7 Situs Mempermudah Pengerjaan Karya Ilmiah, Makalah, atau Skripsi

Aduh gimana nih tugas karya ilmiah, makalah, atau skripsi belum kelar juga. Nyari sumbernya susahnya setengah mati. Masih zaman galauan-galauan? Mau karya ilmiah, makalah, atau skripsimu cepat selesai? Pake aja situs-situs  yang mempermudah kamu dalam pencarian sumber karya ilmiah, makalah, atau skripsimu! Berikut dibawah ini adalah rekomendasi situs-situs yang mempermudah kamu mencari sumber untuk mengerjakan karya ilmiah, makalah, atau skripsi:

 

1. Google Scholar

Gambar: musingsaboutlibrarianship.blogspot.co.id

 

 

Google merupakan situs internet yang paling banyak digemari dan digunakan oleh berbagai kalangan mulai dari anak sekolah, anak kuliahan, kaum muda, bahkan sampai orangtua juga menggunakan dan memanfaatkan google sebagai media pencarian informasi. Google menyediakan situs yang bisa dimanfaatkan untuk melakukan pencarian berbagai macam jurnal untuk keperluan penelitian, makalah, skripsi, dll. Situs yang disediakan dan ditawarkan oleh Google ini bernama Google Scholar. Melalui Google Scholar kamu dapat menemukan berbagai macam jurnal dalam bentuk ms.word maupun word. Cara kerjanya sama dengan Google. Kamu tinggal masuk ke halaman web Google Scholar, kemudian masukan kata kunci atau judul jurnal yang kamu cari. Semua jurnal berdasarkan kata kunci atau judul yang kamu masukin akan keluar.

Klik disini untuk mengunjungi situs Google Scholar!

 

2. Citeseer

Gambar: locurasdevivir.blogspot.co.id

 

 

Untuk yang lagi nyari jurnal tentang komputer dan ilmu pengetahuan, kamu bisa menggunakan CiteSeer. Jurnalnya lebih mengfokuskan pada teknologi informasi dan ilmu pengetahuan. Situs ini berbentuk perpustakaan digital. Sudah ada kata-kata perpustakaan digital berarti jurnal yang disediakannya berupa jurnal digital. Kamu bisa menemukan jurnal berdasarkan kategorinya. Ada kategori dokumen, autor, dan tabel. Namun, pada saat kamu memasukan kata kunci atau judul jurnal dalam bahasa indonesia yang keluar adalah jurnal dalam bahasa inggris baik dokumen, outor, maupun tabel.

Klik disini untuk mengunjungi situs Citeseer!

 

3. Microsoft Academic

Gambar: journalind.wordpress.com

 

 

Jurnal tidak hanya dikhususkan pada bidang akademi, tetapi juga  dalam bidang non academy. Di Microsoft Academiclah kamu akan menemukan berbagai jurnal dalam bidang academik. Bidang academik yang digolongkan pada situs Microsost Academic antara lain; Art, Biology, Business, Chemistry, Computer Science, Economics, Engineering, Enviroment Science, Geography, Geology, History, Material Science, Mathematics, Medicine, Philosophy, Physics, Political Science, Psychology, dan Sociology. Bahasa yang digunakan dalam situs Microsoft Academy masih menggunakan bahasa inggris. Pencarian jurnalnya sangatlah mudah. Kamu tinggal memilih bidang golongan yang ingin kamu cari atau bisa langsung memasukan judul jurnal baik dengan nama peneliti atau penulis maupun tanpa nama peneliti atau penulis jurnal tersebut.

Klik disini untuk mengunjungi situs Microsoft Academic!
Baca juga: 8 Pekerjaan dalam Bidang IT Beserta Gajinya

 

4. Library Genesis

Gambar: mauxuam.net

 

 

Mau yang lebih lengkap lagi? Coba deh kamu cari jurnal di Library Genesis. Kamu bisa mencari berbagai macam jurnal untuk keperluan penelitian, pembuatan makalah, serta pembuatan skripsi biar cepet selesainya. Gak cuman jurnal yang bisa kamu cari disitu, kamu bisa cari artikel, komik, buku fiksi, serta majalah. Pencarian jurnal, artikel, komik, buku fiksi, serta majalah bisa diatur tahunnya berapa, nomor ISBN, seri ke berapa, dll. Setelah berhasil, kamu bisa mendownloadnya. Tahun pencariannya bisa dimulai dari tahun yang sudah lama sampai tahun yang terbaru.

Klik disini untuk mengunjungi situs Library Genesis!

 

5. Eureka Pendidikan

Gambar: accessify.com

 

 

Bacaan yang disediakan oleh situs Eureka Pendidikan berupa sebuah artikel. Penyediaan artikel berdasarkan pendapat para peneliti atau ahli. Berdasarkan pada pendapat para peniliti atau ahli bisa dipastikan artikel yang disampaikan sesuai dengan faktanya dan akurat isinya. Ada metode penelitian berdasarkan ahli penelitian dan evaluasi. Perangkat pembelajarnya berupa kurikulum, RPP, metode dan model, media, dan instrumen. Yang mau cari dan pake artikel-artikel bisa ditemukan di situs Eureka Pendidikan ini.

Klik disini untuk mengunjungi situs Eureka Pendidikan!

 

6. DOAJ

Gambar: intechweb.wordpress.com

 

 

Biar lebih international nih, kamu patut kunjungi situs yang satu ini. DOAJ atau Directory Of Open Access Journals. DOAJ adalah situs pencarian jurnal dan  artikel yang dapat dihubungkan ke halaman jurnal dan artikel international. Apakah situs ini berbayar? Pertanyaan yang bagus. Situs ini sama sekali gratis untuk kamu. Ketika memasukan judul, kamu bisa memberi tanda yang kamu cari itu jurnal atau artikel.

Klik disini untuk mengunjungi situs DOAJ!

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

7. Research Gate

Gambar: andreduplessis.nmmu.ac.za

 

 

Sedikit berbeda dengan situs lainnya. Research Gate ini situsnya seperti sebuah forum. Kamu gak cuman bisa nyari jurnal doang buat ngerjain karya ilmiah, makalah, atau skripsi. Namun, kamu bisa melakukan tanya jawab di situs ini. Istilahnya nyari jurnal sambil belajar. Lumayan lah bisa sambil belajar buat lanjut kuliah loh. Para penelitinya berupa peneliti dari berbagai belahan dunia yang sudah lumayan profesional dalam berbagai bidang pembelajaran. Kebingungan kamu yang belum terpecahkan bisa cepat terpecahkan melalui proses diskusi pada situs ini.

Klik disini untuk mengunjungi situs Research Gate!

 

Baca juga

Share this!