Perlunya Peningkatan Minat Membaca oleh Berbagai Kalangan

Berdasarkan hasil survey UNESCO, minat membaca masyarakat Indonesia sangatlah rendah dari negara-negara di ASEAN lainnya ( Asia Tenggara). Padahal membaca menjadikan terciptanya manusia yang berilmu pandai dan berwawasan luas. Benar bahwa membaca itu sangatlah diperlukan oleh semua orang, tidak memandang usia. Usia berapapun itu perlunya memiliki minat untuk membaca. Membaca buku, majalah, koran, serta internet termasuk yang paling diperlukan. Perlu adanya peningkatan minat membaca oleh berbagai kalangan. Termasukkah kamu sebagai orang yang memiliki minta membaca yang rendah? Jangan sampai minat membacamu rendah. Lebih baik tingkatkan minat membacamu dengan tips-tips sebagai berikut:

 

1. Tingkatkan rasa ingin tahu yang tinggi

Gambar: zenoblog.com

 

 

Keingintahuan seseorang bisa dirasakan dalam kehidupan nyata. Kamu pasti mempunyai rasa penasaran dan keingintahuan terhadap sesuatu yang ingin kamu ketahui. Keingintahuan merupakan sebuah rangsangan yang muncul dari dirimu sendiri. Tingkatkanlah rasa ingin tahu yang tinggi di dalam dirimu. Dengan meningkatkanya rasa keingintahuan yang kamu miliki, kamu bisa rajin membaca berbagai macam media, seperti; buku, majalah, koran, dan internet. Membaca adalah sumber ilmu bagi semua orang. Tanpa membaca, kamu tidak akan tahu apa-apa alias cetek ilmu. Maka dari itu membaca sangatlah penting dan diperlukan. Tidak hanya anak muda, orang dewasa, dan orang tua saja yang perlu membaca tetapi anak-anak juga perlu membaca.

 

2. Selalu budayakan membaca

Gambar: arsitekmenulis.com

 

 

Tidak hanya rasa keingintahuan yang tinggi yang membuat kita untuk rajin membaca. Faktor pendukung seperti adanya kebudayaan dalam membaca yang dapat memicu seseorang untuk rajin membaca. Kamu harus terus budayakan membaca dengan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Tidak perlu melihat waktu dan tempat untuk membaca. Dimana dan kapanpun kamu berada kamu bisa membaca apa saja yang kamu sukai dan kamu inginkan untuk dibaca. Membudayakan kebiasaan membaca perlu tahap demi tahap, harus ada prosesnya. Paksakan pada dirimu sendiri kalau kamu dalam sehari harus membaca. Tanpa disadari, perlahan tapi pasti kamu akan terbiasa untuk membaca dan merasa membaca adalah suatu kegiatan yang jauh lebih bermanfaat dan mengasyikan dibandingkan kegiatan lain yang gak ada guna dan manfaatnya. Lebih banyak baca, lebih bagus.

 Baca juga: 8 Jajanan yang Bakal Bikin Kamu Kangen Sekolah

 

3. Jadikan membaca sebagai prioritas untuk menambah ilmu

Gambar: mobile.twitter.com

 

 

Banyak jalan untuk menuju roma, sama halnya dengan banyak cara untuk menambah ilmu. Memang sih untuk menambah ilmu bisa dengan berbagai cara apapun. Sebagai bahan penambahan ilmu, membaca harus dijadikan sebagai prioritas. Membaca tahap per tahap supaya kamu bisa paham sedikit demi sedikit. Membaca jauh lebih mudah dipahami dibandingkan dengan mendengarkan dan melihat karena apa yang kita lihat dan dengarkan belum tentu semudah dengan apa yang kita baca. Terlebih lagi ketika kamu gak ngerti tentang sesuatu, sebelum bertanya lebih baik baca dahulu baru boleh bertanya jika apa yang kamu baca benar-benar tidak kamu pahami dan mengerti.

4. Tidak perlu ragu untuk doyan membaca

Gambar: keepo.me

 

 

Punya hobi baca itu bagus dong. Jendela dunia semakin terbuka luas karena membaca sama dengan membuka jendela dunia. Malu dikatain kutu buku karena kerjaannya membaca mulu? Hiraukan ejekan tersebut!  Semakin rajin dan banyak membaca, semakin banyak ilmu yang masuk ke dalam kehidupanmu. Ilmu yang kamu dapatkan dari membaca pasti terpakai di kehidupan sehari-hari. Gak perlu ragu untuk doyan membaca. Mempunyai keinginan untuk doyan membaca harus lanjutkan terus. Tidak ada yang melarang kamu untuk doyan membaca. Emang doyan membaca itu ada larangan dan hukumannya apa? Gak ada kan? Sudah lanjutkanlah. Buat apa ragu untuk doyan membaca? Toh kamu dapat manfaatnya juga. Gak ada ruginya lagi.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

5. Baca bacaan yang kamu sukai terlebih dahulu.

Gambar: liputan.tersapa.com

 

 

Terkadang kala membaca suatu bacaan bisa membuat rasa bosan karena bacaan yang dibaca tidak menarik. Dari situlah membuat kita untuk malas membaca. Sebaiknya kamu bisa memulai membaca dengan membaca bacaan yang topiknya kamu sukai terlebih dahulu. Misalnya; kamu suka tentang kehidupan binatang, bacalah bacaan tentang kehidupan binatang. Sewaktu-waktu ada kejadian atau peristiwa yang lagi trending topic, kamu bisa mencari dan membaca bacaan yang sedang masuk ke dalam trending topic tersebut. Dari membaca bacaan yang kamu sukai terlebih dahulu, suatu saat kamu akan suka membaca bacaan yang tidak kamu sukai juga karena bacaan tersebut dianggap penting untuk diketahui. Bakalan ada banyak berbagai macam buku yang kamu baca.

Mudah kan untuk dilakukan? Perlu loh membaca itu.

 

Baca juga

Share this!