8 Jajanan yang Bakal Bikin Kamu Kangen Sekolah

Zaman sekolah dulu kamu pasti pernah atau sering jajan nggak? Kira-kira kamu suka jajan apa dan jajanan yang paling sering kamu beli apa? Kangen ya sama jajanan-jajanan waktu sekolah! Jadi pengen bernostalgia kembali untuk merasakan jajanan-jajanan sekolah nih. Berikut jajanan sekolah yang bikin kita kangen dan merasakan nostalgia waktu sekolah:

 

1. Permen abang gulali colek

Gambar: antaranews.com

 

 

Jajan sekolah yang satu ini bikin menarik hati banyak anak-anak sekolahan. Cara pembuatan dan bentuknya yang membuat anak-anak merasa tertarik dan tergiur untuk membelinya. Bentuknya unik-unik dan cantik-cantik. Ada yang berbentuk bunga, hati, dan binatang. Permen ini terbuat dari gula merah atau gula jawa dipadukan dengan kacang tanah. Saat kamu beli, si abang akan mencoleknya ke tusukan bambu dan digulung-gulung membentuk suatu karakter yang kamu inginkan. Karena disajikannya dengan cara dicolek, maka itu disebut dengan permen gulali colek. Permen ini merupakan jenis permen traditional.

 

2. Sate-satean

Gambar: travelingyuk.com

 

 

Jajanan anak sekolah yang paling banyak diincar dan diserbu adalah sate-satean. Jajanan yang terbuat dari daging sapi atau daging ayam yang dipadukan dengan bumbu kecap / saus sambal / sausĀ  tomat / saus kacang. Dengan harga yang cukup murah Rp 1.000 – Rp 2.000 per tusuknya. Lumayan mengeyangkan. Ada bakso tusuk, naget tusuk, sosis tusuk, telur gulung tusuk, dll. Kalau gak percaya coba liat di sekolah-sekolah jajanan inilah yang paling banyak dibeli oleh anak sekolah. Dibuatnya ada yang digoreng, ada juga yang dibakar.

 

3. Martabak mini

Gambar: resepkafe.com

 

 

Martabak ada versi martabak besar dan martabak mini. Yang biasanya dijual di sekolah-sekolahan adalah martabak mini. Pembuatannya sama seperti membuat martabak dengan ukuran besar tetapi bedanya martabak mini ini dibuat dengan menggunakan cetakan martabak berukuran kecil. Ada berbagai variasi rasa seperti coklat, keju, coklat keju, coklat kacang, rasa selai strawberry, selai blueberry, dan berbagai macam rasa lainnya. Harganya pun sebanding dengan ukuran dan variasi rasanya.

 

4. EsĀ  potong

Gambar: flickr.com

 

 

Suasana yang panas mendingan dan enaknya makan yang dingin-dingin. Es tradisional yang satu ini bisa kamu temukan di sekolah-sekolah. Kenapa es ini dikatakan es potong? Karena awalnya es ini dimasukan ke dalam plastik panjang dan diikat sehingga bentuknya menyerupai sosis, kemudian es ini dipotong dan ditusukan ke sebuah tusukan bambu. Rasanya ada kacang hijau, kacang merah, coklat, vanila, strawberry, durian, dll. Apa bedanya dengan ice cream? Ice cream berbahan dasar cream susu kalau es potong bahan dasarnya ada yang dari sirup, ada juga berbahan dasar susu dengan berbagai macam isi dan varian rasa.

Baca juga: 7 Situs Mempermudah Pengerjaan Karya Ilmiah, Makalah, atau Skripsi

 

5. Es mambo

Gambar: bacaterus.com

 

 

Es yang tak kala unik ini juga bakal kamu kangenin. Jangankan anak sekolah, anak kuliah, atau orangtua sekalipun juga bisa kangen sama es yang satu ini. Cara makannya berbeda tidak seperti es yang lainnya yang dimakan dengan cara langsung digigit, dimakan pakai sendok, atau dijilad. Untuk makan es yang satu ini kamu harus gigit bagian ujung plastiknya terlebih dahulu baru sedot esnya. Zaman aku sekolah dulu es ini dijual seharga Rp 500,00. Kalau sekarang gak tahu deh berapa harganya. Jangankan jajan di sekolahan, es ini bisa kamu buat sendiri di rumah.

 

6. Cilok

Gambar: bikerkampung86.wordpress.com

 

 

Siapa yang tidak kenal dengan makanan tradisional yang satu ini? Cilok namanya. Cilok merupakan makanan khas sunda yang terbuat dari aci. Aci berasal dari bahasa sunda yang artinya tepung tapioka. Aci dibuat adonan kemudian dibulat-bulatkan. Setelah itu direbus. Disebut cilok karena setelah jadi dicolok dengan menggunakan tusukan Bambu. Cilok gak cuman dijual di abang-abang saja tapi sudah ada yang membuka kafe dengan berbagai macam menu cilok yang dibuat lebih modern lagi.

 

7. Cilor

Gambar: qudapan.blogspot.co.id

 

 

Sama-sama berbahan dasar aci dan sama-sama khas sunda. Cilor namanya. Berbeda dengan cilok yang dibuat dengan direbus, cilor ini dibuat dengan adonan aci yang dicampur dengan telur. Setelah aci menempel dengan telur yang sudah matang, barulah dibalik dan diangkat. Biasanya cilor dicampur dengan sambal cabe atau sambal tomat biar lebih enak lagi. Tapi ada juga yang dicampur lagi dengan makaroni.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

8. Mie Lidi

Gambar: loop.co.id

 

 

Cemilan yang satu ini sudah ada sejak zaman sekolah dahulu sampai zaman sekarang. Rasanya yang gurih membuat lidah dan mulut terus bergoyang saat memakan makanan ini. Sumpah makan mie lidi itu bikin ketagihan mulu bawaannya. Tapi giliran udah makan-makanan ini tenggorokan berasa kering dan haus mulu karena mengandung banyak micin dan bumbu berbentuk serbuk dengan rasa pedas, keju, balado, dll. Cemilan ini kalau kamu pengen nyari bisa dicari di sekolah-sekolah, di tempat jualan oleh-oleh, dan di online shop.

Ngeliat jajanan-jajanan kayak gini jadi kangen masa-masa sekolah ya! Apalagi pas ketemu abang-abang yang jualan jajanan-jajanan kayak ini bikin inget kalau waktu sekolah kita pernah beli jajanan kayak gini dan pengen bernostalgia kembali.

Baca juga

Share this!