Cara Kreatif Nan Unik Mencegah Contek Mencontek


Kebudayaan atau kebiasaan menyontek tidak bisa lepas ketika ujian sedang berlangsung demi mendapatkan hasil yang bagus. Padahal mencontek bukanlah cara yang tepat, tetapi belajar adalah cara yang tepat. Mencontek tentu bisa dicegah dengan berbagai cara. Sampai ada cara kreatif dan unik untuk mencegah terjadinya contek-mencontek. Berikut cara pencegahannya:

 

1. Pengawas duduk diatas pintu

Gambar: global.liputan6.com

 

 

Tidak disangka tenyata sebuah sekolah di benua Amerika memiliki cara unik untuk mencegah siswanya menyontek. Setiap ujian, si pengawas akan naik dan duduk di atas pintu kelas untuk mengawasi apakah ada siswa-siswanya yang menyontek atau tidak. Gerak-gerik setiap siswa pasti kelihatan sama si pengawas ujian. Cara kayak gini gak bakal ada siswa yang contek-mencontek. Pasti ketahuanlah.

 

2. Pake folder map

Gambar:global.liputan6.com

 

 

Tepatnya di benua yang sama, benua Amerika terdapat sekolah yang menerapkan pencengahan menyontek dengan menggunakan folder map yang disediakan oleh pihak sekolah. Setiap siswa yang mengikuti ujian akan diberikan folder map kosong oleh pengawas, kemudian setiap siswanya wajib mengerjakan soal ujian dengan menutup soal ujiannya dengan folder map yang sudah diberikan dalam posisi berdiri dan terbuka seperti orang yang sedang mencoblos di bilik pemilihan.

 

3. Mengawasi ujian  dengan menggunakan Drone

Gambar: airdronesia.blogspot.co.id

 

 

Sebuah camera pengintai berupa pesawat yang diterbangkan ke udara dengan menggunakan remote atau yang biasa disebut Drone, sebagai teknologi perekaman gambar jarak jauh ini telah digunakan di sekolah yang terletak di Luoyang, provinsi Henan. Drone digunakan di sekolah untuk mengawasi prosesi ujian nasional masuk perguruan tinggi di Cina. Awalnya kementerian Cina yang memberikan usul tersebut. Jadi, kamera drone akan mengawasi gerak-gerik siswa selama prosesi ujian berlangsung. Jika ada gerak-gerik siswa yang menjerumus pada perilaku menyontek, pihak yang menjalankan drone tersebut akan melaporkannya pada pihak sekolah siapakah siswa yang menyontek dan dimana posisi duduknya. Hebatnya, drone ini mampu mendeteksi sinyal hp.

 

4. Tutupin kertas HVS yang diselipin di peci

Gambar: topmetro.co

 

 

Gak cuman di negara asing saja yang memiliki cara kreatif atau unik untuk mencegah nyontek di kelas saat ujian, ternyata di Indonesia juga ada loh. Tepatnya di kota Kudus, Jawa Tengah. Sebuah sekolah di kota Kudus menerapkan cara mencegah nyontek saat ujian dengan cara menutupi wajah siswa-siswanya dengan kertas HVS yang diselipkan atau diganjel di peci. Dengan cara seperti itu, siswa-siswi gak akan bisa melihat kertas jawaban teman terdekat dan gak bisa nanya satu sama lain.

Baca juga: 6 Penyebab Gagalnya Diterima Kerja dalam Sebuah Perusahaan

 

5. Masukin kepala ke dalam kardus

Gambar: yukepo.com

 

 

Sebuah sekolah penerbangan di Thailand terdapat ujian praktek dan ujian tertulis yang harus diikuti oleh para peserta sekolah pilot. Ketika siswa-siswanya mengikuti ujian tes tertulis, para siswa diwajibkan untuk memasukan kepalanya ke dalam sebuah kardus  untuk mencegah nyontek ketika ujian tertulis sedang berlangsung. Lucu juga ya caranya. Ngeliat cara seperti ini jadi inget sama sebuah video klip lagu dari penyanyi luar negeri.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

6. Ujian di lapangan terbuka dengan lepas baju

Gambar: satujam.com

 

 

Etsss, lihat ini jangan berpikir yang enggak-enggak dan berpikir macem-macem ya! Ini bukan jorok dan bukan porno juga. Ini sebuah trik untuk mencegah nyontek di sekolah tentara pada saat ujian penerimaan calon tentara baru di India. Semua calon peserta ujian harus keluar ke lapangan kosong panas-panasan sambil gak pake baju. Hal ini dikarenakan pernah ada kejadian calon peserta ujian menaruh contekannya diselipin di baju. Agar kejadian seperti ini tidak terjadi lagi, maka pihak penyelenggara memutuskan untuk mewajibkan calon peserta ujian untuk membuka baju selama ujian berlangsung. Secara  logika kasian ya. Udah panas disuruh buka baju pula.

Kreatif dan unik ya caranya! Coba semua sekolah di Indonesia kayak begini, pasti yang mau nyontek bakal gagal total.

 

Baca juga

Share this!

One thought on “Cara Kreatif Nan Unik Mencegah Contek Mencontek

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *