8 Pekerjaan dalam Bidang IT Beserta Gajinya

Sekarang bidang pekerjaan IT lagi maraknya nih di era modern dan digital. Pekerjaan dalam bidang IT mulai diburu para pemburu pencarian kerja yang ingin bekerja dalam bidang IT. Apakah kamu termaksuknya? Penasaran kira-kira pekerjaan dalam bidang IT ada apa aja dan gajinya sendiri di Indonesia berapa? Beneran penasaran nih? Yuk, simak infonya!

 

1. Software Engineer

Gambar: emanthra.com

 

 

Profesi sebagai seorang Software Engineer hampir-hampir mirip dengan profesi seorang programmer. Programmer bekerja dengan membuat codingan untuk menciptakan sebuah software atau aplikasi. Berbeda dengan Software Engineer. Orang yang berkelut dalam bidang Software Engineer tidak hanya bekerja dengan membuat sebuah coding tetapi juga bekerja dengan melakukan suatu analisa, merekayasa, spesifikasi, serta melakukan implementasi terhadap sebuah software. Gaji untuk profesi seorang Software Engineer sekitar Rp 15 jt per bulan. Harus memiliki pengalaman kerja selama 2-6 tahun dan pendidikan terakhirnya minimal S1.

 

2. IT Project Manager

Gambar: usfhealthonline.com

 

 

Manager? Boleh juga tuh kerja jadi manager dalam bidang IT project. Keren tuh bidang pekerjaannya. Profesi yang sudah berbau-bau manager pasti keren. Dari namanya Manager sudah ketahuan kalau pekerjaan ini berhubungan dengan memimpin suatu proyek khususnya proyek IT. Menjalankan suatu proyek sangatlah lama, apalagi dalam bidang IT. Untuk menjalankan suatu proyek IT, orang yang bekerja sebagai IT Project Manager mempunyai tugas utama yang dimulai dari membuat sebuah jadwal pembuatan proyek bidang IT, mengendalikan dan mengawasi jalannya suatu proyek IT, mengatur apa saja yang harus dijalankan, dll. IT Project Manager mempunyai tanggung jawab yang besar terhadap anak buahnya, terhadap proyek yang dijalankannya, dan bertanggungjawab kepada user atau client. Menjadi IT Project Manager memiliki gaji  sekitar Rp 35 jt per bulan. Pengalaman kerja untuk menjadi seorang IT Project Manager selama 5-8 tahun dan pendidikan terakhirnya minimal S1.

 

3. Network Administrator

Gambar: greatproinc.com

 

 

Perangkat keras maupun perangkat lunak sebuah komputer butuh pemeliharaan dan perbaikan yang harus dilakukan secara berkepanjangan. Pokoknya harus bertanggungjawab atas pemeliharaan dan perbaikan perangkat keras dan perangkat lunak suatu komputer yang dilakukan oleh seorang Network Administrator. Profesi ini ada hubungannya dengan jaringan komputer. Jika suatu jaringan di dalam perangkat keras maupun perangkat lunak sebuah komputer mengalami gangguan, Network Administratorlah yang turun tangan untuk memelihara atau memperbaikinya. Harus punya keahlian secara mendetail tentang berbagai jaringan perangkat keras dan perangkat lunak komputer beserta detail-detail cara kerja sistemnya. Pemeliharaan dan perbaikan suatu jaringan perangkat keras dan perangkat lunak komputer memiliki resiko pekerjaan yang tinggi. Gajinya sih terbilang masuk akal dan sesuai dengan resiko pekerjaannya yaitu sekitar RP 15 Jt per bulan. Dimana harus ada pengalaman kerja selama 2 – 6 tahun dan pendidikan terakhir minimal S1.

Baca juga: Sudahkah Kamu Menjadi Pemimpin yang Hebat? Simak Tipsnya ini!

 

4. Technical Consultant

Gambar: jacqtech.com

 

 

Dari bahasanya sudah ketahuan bahwa Technical Consultant adalah pekerjaan di bidang IT yang berhubungan dengan konsultasi mengenai IT. Yang difokuskan adalah merekomendasikan solusi terbaik untuk memecahkan berbagai permasalahan yang berhubungan dengan IT. Seorang Technical Consultasi harus bisa membuat konsep dasar proses bisnis dan requirement terhadap teknologi software development. Tidak hanya harus mengetahui teknik-teknik mendasar terhadap bidang IT tetapi juga berbagai teknik yang mendalam dan luas secara detail. Proses bisnis yang dijalankan oleh Technical Consultant adalah bisnis enterprise. Gaji yang dimiliki oleh seorang Technical Consultant yaitu sekitar Rp 15 jt per bulan. Pengalaman kerja yang diminta oleh perusahaan selama 3-6 tahun dengan pendidikan terakhirnya jenjang minimal S1.

 

5. Android Developer

Gambar: udemy.com

 

 

Kamu punya android? Kamu bisa atau hobi menciptakan aplikasi berbasis Android? Profesi ini pas banget buat kamu. Namanya Android Developer. Di saat menjadi seorang Android Developer kamu harus membuat serta mengembangkan berbagai aplikasi dengan berbasis android dan bahasa pemograman yang digunakan adalah bahasa pemograman android. Lumayan loh kalau kamu bisa membuat sebuah aplikasi berbasis android kemudian dimasukan ke play store dan jika ada banyak yang mendownload aplikasi kamu, kamu bisa mendapatkan penghasilan yang terbilang besar. Oh ya, bikin game berbasis Android juga bisa dibuat dan dikembangkan oleh seorang Android Developer. Tertarik dengan pekerjaan sebagai Android Developer? Pengen apply pekerjaan ini? Segera daftarkan dirimu. Kalau keterima kamu bisa mendapatkan gaji sekitar Rp 10 jt per bulan.

 

6. SAP Consultant

Gambar: trusted.md

 

 

Ada yang tahu SAP itu apa? Buat yang gak tahu, SAP adalah sebuah software yang digunakan oleh banyak perusahaan-perusahaan yang menggunakan software ERP. ERP atau Enterprise Resourse Planning merupakan  perencanaan atau sistem informasi di dalam suatu perusahaan yang mengatur sumber daya, tenaga kerja, bahan dan keseluruhan aktivitas yang ada di dalam suatu perusahaan. ERP itu sendiri berbentuk software yang mengendalikan  departemen dan kegiatan perusahaan ke dalam sebuah sistem komputer. SAP Consultant bekerja dengan cara memberikan konsultasi terhadap software SAP yang digunakan oleh suatu perusahaan. Bagi SAP Consultant harus memiliki keahlian mengenai SAP dan ERP, paham dengan teknik-teknik SAP dan ERP, paham dengan alur sistem SAP dan ERP beserta cara kerjanya. Persoalan gaji, seorang SAP Consultant memiliki gaji sekitar Rp 13.2 jt per bulannya.

 

7. Web Developer

Gambar: techworld.com

 

 

Kehidupan sehari-hari pasti gak lepas dengan mengunjungi situs-situs yang ada di internet. Situs bisa juga disebut sebagai web. Web ada yang bersifat statis dan ada juga yang bersifat dinamis. Web yang bersifat statis merupakan sebuah web yang seluruh isinya sudah bersifat tetap, tidak bisa diubah-ubah lagi. Sedangkan web bersifat dinamis merupakan sebuah web yang seluruh isinya bisa diubah-ubah kembali. Siapakah yang membuat web itu? Tentunya orang dibalik pembuatan web adalah seornag web developer. Pekerjaan Web Developer difokuskan pada pembuatan serta pengembangan sebuah web dengan menggunakan berbagai macam bahasa pemograman seperti; HTML, CSS, PHP, Java, dll. Membuat sebuah web juga mengfokuskan pada pembuatan serta pemanggilan database, dan menarik user atau client untuk mengunjungi atau menggunakan web yang telah dibuat. Bekerja sebagai seorang Web Developer memiliki gaji hingga Rp 18 jt per bulan.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

8. Web Design

Gambar: f22designs.com

 

 

Web yang banyak diminati dan banyak pengunjungnya tidak hanya tertarik dengan isi webnya saja, tetapi tertarik dengan berbagai design terhadap web tersebut. Perlu adanya seorang design yang bertugas untuk mempercantik tampilan web agar saat web tersebut dikunjungi, web tersebut terlihat cantik dan menarik. Ternyata dibalik itu semua ada seorang yang bekerja untuk mempercantik sebuah web yaitu seorang Web Design. Web Design bekerja dengan merancang sebuah konsep tampilan web yang ingin dibuat itu seperti apa, warna web yang cocok dan bagus untuk website tersebut seperti apa, dll. Menjadi Web Design harus mempunyai daya imajinasi yang tinggi serta kreativitas yang tinggi. Klasifikasi kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang Web Design adalah kemampuan dalam photoshop, kemampuan corel draw, kemampuan macromedia flash, adobe ilustrator, dan kemampuan lainnya yang berhubungan dengan design. Design yang dibuat tidak hanya berupa design 2D, tetapi juga juga design 3D. Gaji seorang Web Design sekitar  Rp 12.5 jt per bulan.

Keren gak tuh pekerjaan-pekerjaan di bidang ITnya? Yang merasa tertarik,  kalian bisa coba cari-cari info lamaran pekerjaan dalam bidang IT yang kalian pengenin.

 

Baca juga

Share this!