunia kuliah istilahnya adalah “DO”. DO bisa saja terjadi akibat ulah-ulah yang dilakukan oleh para mahasiswa yang dilakukan secara sengaja dan tidak sengaja. Memang apa sih yang menyebabkan mahasiswa di DO? Berikut penjelasannya:

 

1. Tidak mampu melanjutkan pembayaran uang kuliah

Gambar: cermati.com

 

 

Biaya kuliah memang dibutuhkan untuk setiap bulannya atau bahkan ada juga yang biaya kuliahnya per semester. Pasti ada batas waktu yang ditentukan oleh pihak kampus untuk melunasi biaya kuliah. Pada saat ada mahasiswa yang mempunyai masalah keuangan sehingga tidak mampu untuk melanjutkan pembayaran uang kuliah, beberapa kampus memutuskan untuk memperpanjang waktu pembayaran. Jika waktu perpanjangan tersebut mahasiswa tetap tidak bisa melanjutkan pembayaran uang kuliah, dengan berat hati mahasiswa tersebut harus di DO dari kampusnya.

 

2. Mahasiswa abadi

Gambar: pedidikanindonesia.com

 

 

Gak lulus hanya berlaku untuk mahasiswa di suatu perguruan tinggi. Bisa dikatakan sebutannya adalah mahasiswa abadi. Gak lulus karena ada matakuliah yang nilainya jelek dan harus ngulang-ngulang terus sehingga waktu kuliah yang seharusnya 4 tahun maksimal 6 tahun menjadi lebih dari 6 tahun. Batas waktu kuliah yang ditentukan sudah melewati batas jadilah mahasiswa tersebut harus dan terpaksa di DO dari kampus demi nama baik kampus tersebut. Gak cuman kampus yang malu punya mahasiswa abadi, tapi mahasiswa abadi tersebut pasti juga malu sama orang-orang di sekitarnya.

 

3. Jumlah SKS yang diambil terlalu sedikit

Gambar: kingmotivation.blogspot.co.id

 

SKS alias Sistem Kredit Semester wajib dimiliki oleh setiap mahasiswa dalam setiap semester perkuliahan. Semua kampus memiliki ketentuan jumlah SKS yang harus dimiliki oleh setiap mahasiswa. Biasanya saat mahasiswa berhadapan dengan pengambilan jumlah SKS setiap semester, ada mahasiswa yang main kurang-kurangin SKS karena gak mau berhadapan dengan banyak mata kuliah dan ada juga beberapa mata kuliah yang dianggap gak penting sehingga mata kuliah tersebut gak perlu diambil. Semakin sedikit mata kuliah yang diambil, semakin sedikit pula jumlah SKSnya. Jumlah SKS yang terlalu sedikit itu membuat mahasiswa bisa terkena DO karena gak mengikuti peraturan pengambilan SKS yang seharusnya.

Baca juga: Cara Kreatif Nan Unik Mencegah Contek Mencontek

 

4. Buat onar di kampus

Gambar: lampung.tribunnews.com

 

 

Perilaku onar di lingkungan kampus dapat menganggu proses jalannya perkuliahan dan terciptanya perilaku yang tidak beretika serta melanggar peraturan-peraturan yang ada dikampus.  Perilaku onarnya seperti merusak fasilitas kampus, berkelahi dengan sesama mahasiswa, berkelahi dengan dosen atau pihak-pihak kampus, membuat atau menciptakan provokasi, dll. Otomatis mahasiswa yang melanggar peraturan kampus dengan berprilaku onar, awalnya akan di kasih surat peringatan kemudian lama-kelamaan bisa masuk pada tindakan DO. Itu tergantung kebijakan pihak kampus sih, ada kampus yang langsung DO mahasiswanya ada juga yang memberikan surat peringatan.

 

5. Sering gak masuk kuliah

Gambar: anakuntad.com

 

 

Dalam setiap mata kuliah di sebuah kampus mempunyai ketentuan dalam satu semester mahasiswa boleh gak masuk kampus berapa kali. Pada kenyataannya masih ada saja mahasiswa yang melanggar ketentuan tersebut. Sering gak masuk kuliah karena memang bolos. Paling banyak mahasiswa yang sering gak masuk kuliah karena membolos. Entah apa alasannya. Sering gak masuk kuliah bisa diketahui oleh dosen atau pihak kampus dari absen si mahasiswa tersebut. Sudah ketahuan mahasiswa yang sering gak masuk kuliah bisa aja gak punya niat untuk kuliah (tidak termasuk yang sakit). Lebih baik di DO aja.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Terjerat masalah hukum

Gambar: balikpapan.prokal.co

 

 

Peristiwa yang satu ini termasuk serem juga ya. Adanya suatu peristiwa yang tidak disangka yang membuat kamu terjerat masalah hukum. Masalah hukum udah pasti harus berurusan dengan polisi karena melanggar norma negara dan masyarakat. Pelanggaran norma negara dan masyarat yang kamu lakukan seperti transaksi narkoba, pengedaran narkoba, pengedaran uang palsu, pembunuhan, pencurian, pemerkosaan, penjualan senjata ilegal, dll. Akibat ulahmu itu, yah mau gimana lagi. Kamu harus dipenjara dan kena DO pula.

Jangan sampe kayak gini deh. Jangan cari-cari masalah kalau gak mau kena DO!

 

Baca juga

Share this!