Sudahkah Kamu Menjadi Pemimpin yang Hebat? Simak Tipsnya ini!

Menjadi pemimpin yang hebat tidaklah mudah, harus punya karakter yang hebat juga. Pemimpin tidak harus pemimpin di tempat kerja tetapi bisa juga jadi pemimpin di sekolah / kampus, pemimpin untuk diri sendiri, pemimpin di dalam keluarga, dll. Simak disini tips-tips menjadi memimpin yang hebat!

 

1. Harus percaya pada diri sendiri

Gambar: cnidc715.com

 

 

Harus dapat diakui dan disadari bahwa menjadi seorang memimpin bermula dari diri sendiri. Diri sendirilah yang mengatur bagaimana mencari seorang pemimpin yang hebat. Pertama-tama, kamu harus memiliki jiwa percaya pada diri sendiri. Percayalah pada dirimu sendiri bahwa kamu tuh bisa melakukan segala sesuatu. Gak perlu takut untuk melakukannya, justru dari kepercayaan diri yang membuat kamu semakin penuh semangat dan bangkit untuk terus maju mencapai keberhasilan. Beri Tekanan-tekanan secara terus menerus kalau kamu mesti dan harus percaya pada diri sendiri kapanpun dan dimanapun kamu berada.

 

2. Selalu menikmati dan menghargai prosesnya

Gambar: imgrum.org

 

 

Semua butuh proses. Di dunia ini gak ada yang namanya membuat atau menciptakan segala sesuatu langsung jadi secara instan tanpa melalui sebuah proses. Proses itu penting banget untuk dilakukan. Nikmatilah prosesnya sedemikian rupa. Mau seperti apa prosesnya, bagaimana lika-liku perjalanan dalam sebuah proses, dan apa rintangan-rintangnya, pokoknya nikmatin aja. Kamu harus tetap berjuang mulai dari titik nol sampai titik akhir. Waktu yang tidak terasa, kamu bisa melihat, merasakan, dan menikmati sendiri hasil akhirnya itu seperti apa. Semua itu berkat proses yang kamu nikmati dan lakukan tanpa pantang menyerah. Jangan terlalu diambil pusing sama hal yang membuat kamu merasa tertekan. Sembari menikmati proses, ingatlah untuk selalu menghargai proses demi proses yang sedang berjalan. Jangan ada sedikit atau sekecil apapun yang kamu abaikan.

 

3. Tidak pernah ada kata takut gagal

Gambar: intanwahyunugrahaeni.blogspot.co.id

 

 

Lika-liku perjalanan dan hambatan apapun yang kamu alami adakalanya terjadi suatu kegagalan yang tidak terbayangkan dan terpikirkan. Bagi seorang pemimpin tidak ada kata takut gagal. Sekalipun mengambil sebuah keputusan, dia akan mengambil keputusan yang dia anggap baik dan benar untuk diambil tanpa takut terjadinya suatu kegagalan. Gimana kalau benar-benar terjadi kegagalan? Seorang pemimpin yang hebat akan menghadapinya dengan tangan dingin kemudian bangkit berdiri untuk membangun kembali kesuksesan.

Baca juga: Kelebihan vs Kekurangan Belajar dengan Media Internet

 

4. Selalu sigap dalam bertindak

Gambar: freelists.org

 

 

Kapanpun, dimanapun, dan dalam keadaan apapun pemimpin yang hebat harus benar-benar sigap dalam bertindak. Misalnya ketika terjadi suatu masalah di sebuah lingkungan, pemimpin yang hebat akan sigap bertindak untuk memecahkan permasalah yang terjadi. Tidak pernah mendunda-nunda, harus dilakukan sekarang juga apapun itu resikonya. Semakin menunda-nunda waktu, permasalahan gak akan cepat selesai justru malah bertambah parah. Sigap bertindak juga tidak hanya dalam memecahkan suatu masalah, tetapi juga sigap dalam membuat suatu rencana. Rencana yang dibuat adalah rencana hebat yang dapat menghasilkan sesuatu yang juga hebat.

 

5. Selalu menerima berbagai masukan

Gambar: daihatsu.co.id

 

 

Seorang pemimpin tidak bisa seenaknya saja melakukan segala sesuatu. Pemimpin juga sama seperti orang lain yang membutuhkan masukan demi kemajuan dan kesuksesan yang diinginkan. Tindakan dan keputusan yang diambil oleh seorang pemimpin ada yang setuju dan ada yang tidak setuju. Untuk yang tidak setuju akan adanya pemberian masukan yang seharusnya dilakukan itu seperti apa dan keputusan yang seharusnya diambil itu seperti apa. Berdasarkan masukan-masukan tersebut, kamu sebagai pemimpin yang hebat harus mau menerima masukan-masukan yang berdatangan kesana-sini. Masukan-masukan yang diterima bisa dijadikan sebagai bahan perbaikan untuk kedepannya.

 

6. Selalu memberikan motivasi yang terbaik

Gambar: setiafurqon.com

 

 

Dalam anggota kelompok atau anggota pekerjaan masing-masing membutuhkan sebuah motivasi. Kamu bisa memberikan motivasi untuk masing-masing anggota. Motivasi adalah suatu bentuk dorongan bagi anggota untuk lebih semangat, lebih percaya diri, bangkit dari keterpurukan, dll. Bentuk motivasi yang bisa kamu berikan berupa kritik dan saran yang terbaik. Jika kamu mampu memberikan motivasi, anggota kelompok atau pekerjaan akan merasa bahwa kamu pengen mereka itu semakin bersemangat, semakin percaya diri, semakin lebih baik lagi, dll. Kamu juga bisa memberikan motivasi untuk dirimu sendiri.

Cari sekolah / perguruan tinggi di edumor.com!

 

7. Harus punya etika yang bisa jadi teladan untuk orang sekitar

Gambar: lahiya.com

 

 

Kamu beneran tipe pemimpin yang hebat? Sudahkah kamu mempunyai etika yang bisa jadi teladan untuk orang disekitarmu? Miliki dulu etika yang bisa jadi teladan buat orang di sekitarmu. Etika yang patut untuk jadi teladan adalah bekerja dengan tulus dan sepenuh hati, berprilaku jujur, bijaksana, adil, penuh cinta kasih, dll. Kalau kamu sudah punya etika seperti itu, bisa dikatakan kamu sebagai pemimpin yang hebat.

 

Baca juga

Share this!